6 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memompa ASI di Kantor

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 12/09/2019
Bagikan sekarang

Enam bulan merupakan waktu untuk memberikan ASI kepada bayi Anda secara eksklusif. Bukan merupakan waktu yang singkat memang, tapi manfaatnya bisa bertahan dalam waktu lama sampai bayi besar, bahkan dewasa. Untuk itu, banyak ibu tetap berusaha memberikan ASI-nya dalam keadaan apapun walaupun ia bekerja.

Salah satu hal yang memudahkan pemberian ASI saat ibu bekerja adalah dengan memompa ASI dan menyimpannya untuk dipakai di lain waktu. Ibu menyusui yang bekerja dan menjalani ASI eksklusif dituntut untuk selalu menyediakan ASI-nya kapan pun bayi butuhkan. Tak jarang ibu menyusui harus memompa ASI di kantor.

Namun, sebelum Anda memompa ASI di kantor, sebaiknya persiapkan hal-hal di bawah ini agar kegiatan memompa ASI di kantor Anda berjalan lancar dan ASI banyak keluar.

1. Pelajari bagaimana cara memompa ASI

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memompa ASI di kantor adalah mempelajari bagaimana cara memompa ASI dengan benar. Dengan begitu, Anda mengetahui apa saja yang harus Anda lakukan dan Anda persiapkan.

Pelajari juga bagaimana cara menyimpan ASI yang benar, menyiapkan ASI dingin atau beku, dan sebagainya. Anda bisa mempelajari semua hal ini melalui buku, mencarinya di internet, atau bertanya pada ahlinya. Temukan cara Anda yang nyaman dalam memompa ASI.

Sebaiknya Anda sudah mencoba bagaimana cara memompa ASI pertama kali di rumah sebelum Anda kembali ke tempat kerja. Karena, saat pertama kali memompa ASI mungkin bisa membuat Anda stres sehingga ASI tidak keluar dengan lancar.

2. Persiapkan barang-barang yang harus Anda bawa

Yang harus Anda persiapkan saat memompa ASI bukan hanya pompa ASI, tapi lebih dari itu. Anda juga harus mempersiapkan botol tambahan untuk menampung ASI, kantung ASI, peralatan pembersih, pendingin (cek bagaimana kondisi kulkas di kantor atau Anda harus membawa tempat penyimpanan ASI sendiri seperti cool box), dan kain penutup agar Anda lebih nyaman saat memompa ASI di kantor. Pastikan semua barang-barang ini higienis dan terjaga kebersihannya.  

3. Ketahui waktu yang baik untuk memompa ASI

Ini penting dilakukan agar Anda tidak mengganggu pekerjaan atau kerabat Anda di kantor. Mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memompa ASI di kantor juga dapat membuat ASI Anda keluar dengan lancar karena waktu yang tepat membuat Anda lebih nyaman saat memompa ASI. Lihat kondisi kantor Anda sebelum memompa ASI. Mungkin Anda bisa melakukannya di jam-jam yang tenang, misalnya jam istirahat di mana banyak orang kantor keluar untuk mencari makan.

4. Pilih tempat yang baik untuk memompa ASI

Selain waktu, tempat juga menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memompa ASI. Pilih tempat yang nyaman untuk Anda memompa ASI, dalam kondisi yang tenang tentunya. Sehingga, Anda bisa memompa ASI dengan lancar. Pilih juga tempat yang higienis agar ASI tidak terkontaminasi dengan kuman, kamar mandi mungkin bukan pilihan yang baik. Sangat baik sekali jika di kantor Anda ada ruangan khusus menyusui.

5. Ketahui cara menstimulasi refleks let-down saat memompa ASI

Sudah mengenal refleks let-down? Ini merupakan cara agar ASI Anda keluar dengan mudah dan lancar. Refleks let-down ini mungkin akan lebih mudah dilakukan jika bayi langsung menyusu di payudara Anda karena isapan bayi dapat merangsang produksi ASI.

Namun, bagaimana jika memompa ASI di kantor? Anda mungkin perlu benda-benda yang berhubungan dengan bayi Anda untuk menstimulasi produksi ASI. Foto bayi Anda atau baju bayi Anda misalnya, yang membantu Anda untuk mengingat bayi Anda dan merasakan kehadiran bayi Anda. Dengan begitu, Anda merasa nyaman, tenang, dan produksi ASI Anda lancar.

6. Jangan lupa makan dan minum yang cukup sebelum memompa ASI

Satu hal lagi yang penting Anda lakukan sebelum memompa ASI di kantor adalah makan dan minum. Ya, makan makanan yang bergizi sangat penting untuk memenuhi kebutuhan produksi ASI dan minum yang cukup dibutuhkan untuk menghidrasi tubuh Anda. Anda mungkin perlu menyiapkan sebotol air untuk Anda minum saat memompa ASI.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Saat Bayi Diare

Saat bayi diare, sang ibu harus memperhatikan pilihan makanan. Berikut ini ada beragam makanan yang harus dihindari ibu menyusui saat bayi diare.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Diare, Health Centers 09/04/2020

Berat Badan Bayi Ideal Usia 0-12 Bulan

Berat badan bayi ideal merupakan patokan utama terhadap kualitas perkembangan dari bayi. Berapa seharusnya berat badan bayi di satu tahun pertamanya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Manfaat Menyusui bagi Ibu dan Si Kecil di 1000 Hari Pertama Kehidupan

Si Kecil akan mendapat nutrisi dari ASI di 1000 hari pertama kehidupan (HPK) dan Ibu pun mendapat manfaat kesehatan dari proses menyusui.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Parenting, Menyusui 01/04/2020

Pentingnya Memenuhi Asupan Nutrisi Si Kecil dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan

Nutrisi di 1000 hari pertama kehidupan si Kecil dapat menentukan kesehatannya di masa depan. Asupan nutrisi untuk anak harus menjadi prioritas utama Anda.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Direkomendasikan untuk Anda

puasa dan perubahan yang terjadi bagi ibu yang baru setelah melahirkan

4 Kiat Jitu Agar Produksi ASI Tetap Lancar Meski Sedang Berpuasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 12/05/2020
manajemen perah asi ibu bekerja

Ini Panduan Manajemen ASI Perah untuk Ibu Bekerja

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 28/04/2020
ibu menyusui positif coronavirus

Panduan Aman untuk Ibu Menyusui yang Positif COVID-19

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 21/04/2020
penyebab gejala diare pada ibu menyusuil

Kupas Tuntas Gejala, Penyebab, dan Perawatan Diare Pada Ibu Menyusui

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 10/04/2020