backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

2

Tanya Dokter
Simpan
Konten

Sering Menarik Lengan Anak? Hati-Hati Terkena Nursemaid's Elbow

Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita · General Practitioner · None


Ditulis oleh Indah Fitrah Yani · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

Sering Menarik Lengan Anak? Hati-Hati Terkena Nursemaid's Elbow

Saat bermain dengan anak bayi atau balita, biasanya para orangtua suka mengayun atau menggendong dengan menarik lengan anak. Padahal, jika lengan anak sering ditarik, hal ini bisa menimbulkan cedera yang disebut nursemaid’s elbow. Ketahui lebih lanjut seputar kondisi ini melalui ulasan berikut.

Apa itu nursemaid’s elbow?

Nursemaid’s elbow adalah cedera yang dapat terjadi akibat menarik lengan anak.

Melansir U.S. National Library of Medicine, kondisi ini ditandai dengan bergesernya posisi ligamen (persendian) pada siku dari tempat yang seharusnya.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar yang berada di bawah.

Perlu diketahui bahwa tulang lengan bagian bawah terdiri dari dua jenis tulang, yaitu radius dan ulna. Kedua tulang tersebut diikat oleh ligamen.

Menarik lengan anak dapat menyebabkan ligamen tersebut bergeser, terpelintir, atau robek.

Akibatnya, tulang radius terlepas dari persendiannya. Hal ini membuat rangka lengan anak tidak normal, sulit digerakkan dan terasa sakit.

Apalagi anak balita memiliki ligamen dan tulang yang masih berkembang. Organ-organ tersebut belum cukup kuat sehingga rentan terhadap kondisi nursemaid’s elbow.

Selain itu, kekuatan tarikan Anda mungkin tidak sebanding dengan kekuatan lengan anak. Bisa jadi Anda merasa menarik lengan anak dengan tenaga ringan padahal ternyata berefek pada sikunya.

Meskipun nursemaid’s elbow umumnya tidak menyebabkan kerusakan jangka panjang, tetapi kondisi bergesernya sendi siku mengharuskan ia mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Apa tanda atau gejala anak mengalami nursemaid’s elbow?

nursemaid elbow

Melansir Kids Health, cedera akibat menarik lengan anak ini sering kali tidak disadari oleh orangtua.

Ini karena nursemaid’s elbow bisa jadi tidak menunjukkan gejala seperti perubahan bentuk siku dan bengkak.

Namun, Anda tetap bisa memperhatikan gejala-gejala lainnya yang mungkin anak alami, seperti di bawah ini.

  • Anak mengeluh sakit pada sendi siku, terutama bila lengan digerakkan.
  • Kalaupun rasa sakitnya sudah mereda, anak mungkin masih merasa tidak nyaman saat menggerakkan lengan.
  • Anak enggan menggunakan tangannya untuk beraktivitas. 
  • Anak sering tiba-tiba meluruskan atau menekuk lengan ke arah perut. 

Di usia berapa nursemaid’s elbow sering terjadi pada anak?

Nursemaid’s elbow sering terjadi pada anak-anak berusia antara 1 hingga 4 tahun. Ini karena pada usia tersebut, ligamen yang mengelilingi sendi siku masih belum sepenuhnya berkembang dan lebih rentan terhadap cedera dari tarikan atau gerakan mendadak. Meskipun bisa terjadi hingga sekitar usia 6 atau 7 tahun, kebanyakan kasus terjadi pada anak-anak yang lebih muda.

Gerakan-gerakan yang bisa menyebabkan nursemaid’s elbow

menarik lengan anak

Nursemaid’s elbow akibat menarik lengan anak bisa saja terjadi karena aktivitas yang tidak Anda sadari. Di bawah ini beberapa gerakan yang mungkin menjadi penyebabnya.

1. Mengangkat anak dengan memegang kedua tangannya

Saat mengasuh anak, Anda tentunya sering kali harus mengangkat anak, misalnya untuk dipindahkan atau minta digendong.

Bila Anda mengangkat anak sambil memegang kedua tangan atau menarik lengannya, hal itu dapat berisiko menyebabkan nursemaid’s elbow.

Oleh karena itu, sebisa mungkin hindarilah gerakan tersebut. Agar lebih aman saat mengangkat anak, peganglah pada kedua ketiaknya.

2. Menghentak lengan anak

Dalam kondisi emosi, Anda mungkin tanpa sadar menghentak lengan anak. Apalagi bila ia sedang rewel dan susah diatur. Padahal gerakan ini dapat menyebabkan cedera nursemaid’s elbow.

Sebisa mungkin kendalikanlah emosi saat menghadapi anak. Meskipun sedang marah, pastikan Anda tidak menarik lengan anak apalagi menghentaknya dengan kuat.

3. Menarik lengan balita saat berjalan

Saat berjalan bersama si Kecil, Anda mungkin perlu memegang tangannya. Tujuannya agar si Kecil mampu mengikuti langkah Anda serta menjaganya agar berjalan seimbang.

Pada anak yang sudah cukup besar, hal ini mungkin tidak menjadi masalah. Namun pada anak yang masih balita, menarik lengan bisa saja menyebabkan nursemaid’s elbow karena persendiannya belum cukup kuat.

Oleh karena itu, berhati-hatilah ketika memegang atau menuntun anak untuk berjalan.

4. Menahan anak saat terjatuh

Menahan tubuh atau menarik lengan anak merupakan gerakan refleks untuk mencegah anak terjatuh. Tindakan ini tentunya diperlukan agar anak tidak terluka. 

Namun di sisi lain, siku si Kecil bisa saja terhentak terlalu keras sehingga menyebabkan nursemaid’s elbow. Oleh karena itu, segeralah periksakan anak ke dokter bila Anda mencurigai hal tersebut.

5. Berguling-guling

Berguling-guling mungkin merupakan kegiatan yang sering dilakukan saat anak bersenang-senang atau sedang tantrum.

Namun, perhatikanlah bila ia berguling dengan gerakan yang tidak wajar. Hentikan segera bila ia melakukan gerakan yang berisiko menyebabkan sendi siku bergeser.

6. Mengayun berputar-putar

Bermain bersama anak tentunya menjadi kegiatan yang menyenangkan. Ia mungkin sangat gembira bila Anda mengayun lengan anak sambil berputar-putar.

Aktivitas ini memang sangat seru tetapi sebaiknya Anda berhati-hati melakukannya. Ini karena Anda perlu menarik lengan anak dengan kuat. Akibatnya, anak berisiko cedera seperti nursemaid’s elbow.

Bagaimana cara mengobati nursemaid’s elbow?

adenoidektomi

Hindari memperbaiki sendiri bila ligamen siku bergeser akibat lengan anak sering ditarik atau terlalu kuat. Jangan sampai tindakan Anda justru makin memperparah kondisi si Kecil.

Untuk mengobatinya, lebih baik bawa anak ke dokter spesialis ortopedi. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi tulang dan sendi anak.

Pada dasarnya tidak ada pemeriksaan khusus untuk cedera ini, foto rontgen hanya diperlukan bila dicurigai ada tulang yang patah.

Bila tidak ada bengkak atau cedera lain, dokter akan melakukan manuver perlahan untuk mengembalikan tulang dan sendi ke posisi normalnya.

Prosedur ini biasanya berlangsung sangat cepat dan hanya membutuhkan waktu beberapa detik. 

Selama prosedur ini, anak dalam posisi duduk sambil membentangkan lengan.

Dokter kemudian menarik lengan anak ke arah atas dengan cepat. Bila terdengar suara menekuk kecil, artinya posisi tulang sudah kembali ke tempat semula. 

Anak kemungkinan mengalami rasa sakit selama metode ini, tapi akan perlahan menghilang setelah tindakan ini dilakukan.

Namun, bila anak masih merasa sakit, Anda boleh memberinya obat antinyeri untuk anak seperti ibuprofen.

Bila perlu, dokter akan memasangkan penyangga lengan untuk menjaga posisi tulang si Kecil.

Dalam kasus tertentu, pengobatan nursemaid’s elbow mungkin tidak selesai dalam sekali kunjungan melainkan perlu mengikuti perawatan beberapa kali.

Untuk informasi lebih lanjut, konsultasikan kepada dokter anak Anda.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Damar Upahita

General Practitioner · None


Ditulis oleh Indah Fitrah Yani · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan