Kapan Tulang Anak Tumbuh Paling Pesat? Penting Diketahui Jika Ingin Anak Tumbuh Tinggi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 Oktober 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Semasa kecil, Anda mungkin sering disarankan untuk minum susu sebelum tidur oleh orangtua Anda supaya badan cepat tinggi. Memang, sih, susu merupakan salah satu sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang. Tapi, mengapa harus diminum sebelum tidur? Ternyata, ini ada hubungannya dengan pertumbuhan tulang manusia di malam hari.

Pertumbuhan tulang terjadi pada malam hari

Sebuah penelitian dalam Journal of Pediatric Orthopedics membuktikan bahwa tulang akan mengalami pertumbuhan pada malam hari. Penelitian tersebut menjawab “nasihat” orangtua yang sering mengakatan bahwa anak-anak tumbuh lebih tinggi dalam semalam, biasanya orangtua akan menyuruh anaknya untuk minum susu sebelum tidur.

Dalam penelitian tersebut, peneliti menempatkan sensor pada tulang kaki anak domba untuk memantau pertumbuhan tulang pada hewan. Sembilan puluh persen pertumbuhan tulang terjadi saat hewan tidur atau sedang beristirahat. Peneliti mengamati pola pertumbuhan tulang yang benar-benar hanya tumbuh ketika anak domba sedang berbaring atau istirahat. Sedangkan saat anak domba berdiri atau bergerak, pertumbuhan tulang tidak bertambah.

Hal ini disebabkan oleh tulang rawan antara tulang akan tertekan ketika berdiri, duduk atau melakukan kegiatan lain yang dilakukan sepanjang hari. Pada akhirnya ini dapat menghambat tulang bertumbuh optimal. Saat berbaring atau tidur, tulang rawan akan meregang dan tidak tertekan, yang mrmbuat tulang mudah memanjang. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pertumbuhan bukanlah suatu hal yang berkelanjutan terus-menerus. Lonjakan pertumbuhan mungkin terjadi dalam kehidupan sehari-hari pada anak domba dan juga manusia.

Tapi, cepat lambatnya tulang bertumbuh juga dipengaruhi oleh asupan gizi dari makanan Anda sehari-hari.

Makanan apa saja yang membantu pertumbuhan tulang?

Susu adalah salah satu sumber protein dan kalsium yang dapat membantu pertumbuhan tulang. Tapi selain susu, ada beberapa makanan lain yang juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang, antara lain:

Sayuran hijau

Ada beberapa sayuran hijau mengandung kalsium yang dibutuhkan tulang, seperti brokoli dan  bokchoy. Selain mengandung kalsium, sayuran hijau juga mengandung vitamin K, yang berperan dalam pengaturan kalsium dan pembentukan tulang. Namun, tidak semua sayuran berdaun hijau baik untuk pertumbuhan tulang. Seperti bayam, walaupun mengandung kalsium, tetapi juga mengandung asam oksalat yang dapat menghambat penyerapan kalsium. Sebaiknya hindari makan makanan sumber kalsium dan bayam dalam waktu bersamaan.

Buah-buahan

Beberapa jenis buah-buahan dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang. Pepaya, jeruk, nanas, dan strawberi mengandung vitamin C. Vitamin C ini berfungsi dalam sintesis kolagen, yaitu protein utama dalam tulang.

Daging merah

Daging merah mengandung fosfor dan magnesium yang dibutuhkan tulang. Lebih dari setengah massa tulang dibentuk oleh mineral fosfor. Kekurangan fosfor dapat mengganggu mineralisasi tulang. Selain itu, mineral magnesium juga dibutuhkan untuk pembentukan tulang. Magnesium dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang dan berperan dalam banyak metabolisme mineral. Sumber makanan lain yang mengandung fosfor adalah seafood, kacang-kacangan, kentang dan gandum. Sedangkan sumber makanan yang mengandung magnesium adalah gandum, kacang-kacangan, seperti almond dan kacang mede.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pedoman Praktis Makanan untuk Anak Usia 1-3 Tahun

Banyak ibu yang bingung memberikan anaknya makan ketika sudah memasuki usia 1 tahun. Jangan cemas, berikut pedoman praktis makanan anak 1-3 tahun.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 8 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Benarkah Asam Lambung Naik Bisa Sebabkan Kanker Kerongkongan?

Asam lambung naik atau refluks yang terjadi secara kambuhan, kemungkinan bisa sebabkan kanker kerongkongan. Cari tahu alasannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kanker Lainnya 8 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Meluruskan 6 Mitos Seputar Varises yang Banyak Dipercaya Masyarakat

Banyak orang menganggap varises terjadi jika Anda duduk atau berdiri terlalu lama. Padahal tidak demikian. Apa saja mitos varises lainnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Penyakit Jantung Lainnya 8 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

8 Tips Menjaga Bakteri Baik dalam Usus

Tahukah Anda bahwa di dalam tubuh terdapat 100 triliun bakteri usus? Bakteri ini baik untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Pencernaan 8 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kondom dipakai dua kali

Kondom Dipakai Dua Kali, Apa Saja Risiko yang Mungkin Terjadi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit
lidah gatal

7 Kondisi Penyebab Lidah Anda Terasa Gatal, dari Masalah Ringan Hingga Serius

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit
setelah cabut gigi

7 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Cabut Gigi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
posisi tidur

Posisi Tidur Mana yang Lebih Baik: Miring ke Kiri Atau Kanan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit