5 Tips Aman dan Nyaman Pompa ASI di Tempat Umum

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 01/04/2020
Bagikan sekarang

Pompa ASI bisa dilakukan di mana saja, termasuk tempat umum seperti di mal, mobil, tempat makan, atau kantor. Di saat Ibu tidak membawa si kecil, ada kalanya ibu perlu memompa ASI jika dirasa payudara sudah cukup produksi. Ibu bisa meluangkan waktu untuk memompa ASI di mana saja.

Namun, bagi para perempuan yang baru menyandang status ibu, ada rasa kebingungan bagaimana cara memompa ASI yang nyaman di luar rumah. Jangan lagi bingung, Anda bisa mengikuti tips pompa ASI nyaman dan aman di tempat umum.

Tips pompa ASI yang nyaman dan aman di tempat umum

pompa ASI elektrik

Mungkin saja ada rasa gugup yang melanda ketika Anda harus memompa ASI di luar rumah. Pompa ASI ibarat “tabungan nutrisi” untuk bayi Anda. Meskipun Ibu tidak ada di sampingnya selama beberapa waktu, produksi ASI harus terus berjalan agar si kecil bisa tetap terjaga nutrisinya.

Mungkin Ibu berpikir apakah sebaiknya bayi diberikan susu formula, dibandingkan ia harus menerima ASI sementara ibu harus bekerja. Namun, jangan menyerah dulu, Bu. Organisasi Kesehatan Dunia dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan. 

ASI begitu penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Agar kebutuhan nutrisi bayi bisa terpenuhi setiap hari meskipun Anda bekerja, simak tips pompa ASI memompa ASI di tempat umum.

1. Siapkan peralatan dan perlengkapan pompa ASI

Sumber: Mother Figure

Tips pertama pompa ASI yang nyaman di tempat umum adalah dengan mempersiapkan perlengkapan dan peralatan di dalam satu tas. Beberapa hal yang perlu disiapkan sebagai berikut.

  • Perlengkapan pompa ASI dalam satu tas
  • Apron untuk menyusui
  • Bra menyusui

Jika Anda menggunakan pompa elektrik, jangan lupa untuk selalu sedia baterai cadangan agar kegiatan pompa ASI tetap berjalan dengan lancar. 

Anda bisa mengenakan bra menyusui selama masa menyusui untuk mempermudah pompa ASI. Sementara apron menyusui dapat digunakan selama Anda melangsungkan proses pompa ASI, jika Anda tidak nyaman dengan situasi tertentu.

2. Pemilihan tempat yang tepat

cara memompa asi pompa asi

Tips kedua pompa ASI di tempat umum, pilihlah tempat yang nyaman untuk melakukan pompa ASI. Jika ada ruang laktasi di kantor, mal, stasiun, halte atau tempat lainnya, gunakanlah ruang tersebut.

Setiap ibu perlu sadar bahwa ia memiliki hak untuk memompa di tempat kerja. Namun, tidak semua kantor menyediakan ruang laktasi. Tak perlu cemas, Anda bisa bicara kepada atasan untuk meminta izin dan bertanya di mana Anda bisa memompa ASI.

Misalnya, di ruang tertutup seperti ruang meeting atau ruang kosong lainnya yang bersih dan tersedia bangku dan meja, sehingga membuat Anda lebih rileks. 

Bila Anda lebih nyaman memompa ASI di meja kerja dengan menutupi payudara dengan apron sebetulnya tidak masalah. Kenyamanan Anda hal terpenting saat memompa ASI.

3. Rileks saat memompa ASI

tips memerah asiRileks, tips penting saat Anda melakukan pompa ASI di tempat umum. Cuci tangan terlebih dulu sebelum melakukan ritual ini. Setelahnya, jangan terburu-buru, Anda bisa mempersiapkan peralatan dan perlengkapan pompa.

Sebelum memulai, Anda bisa memberikan kompres air hangat pada payudara dan leher agar tubuh lebih rileks. 

Kemudian, mulailah untuk memompa ASI. Setidaknya Anda butuh waktu 15-20 menit setiap sesi pompa hingga ASI di dalam payudara habis. 

Sebagai pilihan yang nyaman, Anda bisa membawa foto si kecil atau baju yang dipakainya. Aroma dan memori akan si kecil membantu tubuh lebih rileks dan juga mendukung proses pompa ASI lebih lancar.

4. Simpan ASI di tempat yang aman

Selesai melakukan pompa, Anda bisa menyimpan ASI di tempat yang aman. Berikut tips menyimpan hasil pompa ASI di luar rumah.

  • Simpan pada botol atau kantong penyimpanan yang bebas BPA (Bisphenol A) atau BPS (Bisphenol S)
  • Tulis tanggal memompa ASI dengan spidol sharpee
  • Sebaiknya simpan di kulkas dengan suhu 4ºC (biasanya bisa bertahan selama 4 hari)
  • Simpan di cooler bag (sekitar suhu ruangan 25ºC ) bila tidak tersedia kulkas (bertahan kurang lebih 4 jam)

5. Tetap menjaga hidrasi dan nutrisi

tips pompa asi di tempat umum

Tips pompa ASI di tempat umum selanjutnya adalah dengan menjaga tubuh tetap hidrasi. Ini bisa dilakukan dengan minum delapan gelas atau dua liter air setiap hari.

Selalu sediakan botol minum besar di mana pun Anda berada. Karena saat menyusui ataupun memompa ASI, Anda membutuhkan banyak cairan agar produksi ASI lancar. 

Jangan lupa untuk menyediakan banyak camilan sehat di dalam tas, seperti granola, buah-buahan, kacang-kacangan, yogurt, keju, ataupun sereal. Camilan ini sebagai “bahan bakar” agar Anda selalu berenergi saat datang masanya memompa ASI.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

10 Daftar Makanan untuk Membantu Meningkatkan Produksi ASI Ibu Menyusui

Demi meningkatkan produksi ASI selama menyusui, tidak sedikit ibu yang bertanya-tanya mengenai makanan pelancar ASI. Apa saja pilihan yang bisa membantu?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Menyusui 03/09/2019

Ibu Menyusui Makan Jengkol, Benarkah Bikin ASI Terasa Pahit dan Bau?

Makanan memang dapat memengaruhi rasa dan aroma ASI. Bagaimana dengan jengkol? Bolehkah ibu menyusui makan jengkol? Akankah rasa dan aroma ASI berubah?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Parenting, Menyusui 03/07/2019

Tips Diet untuk Bayi dan Anak Dengan Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan adalah disfungsi jantung yang paling banyak terjadi pada anak dan bayi. Berikut prinsip diet yang dapat mendukung pengobatannya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nita Azka Nadhira, S.Gz

3 Tips Tetap Nyaman Memompa ASI Meski Sedang Traveling

Memompa ASI saat traveling? Kenapa tidak? Meski Anda sedang berjalan-jalan atau liburan keluarga, Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan ASI si kecil.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Parenting, Menyusui 24/12/2018

Direkomendasikan untuk Anda

rasa asi

Kerap Bikin Penasaran, Ternyata Seperti Inilah Rasa ASI

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 23/05/2020
manajemen perah asi ibu bekerja

Ini Panduan Manajemen ASI Perah untuk Ibu Bekerja

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 28/04/2020
peralihan asi ke susu formula

Bu, Ini Tips Peralihan dari ASI ke Susu Formula

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020
kandungan susu formula

Bisakah Kandungan Susu Formula Menggantikan Manfaat ASI?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 07/01/2020