10 Makanan Terbaik untuk Bayi Anda

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum.

Ada banyak makanan sehat yang baik untuk bayi di luar sana, namun beberapa lebih baik dibandingkan yang lain. Makanan super ini sarat akan nutrisi penting, harganya bersahabat, mudah dipersiapkan, dan rasanya enak. Berikut ini adalah 10 makanan yang paling disukai:

1. Blueberry

Warna biru yang gelap dari buah ini berasal dari flavonoid yang disebut anthocyanin, yang baik untuk mata bayi, otak, dan saluran kemihnya.

Ide penyajian: Campurkan 25g blueberry dengan satu sendok makan air di dalam mangkok, masukkan ke microwave selama 30 detik, hancurkan, dan dinginkan. Lalu tuangkan sedikit yogurt tanpa gula di atasnya.

2. Yogurt

Yogurt adalah makanan yang baik untuk diperkenalkan saat bayi Anda berusia sekitar 6 bulan. Yogurt mendorong sistem imun dan mendukung kesehatan otak dan jantung. “Yogurt merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang baik, dan juga berkontribusi untuk perkembangan tulang dan gigi yang sehat,” kata Nancy Hudson, ahlit nutrisi dan professor di departemen nutrisi University of California at Davis.

Cari merek yang memiliki kultur bakteri hidup terbanyak, yang akan mengatur bakteri baik dalam saluran pencernaan bayi Anda. Yogurt plain alias tanpa rasa dan tanpa gula merupakan pilihan terbaik karena tidak menggunakan gula tambahan.

3. Blewah

Blewah merupakan sumber vitamin A dan C yang baik, manis alami, dan memiliki tekstur yang lembut.

4. Lentil

Sarat akan protein dan fiber, lentil memberikan nutrisi yang kuat. Lentil juga merupakan salah satu makanan sehat yang termurah.

Ide penyajian: campurkan lentil matang dengan sayuran, nasi, dan bumbu-bumbu pililhan Anda.

5. Sayuran hijau gelap

Sayuran hijau mengandung zat besi dan folat yang tinggi. Bayam mungkin merupakan sayur yang paling dikenal dari kategori ini, namun banyak ragam lainnya, termasuk kale, chard, dan collard.

Ide penyajian: kukus dan blender sejumlah sayuran hijau, lalu campur dengan sereal yang kaya zat besi untuk memberi bayi Anda dosis ganda zat besi. Berekperimenlah untuk mengetahui kesukaan bayi Anda.

6. Brokoli

Kaya dengan folat, serat, dan kalsium, brokoli juga dikenal karena manfaat pencegah kankernya. Brokoli memiliki rasa unik yang berasal dari komponen sulfur yang dapat memperkaya kemampuan indera perasa bayi Anda.

Ide penyajian: kukus hingga lembut, potong kecil-kecil, lalu dinginkan. Mengukus mempermudah bayi Anda memakan brokoli, dan terkadang brokoli yang dingin lebih disukai oleh bayi.

7. Alpukat

Alpukat merupakan  sumber lemak tak jenuh yang baik. Komposisi lemak pada alpukat mirip dengan ASI.

Anda khawatir akan makanan berlemak yang dimakan bayi Anda? Tidak perlu khawatir. Lemak tak jenuh merupakan lemak yang baik, dan bayi membutuhkannya untuk perkembangan otak.

Saran penyajian: cobalah untuk mengombinasikan alpukat yang dihancurkan dengan makanan lain, seperti krim keju, apel, atau ikan kalengan. Pada waktunya dia pergi ke playgroup, lupakan biskuit dan sebagai gantinya bawalah alpukat. Alpukat dapat dibawa di tas pada suhu ruang dan Anda dapat menyajikan irisannya atau dioles di atas roti.

8. Daging

Banyak dari kita yang berpikir bahwa daging bukan makanan bayi biasa, namun daging termasuk dalam pilihan teratas. Daging adalah sumber zinc dan zat besi yang baik.

Ide penyajian: masaklah ke dalam sup. Sup adalah makanan bayi yang ideal—mudah dibuat, mudah dikunyah, dan ragamnya sangat banyak. Yang penting, pastikan Anda sudah menghancurkan daging sehingga mudah dikunyah. Anda dapat bereksperimen dengan menambahkan sayuran dan bumbu-bumbu yang berbeda, seperti jahe dan parsley.

9. Buah plum

Buah plum kaya akan serat dan dapat membantu meredakan sembelit yang sering dialami bayi Anda setelah Anda mengenalkan makanan padat kepadanya.

Ide penyajian: blender buah plum dan sajikan langsung atau dapat dicampur dengan makanan lain, seperti sereal atau saus apel, untuk makanan manis alami. Apabila bayi Anda mengalami sembelit, Anda dapat menambahlan satu atau dua sendok teh sari buah plum kering ke dalam susu formula atau ASI pompa.

10. Jeruk mandarin

Kaya akan vitamin C dan antioksidan, jeruk mandarin merupakan makanan ringan yang baik. Bayi sangat suka rasanya.

Ide penyajian: jeruk mandarin mudah disiapkan. Potong menjadi ukuran kecil-kecil dan sajikan. Anda dapat membeli jeruk mandarin segar atau kalengan, namun pastikan yang kalengan dikemas dalam air, bukan sirup yang mengandung gula tambahan.

Yang juga perlu Anda baca