Perkembangan Bayi 47 Minggu atau 11 Bulan 3 Minggu

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 Juli 2020 . Waktu baca 10 menit
Bagikan sekarang

Perkembangan Bayi Usia 47 Minggu

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu?

Menurut tes skrining perkembangan anak Denver II, perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu antara lain:

  • Bayi berdiri sebentar tanpa berpegangan pada Anda atau benda di sekitarnya.
  • Berubah posisi dari tidur ke duduk, duduk ke berdiri, dan berdiri ke duduk lagi.
  • Menggulingkan tubuhnya saat dalam posisi berbaring.
  • Bayi duduk sendiri.
  • Bertumpu pada kedua lengan tangan saat tengkurap sembari mengangkat kepalanya.
  • Mengambil benda kecil dengan jempol dan telunjuk. Seperti biasa, singkirkan benda berbahaya dari jangkauan anak.
  • Berkata “dada” atau “mama” dengan jelas.
  • Berceloteh terus-terusan.
  • Menirukan suara apa saja.
  • Mengatakan “ooh” dan “aah”.
  • Bayi tertawa dan memekik kencang.
  • Menggabungkan beberapa suku kata saat berceloteh.

Kemampuan motorik kasar

Perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu ini masih berusaha untuk berdiri sendiri dalam waktu lama. Saat ini, bayi hanya bisa berdiri sendiri beberapa waktu yang tidak terlalu lama.

Masih serupa dengan perkembangan bayi 46 minggu, si kecil juga semakin mantap untuk mengangkat tubuhnya dari posisi berbaring ke duduk. Kemudian dari duduk ke berdiri, dan begitu juga sebaliknya bisa dilakukannya dengan baik.

Kemampuan komunikasi dan bahasa

Pada perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 2 minggu, si kecilsudah mulai mengerti perkataan orang lain. Anda bisa mulai mengajarkan si kecil mengenai cara membantu atau melakukan sesuatu.

Untuk usia perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 2 minggu, Anda juga dapat membiasakan ia berkata “tolong” dan “terima kasih”dengan memberi contoh. Selain itu, Anda dapat membuat aktivitas merapikan mainan bayi miliknya, menjadi permainan yang menyenangkan.

Walaupun kemungkinan ia masih belum mengerti sepenuhnya pada masa perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 2 minggu, namun tidak ada salahnya untuk memulai kegiatan ini.

Seperti usia sebelumnya juga, pada masa perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 2 minggu, si kecil sudah bisa memanggil “mama” dan “dada” dengan lancar. Ia juga mampu mengucapkan “ooh” dan “aah” sebagai penyebutan pada suatu benda.

Kemampuan motorik halus

Perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu dari aspek motorik halus yaitu mampu melakukan kontrol sendiri atas dirinya. Salah satu contohnya yaitu si kecil sudah bisa merentangkan tangannya sendiri tanpa harus Anda minta saat sedang dipakaikan baju.

Selain itu, sebagian bayi tertarik untuk mendengar bunyi kencang yang dihasilkan oleh suatu benda pada masa perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu. Itu sebabnya, si kecil tampak senang saat memukul-mukul sesuatu, bahkan semakin kencang bunyi yang dihasilkan, semakin senang pula ia mendengarnya.

Pada masa perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu, si kecil akan semakin lancar dalam meraih benda di sekitarnya. Ia juga semakin mahir menggenggam satu atau dua benda pada tangannya, maupun mengetuk-ngentukkan dua benda yang sedang ia genggam.

Kemampuan sosial dan emosional

Kemampuan sosial dan emosional pada perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu, termasuk melambaikan tangan untuk salam perpisahan, dan tersenyum sendiri atau dengan orang lain.

Si kecil juga mulai mengerti bagaimana caranya memberi tahu Anda ketika sedang menginginkan sesuatu, sebagai salah satu perkembangan bayi 47 minggu.

Apa yang harus dilakukan untuk membantu perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu?

Perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu ini, masih terus membutuhkan dukungan dari Anda di sisinya. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan yaitu membantu bayi mengerti nama suatu benda dengan memperkenalkan satu per satu.

Jika dilakukan pada perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu, maka cara ini dapat membantu memperkaya kosa kata si kecil selama masa perkembangannya. Agar lebih mudah, Anda bisa menyebutkan nama masing-masing beda setiap kali si kecil melihat benda baru yang mungkin belum diketahuinya.

Selain itu, untuk perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu, Anda juga bisa membacakan buku cerita bergambar. Kemudian, minta si kecil untuk menunjukkan benda yang ia kenal.

Meski belum terlalu jelas dalam berbicara, setidaknya hal ini bisa merangsang perkembangan otak bayi dalam mengerti kosa kata pada perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu.

Sesekali, Anda juga bisa si kecil untuk berpendapat. Pada perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu, Anda dapat menanyakan apakah ia ingin menggunakan kaus kaki berwarna biru atau hijau, atau permainan apa yang ingin ia mainkan sekarang.

Selama masa perkembangan 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu, Anda mungkin mengalami kesulitan saat memandikan, memakaikan baju, dan melakukan kegiatan lain di pagi hari. Hal ini tak jarang disebabkan si kecil menolak melakukan apa yang Anda minta.

Apabila ia menolak saat dipakaikan baju, Anda bisa memancing kesenangan dengan bermain cilukba saat menarik baju dari atas kepalanya. Sedikit menggelitik kakinya saat mengenakan kaus kaki juga bisa Anda lakukan.

Cara lain yang bisa Anda lakukan saat si kecil mulai berulah yaitu memberikannya kesempatan untuk memilih baju atau celana mana yang ingin dipakainya. Pada perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu, melibatkan mereka dalam suatu proses mungkin akan membantunya lebih sabar saat melakukan sesuatu.

Kesehatan Bayi Usia 47 Minggu

Apa yang perlu didiskusikan dengan dokter di minggu 47 atau 11 bulan 3 minggu?

Jika memang perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu ini tidak mengalami kondisi medis serius, kebanyakan dokter tidak akan melakukan pemeriksaan kesehatan secara khusus.

Akan tetapi, jangan ragu untuk mengkonsultasikannya dengan dokter, apabila ada masalah pada bayi yang tidak bisa ditunggu sampai kunjungan berikutnya.

Apa yang harus diketahui pada perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu?

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui di perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu, yaitu:

1. Mengisap jempol

Kebiasaan bayi yang senang mengisap jempol pada perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu, sebenarnya merupakan upayanya menenangkan diri sendiri. Jangan khawatir, ini adalah cara menenangkan diri yang alami pada bayi, dan tidak berbahaya.

Mengisap jempol pada anak-anak kemungkinan tidak akan berpengaruh pada giginya sampai berusia 2 tahun. Beberapa di antaranya juga dapat melakukannya dengan aman sampai berusia 4-5 tahun, saat gigi permanen mulai muncul.

Hanya saja, jika Anda menganggap hal tersebut harus segera dihentikan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terkait kebiasaan si kecil yang satu ini. Pasalnya, perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu ini, bisa saja berpengaruh sampai usianya dewasa.

2. Mengedot

Pada perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu, dot umum digunakan bayi menenangkan diri. Akan tetapi, bukan berarti ini lebih baik dibandingkan mengisap jempol.

Umumnya setelah beberapa waktu menggunakan dot, bayi biasanya akan berhenti sendiri. Sebagian bayi sebenarnya lebih senang mengisap jari.

3. Feses bayi

Sejak mulai makan makanan padat, feses atau pup bayi biasanya mulai lebih padat. Hanya saja, terkadang bahan makanan padat tidak sepenuhnya dicerna, misalnya saat ia makan jagung, maka akan tampak jagung di dalam feses.

Anda tidak perlu khawatir, karena perut bayi pada masa perkembangan bayi 47 minggu, memang masih belajar untuk mencerna beberapa jenis makanan tertentu.

Bahkan, feses si kecil juga mungkin akan berubah warna sesuai dengan makanan yang ia makan. Ketika ia makan bayam pada malam hari, maka mungkin saat si kecil buang air besar akan tampak feses berwarna kehijauan.

Seiring matangnya kerja sistem pencernaan si kecil, ia akan mencerna lebih banyak makanan. Dengan begitu, warna feses si kecil juga akan menjadi lebih umum dan tidak terlalu terpengaruh dengan warna makanan yang baru ia makan.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai saat perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu?

Berbagai hal yang perlu diperhatikan pada perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu antara lain:

1. Melihat orangtuanya tanpa busana

Pada perkembangan bayi di 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu ini, mungkin ada beberapa hal yang menjadi pertanyaan Anda. Salah satunya termasuk ketika ia melihat ayah atau ibunya dalam kondisi tanpa busana.

Pada usia ini, si kecil tidak akan terpengaruh sama sekali dengan apa yang ia lihat pada Anda, misalnya saat mandi bersama orangtuanya. Bahkan, si kecil belum tentu akan mengingatnya  sampai ia dewasa mengenai apa yang telah dilihatnya. Hanya saja, kebiasaan ini tidak bisa berlangsung terus, dan sebaiknya dihentikan saat ia berusia 3-4 tahun.

Meski demikian, ketika si kecil ingin mencari tahu lebih lanjut tentang berbagai bagian tubuh yang dilihatnya, sebaiknya jangan dilarang. Beri tahu berbagai bagian tubuh sesuai dengan usia dan pemahamannya.

2. Ibu bekerja

Jika Anda adalah seorang ibu karir atau bekerja, mungkin Anda pernah merasakan dilema. Rasanya ingin menghabiskan waktu di rumah dengan si kecil, tapi tidak bisa karena harus bekerja. Anda juga mungkin ingin bersantai di rumah dengan si kecil, tapi masih ada beberapa pekerjaan rumah yang perlu diurus.

Meski dengan jadwal yang padat, sisihkan waktu khusus saat Anda baru pulang bekerja. Anda bisa fokus pada si kecil sekitar 15-30 menit sebagai bentuk perhatian pada perkembangan bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu.

Ada berbagai kegiatan yang bisa Anda lakukan dengan si kecil, misalnya dengan mengajaknya bermain, atau membacakannya buku cerita bergambar. Memberikan perhatian seperti ini bisa membantu bayi merasa bahwa ia tetap menjadi hal penting bagi Anda.

Lalu, bagaimana perkembangan bayi 48 minggu?

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Munculnya kista saat hamil adalah hal yang umum terjadi. Walau biasanya tidak berbahaya, ibu hamil perlu memahami apa saja pengaruhnya terhadap kandungan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Postpartum depression tak cuma menyerang wanita yang baru melahirkan. Depresi pasca melahirkan juga bisa dialami para ayah. Inilah tanda-tandanya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Parenting, Tips Parenting 14 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

Tak hanya wanita yang harus memerhatikan perubahan pada dirinya. Sebagai suami Anda juga harus peka melihat tanda istri hamil dan segera mempersiapkan diri.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesuburan, Kehamilan, Hidup Sehat 13 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit

Pilihan Susu Formula Agar Bayi Tidak Sembelit

Susu formula ternyata bisa membuat bayi sembelit. Lantas, seperti apa susu formula untuk bayi yang tidak bikin sembelit? Lihat beberapa pilihannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Parenting, Nutrisi Anak 22 April 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kepala bayi terbentur

Yang Harus Dilakukan Saat Kepala Bayi Terbentur

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
cara memandikan bayi yang baru lahir

Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 25 Juni 2020 . Waktu baca 9 menit

Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 25 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
pelukan bayi perkembangan bayi 14 minggu perkembangan bayi 3 bulan 2 minggu

Ilmuwan Jepang Ungkap Cara Sempurna Memeluk Bayi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 25 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit