Perkembangan Bayi di Usia 14 Bulan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Perkembangan Balita Usia 14 Bulan

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi usia 14 bulan atau 1 tahun 2 bulan?

  • Merasakan takut dan cemas
  • Sensitif terhadap lingkungan
  • Anak mengucapkan beberapa kata baru
  • Belajar berlari
  • Mulai melepas baju sendiri
  • Belajar menyuapi boneka

Perkembangan motorik kasar

Perkembangan motorik kasar balita di usia 14 bulan atau 1 tahun 2 bulan, anak sudah mulai belajar berlari, bahkan berjalan mundur meski masih belum lancar. Selain itu, di usia 14 bulan, anak sudah mulai berjalan lebih lancar dibanding sebelumnya. Bahkan beberapa ada yang sudah mulai belajar menaiki tangga, pastinya belum lancar dan tetap butuh pengawasan.

Perkembangan kemampuan bahasa

Di usia 14 bulan atau 1 tahun 2 bulan ini juga, Anda akan melihat jelas perkembangan bayi karena mengerti lebih banyak kosa kata ketimbang yang biasa ia katakan. Setiap harinya, bayi mulai belajar berbagai kata baru.

Dalam grafik Denver II menunjukkan bahwa anak di usia ini setidaknya sudah bisa mengucapkan 6 kata meski belum terlalu jelas. Anda bisa melatihnya dengan mengulang kata yang ia ucapkan.

Khususnya saat sedang beraktivitas dan melihat berbagai hal baru. Si kecil mungkin akan bertanya pada Anda apa nama dari suatu benda yang dilihatnya. Anda mungkin akan dibuat takjub ketika melihat si kecil berusaha mempraktikkan kata-kata yang baru dipahaminya.

Perkembangan motorik halus

Bila si kecil sudah mulai mencoret-coret tembok, lantai, atau karpet dengan pensil atau alat tulis lain, Anda masuk ke tahap perkembangan anak selanjutnya. Di usia 14 bulan atau 1 tahun 2 bulan, anak sedang gemar menjelajahi apa yang sedang dipegangnya. Anda bisa membelikan anak buku mewarnai sebagai sarana untuk mencoret-coret.

Kemampuan sosial

Dalam kemampuan sosial, perkembangan bayi atau balita Anda di usia 14 bulan alias 1 tahun 2 bulan ini umumnya sudah mulai merasakan takut dan cemas. Anda mungkin menyadari hal ini, karena si kecil terlihat cenderung lebih waspada dan sensitif terhadap lingkungannya.

Anda harus menyadari hal ini dan mencari tahu cara menenangkan si kecil. Rasa takut lain mungkin dapat bisa terjadi pada bak mandi.

Meski mungkin dulunya si kecil senang sekali saat tiba waktunya mandi, sekarang justru sebaliknya. Ia dapat berpikir bahwa itu adalah tempat yang menakutkan, sehingga Anda kerap merasa susah ketika mengajaknya mandi.

Selain itu, tidak perlu heran jika memasukin usia ini, anak Anda menjadi rajin dan ingin membantu Anda membersihkan rumah, seperti ingin menyapu, dan mengepel. Walaupun yang dilakukannya justru mengacaukan pekerjaan rumah Anda, tapi hal ini memang memacu perkembangan sosialnya. Anda hanya perlu mengawasinya jika hal-hal yang berbahaya dilakukannya.

Tidak hanya itu, anak Anda mungkin akan sering makan sendiri menggunakan sendok dan garpu. Meski makannya masih tahap belajar, Anda harus tetap bersabar untuk mengajarkan cara makan yang benar.

Bagaimana cara membantu perkembangan anak saya di usia 14 bulan?

Beri ruang untuk anak bergerak

Si kecil akan belajar membangun kemampuan motorik dan sosialnya selama proses bermain. Itu sebabnya, tidak ada salahnya untuk memberikan banyak kesempatan dan ruang untuk bermain. Bahkan ketika si kecil bermain seorang diri, ini bisa mendorong kemandiriannya, sekaligus mendukung perkembangannya.

Masuk di usia 14 bulan atau 1 tahun 2 bulan ini, perkembangan lain yang mungkin Anda lihat dari bayi yakni tingkahnya yang terlihat tidak terkendali. Jika kondisi ini yang terjadi, Anda bisa membuat sedikit batasan dengan mengaturnya agar dapat lebih disiplin.

Agar tidak ada perbedaan, sebaiknya samakan peraturan antara Anda dan pasangan dalam mendisiplinkan si kecil. Namun, tidak harus dengan cara memarahinya menggunakan nada tinggi. Usahakan untuk tetap berusaha tegas tanpa perlu membuat si kecil merasa cemas.

Misalnya, dengan menekankan saat memberi tahunya, “Kak, jangan lari-lari ya di sini nanti jatuh. Mama udah ingetin ini kedua kali, lho.” Menegaskan sesuatu saat memberi tahu si kecil bisa membuatnya mengerti bagaimana cara berperilaku dengan baik, dan apa yang tidak boleh dilakukannya.

Bahkan, si kecil mungkin akan semakin mengerti ketika mendengar perubahan dari suara Anda saat memberi tahunya. Selain itu, penting untuk dipahami juga bahwa waktu bermain sebenarnya bisa menjadi ajang belajar anak.

Bernyanyi untuk mengasah kemampuan berbahasa

Pancing juga kemampuan dan perkembangan bayi 14 bulan atau 1 tahun 2 bulan untuk berbicara. Contohnya dengan memintanya mengulang lirik lagu bersama Anda. Meski bahasa yang digunakan si kecil masih kurang tepat, sebenarnya ini bagian dari proses belajarnya.

Setidaknya, ia mengerti alunan nada yang disampaikan lagu tersebut. Cara lain untuk melancarkan kemampuan bicara si kecil, dengan mengubah nada bicara, eksrepsi wajah, dan gerakan tangan Anda.

Berbagai hal tersebut dapat membantu si kecil untuk memahami kata-kata yang sedang Anda sampaikan. Buat kontak mata saat Anda berbicara dengan si kecil, sehingga dia bisa belajar untuk mendengarkan orang lain saat bicara. Jangan juga terburu-buru, dan biarkan buah hati Anda berusaha mencerna apa yang sedang Anda sampaikan.

Ciptakan rasa nyaman ketika takut mandi

Di usia 14 bulan, anak sudah mengenal rasa takut dan sensitif terhadap lingkungan. Dulunya senang mandi, mungkin sekarang agak sulit atau sampai takut ke kamar mandi.

Solusinya, coba berikan spons mandi kepadanya selama beberapa hari, untuk membiarkannya terbiasa dengan peralatan mandi. Anda dapat membiarkannya duduk di bak mandi tanpa air dan memberikannya lap mandi untuk bermain. Seiring berjalannya waktu, biasanya ia akan segera merasa nyaman dan aman dengan rutinitas yang satu ini.

Kesehatan Bayi Usia 14 Bulan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter di usia 14 bulan?

Pada masa perkembangan bayi di usia 14 bulan atau 1 tahun 2 bulan ini, mungkin bukan waktu Anda untuk membawanya periksa ke dokter. Anda harus bicarakan dengan dokter jika ada perubahan dalam perkembangan si kecil.

Penting juga untuk menanyakan pada dokter mengenai jadwal vaksinasi si kecil. Penting untuk memberi vaksin pada anak untuk mencegah penyakit dan infeksi tertentu.

Jika memang si kecil tidak mengalami kondisi medis serius di usianya ini, kebanyakan dokter tidak akan melakukan pemeriksaan kesehatan.

Akan tetapi, jangan ragu untuk mengonsultasikannya dengan dokter apabila ada masalah pada bayi yang tidak bisa ditunggu sampai kunjungan berikutnya.

Apa yang harus diketahui pada perkembangan bayi 14 bulan?

Ada hal yang perlu Anda ketahui di perkembangan bayi usia 13 bulan atau 1 tahun 1 bulan, yaitu:

1. Mulai hentikan penggunaan botol dot pada bayi

Pada perkembangan bayi di usia 14 bulan atau 1 tahun 2 bulan ini, dokter biasanya akan meminta Anda untuk berhenti memberikan botol dot pada bayi. Selain untuk membuatnya berlatih menggunakan perlatan makan lain, berhenti menggunakan botol dot juga membantu menjaga kesehatan gigi si kecil.

Sebagai penggantinya, Anda bisa memberikan cangkir sippy atau sippy cup sebagai wadah minumnya. Mulai terapkan hal ini saat memberikan si kecil sarapan, dan teruskan keesokan harinya.

Setelah anak terbiasanya sarapan tanpa menggunakan botol dot, lanjutkan saat makan siang, kemudian makan malam secara bertahap.

Yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai saat usia bayi 14 bulan?

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada perkembangan bayi usia 14 bulan atau 1 tahun 2 bulan ini:

1. Perubahan berat badan anak

Anda mungkin khawatir mengenai berat badan anak Anda. Hal ini normal, karena hampir semua ibu tampaknya kan mengkhawatirkannya. Terlebih ketika si kecil tampak sangat senang makan, dan bisa makan dalam porsi banyak.

Hanya saja, sebaiknya Anda pahami bahwa asupan kalori yang Anda makan sebaiknya sebanding dengan aktivitas yang dilakukannya. Jika perkembangan bayi di usia 14 bulan atau 1 tahun 2 minggu ini membuatnya sangat aktif bergerak, sebaiknya biarkan ia makan dalam porsi yang agak banyak.

Sebaliknya, sesuaikan asupan dan porsi makanan harian si kecil jika aktivitasnya tidak terlalu banyak. Anda boleh khawatir ketika melihat si kecil cenderung kurang aktif bergerak, dan berat badannya tidak kunjung mengalami kenaikan.

Pasalnya, kondisi ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada tubuh si kecil. Apabila tubuh si kecil gemuk, pastikan bahwa ia mengonsumsi makanan dan minuman sehat.

Tak lupa, sebaiknya bataski konsumsi gula anak dalam sehari. Selain berat badan, perhatikan juga tinggi badan si kecil.

2. Flu pada anak

Anda mungkin khawatir mengenai apa yang harus diberikan saat si kecil tiba-tiba terkena flu. Kebanyakan flu disebabkan oleh virus dan akan sembuh dalam beberapa hari.

Sebaiknya, jangan memberikan anak Anda obat non resep. Obat ini biasanya tidak dianjurkan untuk anak di bawah 2 tahun, kecuali diresepkan oleh dokter. Anda harus konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan terbaik sesuai dengan kondisi si kecil.

Bagaimana perkembangan bayi di bulan ke-15?

Sumber
Yang juga perlu Anda baca