Apakah Perut Bayi Buncit Itu Normal?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/03/2019 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Perut buncit terkait dengan banyak masalah kesehatan serius akibat pola makan yang buruk. Akan tetapi, hal ini lebih cenderung terjadi pada orang-orang dewasa. Lantas sebagai orang tua, Anda pasti akan bertanya-tanya: apa artinya jika perut bayi buncit? Apakah perut buncit termasuk hal yang normal dialami oleh bayi saya, atau menandakan hal lain yang perlu dikhawatirkan? Kupas tuntas jawabannya di artikel ini.

Perut bayi buncit, normal atau tidak?

Perut bayi buncit umumnya normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Pada kebanyakan kasus, perut si kecil membuncit artinya ia kekenyangan setelah selesai menyusu. Namun biasanya akan segera mengempis dan kembali seperti semula setelah buang air kecil atau BAB.

Kemungkinan lainnya adalah perut kembung. Hal ini juga termasuk normal, karena bayi bisa menelan banyak udara ketika bayi menangis atau selama menyusu. Selain itu, sistem pencernaan bayi juga belum sematang anak yang lebih tua atau orang dewasa sekalipun. Ususnya juga belum menghasilkan cukup bakteri yang baik, sehingga membuat perut bayi kembung.

Untuk mengatasinya, bantu si kecil untuk bersendawa setelah selesai menyusui. Menengkurapkan bayi dan memijat punggungnya juga dapat mengatasi perut kembung.

Namun yang perlu Anda garis bawahi adalah bayi masih kesulitan dalam menyampaikan keluhan yang dirasakannya. Untuk itu Anda sebagai orangtua harus selalu memperhatikan perubahan-perubahan yang terjadi pada buah hati Anda.

Kapan harus ke dokter?

Perut bayi buncit adalah hal yang normal jika tidak disertai dengan gejala lainnya. Bila perut bayi membesar terjadi dalam waktu lama setelah diatasi dengan cara-cara di atas, juga disertai dengan tangisan meraung yang berlangsung lama, demam, sakit perut, ruam, ataupun perutnya terasa keras membengkak, lebih baik Anda konsultasikan dengan dokter anak Anda guna mendapat penanganan yang tepat.

Hal ini dapat menandakan alergi makanan hingga masalah lain yang lebih serius dan harus diwaspadai seperti penyumbatan usus, malabsorpsi (masalah penyerapan nutrisi), atau karena adanya infeksi pada usus. Organ lain dalam tubuhnya juga bisa mengalami pembengkakan seperti jantung, hati, limpa, dan ginjal yang kemudian membuat perut tampak buncit.

Pada intinya, yang perlu Anda lakukan saat mengetahui perut bayi bunci yaitu kenali dulu gejala dan penyebabnya. Jika perut buncitnya tidak berlangsung lama, berarti tidak terdapat masalah serius pada anak Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Normalkah Bayi Menjulurkan Lidah? Apa Saja Alasannya?

Bayi Anda suka menjulurkan lidah? Hal ini memang merupakan hal yang normal, meski demikian ada kondisi yang perlu diwaspadai jika dilakukan berlebihan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Parenting, Bayi Satu Tahun Pertama 22/03/2020 . 4 menit baca

Bermain Bersama Membuat Otak Bayi dan Orangtua Makin Terhubung

Bermain bersama bayi tidak hanya terasa menyenangkan, tapi juga bisa memperkuat ikatan emosional Anda dan buah hati. Ini penjelasan ilmiahnya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Bayi, Parenting, Bayi Satu Tahun Pertama 16/01/2020 . 4 menit baca

Kenali Berbagai Masalah Perkembangan Bayi Sejak Dini

Penting bagi orangtua memerhatikan tanda masalah perkembangan bayi. Semakin cepat masalah ini ditemukan, semakin cepat pula perawatan bisa diberikan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Bayi, Parenting, Bayi Satu Tahun Pertama 28/11/2019 . 13 menit baca

Memahami Tahap Perkembangan Kemampuan Bahasa Bayi

Kecepatan perkembangan kemampuan bahasa bayi tidak tidak selalu sama. Ketahui tahap-tahap perkembangan kemampuan bayi sesuai usia.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Bayi, Parenting, Bayi Satu Tahun Pertama 26/11/2019 . 9 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

mengatasi ruam popok bayi

Si Kecil Mengalami Ruam? Berikut 8 Cara Mengobatinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 7 menit baca
bayi suka ditiru

Bayi 6 Bulan Ternyata Suka Saat Gerak-geriknya Ditiru Orang Dewasa

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 10/06/2020 . 4 menit baca
tummy tuck adalah operasi perut

Prosedur Tummy Tuck, Menciptakan Perut yang Rata dan Kencang dengan Operasi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020 . 4 menit baca
rumah aman agar anak bebas bergerak

Tips Membuat Rumah Aman untuk Anak Bebas Bergerak

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 05/04/2020 . 4 menit baca