Periode Perkembangan

Apa yang harus saya ketahui dalam merawat anak 14 bulan?

Oleh Data medis direview oleh dr. Yusra Firdaus.

Perkembangan & Perilaku

Bagaimana seharusnya anak saya berkembang di bulan 14?

Anda mungkin menyadari bahwa anak Anda mulai dapat merasa takut dan cemas. Anak Anda menjadi lebih waspada dan sensitif terhadap lingkungannya. Ia dapat merasa takut pada suara mesin cuci atau blender. Anda harus menyadari hal ini dan mencari tahu cara menenangkan anak Anda.

Rasa takut lain mungkin dapat terhadap bak mandi. Walaupun anak Anda dahulu senang dengan waktu mandi, saat ini ia dapat berpikir bahwa itu adalah tempat yang menakutkan. Berikan padanya spon selama beberapa hari. Anda dapat membiarkannya duduk di bak mandi tanpa air dan memberikannya lap mandi untuk bermain. Ia akan segera merasa nyaman dan aman.

Bagaimana cara membantu perkembangan anak saya di bulan 14?

Anak Anda terlihat tidak terkendali. Ini waktu yang tepat untuk membuat sedikit batasan pada anak Anda dan memberikan dasar untuk disiplin. Anda dan Ayah perlu menyamakan hal apa saja yang diperbolehkan dan apa konsekuensinya jika anak Anda melanggarnya. Bukan berarti Anda harus berteriak. Cara terbaik yaitu dengan menjadi tegas. Biarkan anak Anda mengetahui apa itu perilaku baik dan buruk. Anak Anda akan segera tahu jika Anda serius saat suara Anda berubah.

Waktu bermain penting untuk membangun kemampuan motorik dan sosial serta harga diri, jadi berikan banyak kesempatan dan ruang untuk bermain. Anda mungkin akan melihatnya bermain sendiri. Jangan merasa bersalah. Anda harus mendukung hal ini sebagai bagian dari hari-harinya. Anda dapat melihat dari jauh. Hal ini akan mendorong kemandirian dan eksplorasi. Anda akan mendukung perkembangannya.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter di bulan 14?

Ini mungkin bukan waktu kontrol Anda ke dokter. Anda harus bicarakan dengan dokter jika ada perubahan mendadak dalam perkembangan anak Anda. Anda juga harus menanyakan pada dokter mengenai vaksinasi anak Anda. Penting untuk memberi vaksin pada anak untuk mencegah penyakit dan infeksi tertentu.

Apa yang harus saya ketahui di bulan 14?

Dokter mungkin memberi tahu agar Anda mulai menjauhkan anak Anda dari botol susu. Jika Anda tidak siap, jagalah kesehatan gigi anak Anda dengan memberi susu, formula dan jus hanya pada jam makan dan mengemil. Jika Anda merasa sudah waktunya anak Anda untuk berhenti menggunakan botol susu, Anda dapat memulainya langsung atau dengan pendekatan perlahan-lahan. Berhenti langsung memang lebih cepat namun lebih sulit karena anak akan menangis dan mungkin juga sulit tidur. Melakukannya perlahan mungkin pilihan yang lebih baik. Mungkin dapat dimulai dengan mengganti botol susu dengan sippy cup atau gelas bayi. Anda dapat memulai menggantinya saat sarapan dan makan siang setelah beberapa hari. Botol susu sebelum tidur biasanya paling sulit ditinggalkan dan dilakukan paling akhir.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan di bulan 14?

Anda mungkin khawatir mengenai berat badan anak Anda. Hal ini normal. Semua ibu akan mengkhawatirkannya, walaupun anaknya sudah dewasa. Anda harus tahu bahwa balita biasanya tidak membutuhkan terlalu banyak makanan. Jika anak Anda sangat aktif, ia mungkin akan memakan kalori yang lebih sedikit daripada yang dikeluarkan. Anda hanya harus khawatir jika ia tidak aktif dan menjadi kerempeng. Hal ini dapat menjadi tanda masalah yang lebih serius.

Jika anak Anda gemuk, Anda harus memastikan bahwa ia mengonsumsi makanan ringan sehat dan membatasi konsumsi gula. Anda tidak perlu terlalu cemas. Jika ia mulai banyak berjalan, ia akan lebih banyak berlari dan akan mengurus. Ia juga akan bertambah tinggi.

Anda mungkin khawatir mengenai apa yang harus diberikan saat ia terkena flu. Kebanyakan flu disebabkan oleh virus dan akan sembuh dalam beberapa hari. Jangan memberikan anak Anda obat non resep. Obat ini biasanya tidak dianjurkan untuk anak di bawah 2 tahun, kecuali diresepkan oleh dokter. Anda harus konsultasikan dengan dokter jika gejalanya memburuk.

Mari kita lihat apa yang anak Anda pelajari bulan depan.

Sumber
Pantau Perkembangan Anak Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan si kecil.
Error message goes here
Daftar
*Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anak anda: [num] bulan Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Pantau Perkembangan Anak Anda Dapatkan update mingguan di email Anda untuk membantu memantau perkembangan si kecil.
Error message goes here
Daftar
*Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anak anda: [num] bulan We are excited to guide you on your parenting journey. Your first email will arrive shortly. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Yang juga perlu Anda baca