7 Pilihan MPASI Terbaik untuk Baby Led Weaning

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Tren baby-led weaning (BLW) belakangan ini sedang marak di kalangan ibu baru berkat pengaruh sosial media. Tapi jangan sembarangan mengenalkan makanan padat pertama untuk si kecil, meski ia sudah berusia 6 bulan. Kebanyakan ibu membolehkan si kecil mencomot berbagai macam makanan yang belum tentu baik untuk dirinya. Lalu, seperti apa makanan baby led weaning yang paling baik untuk latihan anak makan sendiri?

Baby-led weaning tidak boleh dilakukan sembarangan

Istilah baby led weaning (BLW) diciptakan sekitar tahun 2003 oleh seorang health visitor dari Inggris, Gill Rapley. Metode ini menawarkan makanan padat pada bayi dengan membiarkan bayi menyuapi dirinya sendiri menggunakan tangannya tanpa bantuan ibu. Makanan baby led weaning pada umumnya meliputi buah dan sayur yang dipotong kecil-kecil dan direbus hingga lunak, kemudian diletakan di depan anak untuk kemudian diambil anak dan dimakan sendiri. 

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa metode ini adalah cara yang baik untuk memungkinkan bayi mengatur asupan makanan mereka sendiri. Pemberian makan responsif seperti itu juga dapat membantu memperbaiki pola makan dan mengasah kemampuan bayi untuk menanggapi isyarat kelaparan dan kenyang di awal penyapihan ASI

Jika Anda ingin menerapkan metode ini, pastikan jika si kecil sudah berusia 6 bulan. Di usia tersebut umumnya si kecil sudah mampu untuk duduk sendiri dan mengambil benda-benda di sekitarnya. Selain itu, refleks dari lidah untuk mengunyah dan mengeluarkan makanan pun sudah baik, dan yang terpenting usus mereka sudah lebih siap untuk mencerna makanan.

Namun, ingat, Anda perlu senantiasa mengawasi dan memerhatikan gerak-gerik anak saat makan agar ia tidak tersedak. Jadi, sebelum melakukan metode ini dibutuhkan persiapan dan pengetahuan yang cukup agar tidak membahayakan si kecil. 

Beragam makanan baby led weaning yang paling baik untuk bayi

Untuk memulai BLW, Anda perlu menyiapkan makanan padat yang tepat. Baik dari segi rasa, tekstur, nutrisi ataupun potongan makanan agar sesuai dengan kuatnya genggaman tangan dan kemampuan bayi untuk mengunyah. Berikut ini beberapa pilihan makanan baby lead weaning terbaik untuk bayi

1. Wortel kukus

Saat Anda ingin mengenalkan MPASI pada si kecil, baiknya dengan sayuran. Sehingga bisa membantu anak lebih menyukai makanan sehat ini sejak dini. Pilihan pertama sayuran sehat yang cocok untuk BLW adalah wortel kukus. Potong wortel kecil-kecil menyerupai balok persegi panjang sesuai genggaman anak. Lalu, kukus wortel selama beberapa menit lebih lama dari biasanya untuk memastikan teksturnya cukup lembut untuk gusi bayi. Tapi jangan mengukusnya terlalu lunak karena bayi harus bisa menggenggam wortel dan membawanya ke mulut.

2. Brokoli kukus

Brokoli kukus merupakan salah satu makanan baby led weaning terpopuler karena sayur ini punya bagian yang mudah digenggam dan tekstur yang lembut serta rasa yang lezat. Sama seperti wortel, Anda perlu mengukusnya selama beberapa menit lagi dari biasanya agar cukup lembut untuk dikunyah bayi. Bila bayi memiliki perut sensitif, Anda bisa menunda memberikan brokoli kepada si kecil karena sayuran ini bisa membuat perutnya kembung.

3. Asparagus kukus

Asparagus cocok untuk makanan baby led weaning karena bentuknya yang panjang mudah dipegang bayi. Ujung asparagus juga memiliki tekstur unik, yang memicu rasa ingin tahu anak untuk bereksplorasi pada sayuran ini.

4. Potongan daging

Ketika bayi sudah lebih “ahli” dalam mengunyah, Anda bisa beralih ke daging. Daging adalah sumber protein yang baik, sehingga akan membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi. Daging ayam atau daging sapi bagus sebagai MPASI pertama bayi yang BLW.

5. Telur

Anda bisa memberikan menu telur karena memiliki kandungan protein dan vitamin A yang baik untuk bayi. Jika ingin memberikan telur rebus, pastikan bagian kuning telur benar-benar matang dan kemudian iris telur menjadi 4 bagian. Bagian putih dan kuning akan terpisah, nah biarkan si kecil memilih mau makan yang mana.

Sedangkan jika Anda ingin memberikan telur dadar, Anda bisa mengocok satu telur lalu goreng dengan sedikit minyak. Telur dadar yang lembut dan bernutrisi tinggi ini  bisa menjadi alternatif makanan BLW sehari-hari. Anda bisa memberikan putih telur dadar dan kuning telur dadar bergantian untuk memperkenalkan perbedaan rasa dan teksturnya.

6. Alpukat

Alpukat banyak mengandung lemak baik, yang sangat penting untuk perkembangan otak anak. Tidak hanya itu, teksturnya yang lembut membuat makanan ini tepat sebagai makanan pertama bayi, bahkan untuk bayi yang belum memiliki gigi. Meski lembut, potongan alpukat ini masih bisa dipegang dengan baik oleh tangan yang kecil.

7. Pisang

Pisang merupakan satu lagi makan baby lead weaning yang bagus. Beberapa orangtua memberikan pisang  yang tidak terlalu lembek agar bayi dapat menggenggamnya dengan mantap. Gunakan perkiraan Anda ketika menawarkan pisang utuh atau sebagian pada si kecil.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Agustus 25, 2017 | Terakhir Diedit: Agustus 23, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca