Di Usia Berapa Bayi Bisa Berdiri Sendiri?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Sebagai orangtua, tentu kita sangat memperhatikan perkembangan si kecil, terutama ketika ia akan berdiri. Tak mau momen tersebut terlewatkan, mari kita lihat kapan bayi mungil ini bisa belajar berdiri sendiri.

Kapan bayi dapat mulai belajar berdiri ?

Sebelum bayi Anda dapat mulai belajar berdiri, ia akan ‘berlatih’ keseimbangan dan menguatkan otot dengan belajar berguling serta duduk sendiri. 

Sekitar umur 6 bulan, biasanya si kecil sudah bisa duduk meski harus Anda bantu. Lalu di usia 7 atau 8 bulan seharusnya bayi sudah mampu untuk duduk sendiri. Nah, pada waktu yang sama Anda bisa membantunya belajar berdiri, misalnya menopang badannya ketika ia mencoba berdiri.  

Pada saat di antara usia 7 bulan hingga 1 tahun, bayi Anda seharusnya sudah mulai bisa berdiri sendiri, walaupun hanya dalam beberapa detik saja. Nah, pada tahap ini Anda harus selalu menjaga dan memperhatikan si kecil. Pasalnya, pada masa tersebut si kecil akan sering jatuh. Tak perlu khawatir jika si kecil jatuh dari posisi berdirinya, karena hal ini justru akan melatihnya.

Namun pastikan jika area main si kecil cukup aman. Anda bisa menambahkan busa atau karpet di lantai sehingga bisa jadi bantalan yang empuk ketika si kecil terjatuh. Jika Anda ketakutan, si kecil malah tidaka akan percaya diri untuk mencobanya. 

Setelah melewati hari ulang tahunnya yang pertama, kepercayaan diri dan kemampuan keseimbangannya mulai terlihat, karena pada masa ini ia telah bisa berdiri tanpa bantuan Anda atau bertopang pada barang-barang sekitarnya. 

Tips membantu bayi bisa berdiri sendiri

bayi asi eksklusif

Sebelum bisa berdiri tanpa bantuan, tentunya sang buah hati memerlukan sebuah pegangan ketika dia menarik dirinya dari posisi duduk. Pertama-tama, Anda bisa melatih si kecil sesering mungkin di pangkuan Anda. Selain itu, menjauhkan mainannya agar bayi Anda berusaha untuk mengambilnya juga mendukung latihan ini.

  1. Berlutut atau duduk di lantai, di depan sebuah meja atau sofa yang rendah.
  2. Dudukan bayi di lutut Anda dengan kaki mereka yang menyentuh lantai.
  3. Ajak dan minta dia untuk mencapai kursi atau barang-barang di depannya.
  4. Letakkan tangan Anda di sekitar pinggulnya dan bantu dia berdiri dengan menggerakkan pinggulnya ke depan saat dia sedang meluruskan kaki.

Yang mesti ortu perhatikan ketika bayi mulai bisa berdiri

Setelah kita mengetahui kapan dan bagaimana cara kita mendukung bayi agar mereka bisa berdiri sendiri. Mari kita lihat, apa saja sebenarnya yang perlu diketahui tentang salah satu tahap perkembangan si buah hati.

  1. Bayi yang lebih muda kebanyakan dapat berdiri dan mampu menahan berat badan mereka pada kakinya dengan bantuan ketika berusia antara 2 sampai 4.5 bulan.
  2. Sebagian besar bayi dapat berjalan mundur ketika umur 13-17 bulan
  3. Kebanyakan bayi dapat berlari dan menaiki tangga pada saat 14 bulan
  4. Bayi dengan displasia pinggul yang tidak terdiagnosis kemungkinan dapat berdiri, tetapi dengan cara yang agak tertatih atau lemas.

Setiap bayi memiliki proses tumbuh kembang yang berbeda, ada yang cepat belajar berdiri daripada lainnya. Oleh karena itu, tidak perlu khawatir, mereka memiliki waktu dan kemampuan masing-masing bagaimana berkembang menjadi bayi yang sehat. 

Baca Juga:

Sumber