Berbagai Siasat Agar Bayi Bisa Duduk Sendiri, Berdasarkan Usianya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Bagi para orangtua, setiap perkembangan dari si buah hati tentu sangat dinanti-nantikan. Salah satu perkembangan yang ditunggu-tunggu yakni saat bayi bisa duduk sendiri tanpa bantuan orang lain. Sebenarnya, kapan waktu bayi bisa duduk sendiri bisa berbeda-beda tergantung perkembangannya. Nah, sudahkah Anda tau umur berapa umumnya bayi bisa duduk sendiri? 

Umur berapa biasanya bayi bisa duduk sendiri?

perkembangan bayi usia 40 minggu perkembangan bayi usia 10 bulan

Bayi yang sudah bisa duduk sendiri akan mendapatkan pengalaman dan hal menarik baru seputar dunia di sekitarnya. Ini karena saat duduk sendiri, bayi jadi lebih leluasa untuk melihat dan bereksplorasi dengan lingkungannya ketimbang dalam posisi berbaring. 

Selain itu, duduk sendiri juga merupakan bentuk dorongan terhadap perkembangan tubuhnya sampai nantinya berhasil melakukan hal lainnya. Dengan belajar duduk sendiri, sedikit demi sedikit punggung bayi akan semakin kuat.

Bayi juga akan mengerti bagaimana ia harus memosisikan berbagai bagian tubuhnya dengan nyaman. Buah hati Anda akan segera tahu cara duduk yang benar ketika dia sudah bisa memutar dan mengangkat kepalanya.

Karena bisa duduk dengan baik jugalah si kecil nantinya akan belajar untuk berdiri, berjalan, hingga berlari. Pertanyaannya, pada umur berapa bayi bisa mulai duduk sendiri?

Sama seperti berbagai perkembangan lainnya pada si keci, kapan waktu bayi bisa duduk sendiri dengan mantap tidak selalu sama. Ada yang bisa melakukannya dengan lebih, tapi ada juga yang butuh waktu sedikit lebih lama untuk berhasil duduk sendiri.

Berdasarkan grafik Denver II, sekitar usia 8 minggu atau 2 bulan, bayi biasanya mulai belajar untuk duduk dengan mantap. Hanya saja, tentu perkembangan ini belum bisa dilakukannya dengan baik dan benar.

Seiring berjalannya waktu, si kecil sedang belajar untuk duduk sendiri sekaligus melatih kemampuan dalam mengangkat kepala hingga 90 derajat. Sampai akhirnya, pertanyaan Anda mengenai kapan atau umur berapa bayi bisa duduk sendiri, terjawab tepat di usia 12 minggu alias 3 bulan.

Namun, perkembangan bayi untuk duduk sendiri di usia ini belum sepenuhnya lancar. Si kecil masih membutuhkan sandaran dari bantal, tangan, atau tubuh Anda untuk membantunya menjaga keseimbangan tubuh saat sedang duduk.

Selang beberapa waktu lamanya, sekitar usia 25 minggu alias 6 bulan 1 minggu bayi dapat duduk sendiri tanpa perlu bantuan lagi.

Tahapan kapan bayi bisa duduk sendiri dan cara melatihnya

Untuk penjelasan lebih rincinya, berikut perkembangan usia bayi Anda hingga bisa duduk, sekaligus upaya seperti apa yang bisa Anda lakukan agar bayi bisa duduk lebih cepat.

Usia 3-4 bulan

Otot leher buah hati anda akan semakin bertambah kuat. Dia akan belajar bagaimana cara mengangkat kepala ketika sedang dalam posisi telentang. Kemampuan bayi untuk mengangkat kepala sudah lancar dilakukannya di usia 7 minggu atau 1 bulan 3 minggu, meski baru sekitar 45 derajat. 

Memasuki usia 8 minggu atau 2 bulan, buah hati Anda sedang melatih kemampuannya agar bisa mengangkat kepala hingga 90 derajat dan duduk dengan sandaran.

Di sini, otot-otot leher dan punggung bayi sedang berkembang untuk memberi kekuatan selama ia belajar mengangkat kepalanya dengan sempurna dan duduk sembari bersandar.

Ketika Anda sedang dalam posisi berbaring, Anda bisa mencoba meletakkan bayi di atas dada Anda dengan wajahnya yang menatap Anda. Selain itu, Anda juga bisa meletakkan bantal bentuk huruf C di bawah ketiaknya.

Posisi bantal yang menyokong dadanya ini berfungsi agar buah hati Anda terbiasa mengangkat kepalanya sedikit menjauhi lantai. Anda juga bisa mulai memosisikan bayi duduk sendiri agar lama-lama ia semakin terbiasa. 

Meski mungkin ia masih cenderung untuk mencondongkan tubuhnya ke depan karena belum terbiasa dengan posisi duduk. Umur berapa bayi bisa duduk sendiri akan semakin terjawab seiring perkembangan kemampuan motorik kasarnya ini.

Usia 5-6 bulan

Di usia ini, otot buah hati Anda akan semakin kuat. Setelah berhasil duduk sendiri dengan bersandar, di usia 14 minggu atau 3 bulan 2 minggu ia sedang berusaha untuk bangkit dari posisi berbaring ke posisi duduk. 

Namun, perubahan posisi tersebut belum dapat dilakukannya dengan sempurna. Baru setelah usianya menginjak 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu, si kecil biasanya telah tampak mampu berubah posisi dari berbaring ke duduk dengan lancar.

Perkembangan secara bertahap seperti ini, yang akan memudahkan Anda nantinya untuk tahu di umur berapa bayi bisa duduk sendiri. Bayi Anda akan mampu mengangkat kepalanya namun masih akan goyah.

Ini terjadi karena dia belum mampu menjaga keseimbangannya. Latihlah terus sampai bayi Anda cukup percaya diri dan sanggup bertahan dengan posisi tersebut.

Anda bisa dengan mendudukkannya di kursi, atau melatihnya saat Anda dalam posisi duduk bersila dan buah hati Anda di atasnya. Cara lainnya coba gunakan kursi khusus bayi atau bantal untuk membantunya bersandar.

Upaya tersebut akan membantu perkembangan bayi, sehingga Anda bisa segera tahu kapan waktu atau umur berapa bayi bisa duduk sendiri. Tentu saja, pastikan Anda memeganginya serta mengawasinya secara penuh pada saat-saat seperti ini.

Sebelum ia mampu menjaga keseimbangan tubuhnya, si kecil biasanya belum mampu duduk tanpa bantuan. Memasuki usia 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu, buah hati Anda sedang belajar untuk menjaga keseimbangannya saat duduk tanpa bantuan. 

Usia 6-8 bulan

Selain dengan usahanya sendiri, bayi juga butuh bantuan Anda selama dalam proses untuk bisa duduk sendiri. Untuk membantu usahanya ini, ada cara yang bisa Anda lakukan. Kurt A. Heyrman, seorang dokter anak dari Appleton, Amerika Serikat, menyarankan untuk meletakkan cermin sedikit lebih tinggi dari posisi bayi Anda.

Jika bayi Anda gigih untuk melihat bayangannya sendiri di cermin. Selanjutnya ia akan mengangkat kepalanya, kemudian duduk, dan memerhatikan cermin yang berisi gambar dirinya.

Awalnya, buah hati akan duduk bantuan dengan tangan menapak lantai pada usia. Ini dinamakan tripod sit. Sampai otot perut dan punggungnya semakin kuat, dia akan terus belajar untuk duduk tanpa bantuan tangannya. Jika punggungnya sudah tegak lurus, si kecil pun sudah bisa melepas tangannya.

Posisi ini akan merangsang dirinya untuk terus menjaga keseimbangan tubuhnya saat duduk. Sampai akhirnya, pertanyaan Anda mengenai kapan atau umur berapa bayi bisa duduk sendiri akan terjawab di sekitar usia 25 minggu alias 6 bulan 1 minggu.

Setelah bayi bisa duduk sendiri, sekarang waktunya kedua tangan si kecil belajar untuk bisa meraih benda-benda di sekelilingnya dan menjelajahi dunia.

Kapan perlu khawatir bayi terlambat berkembang?

menggendong bayi

Ada berbagai masalah perkembangan yang bisa terjadi pada bayi. Jika sekarang usia si kecil sudah menginjak 36 minggu atau 9 bulan hingga 48 minggu atau 12 bulan, seharusnya ia sudah mampu melakukan perkembangan lainnya.

Meliputi belajar berdiri sendiri dengan berpegangan, bangun dari posisi duduk ke berdiri, hingga mampu berdiri tanpa bantuan meski hanya sekitar 2 detik. Apabila di usia ini ia tampak masih belum mampu duduk sendiri, segera periksakan kondisinya ke dokter.

Memang, perkembangan setiap bayi tidak selalu sama. Akan tetapi, kondisi ini bisa menjadi pertanda bahwa si kecil mengalami keterlambatan dalam perkembangan motorik kasar.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca