Mengulik PDX GOS, Prebiotik yang Mampu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ada banyak tipe serat yang baik untuk memelihara kesehatan usus anak, dua di antaranya PDX dan GOS. Mungkin Anda pernah mendengar kandungan ini sebagai bagian dari serat pangan yang penting. 

Mengenal PDX GOS, nutrisi untuk tumbuh kembang si Kecil

PDX GOS merupakan serat prebiotik yang biasanya terkandung di dalam susu formula. Untuk anak yang tidak lagi menerima ASI membutuhkan prebiotik di dalam tubuhnya untuk menjaga kesehatan sistem pencernaannya.

ASI secara alami memiliki kandungan prebiotik yang mampu menjaga mikrobiota pada lingkungan sistem pencernaan anak.

Sebagian anak tidak menerima ASI karena memiliki alasan kesehatan atau masalah lainnya. Dalam kondisi tersebut, anak membutuhkan asupan susu formula agar tubuhnya tetap ternutrisi untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Susu formula diformulasikan untuk melengkapi asupan nutrisi anak dengan penambahan prebiotik, beberapa di antaranya PDX dan GOS. Prebiotik yang terkandung di dalam ASI ini dapat digantikan melalui kandungan tersebut yang ada pada susu formula.

kemampuan kognitif balita

Pertama, ibu perlu mengenali dulu apa itu PDX atau Polydextrose. PDX merupakan serat dan juga karbohidrat dengan kalori rendah. PDX merupakan serat solubel atau larut air yang tidak dicerna tubuh.

Saat sampai di usus besar, PDX difermentasi oleh bakteri baik atau flora usus. Di sini PDX yang merupakan serat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dengan memperlambat transit makanan, mengumpulkan sisa makanan, dan melunakkan feses. 

Sama seperti PDX, GOS atau galacto-oligosaccharides merupakan serat prebiotik yang juga berperan untuk menjaga mikroflora usus dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. GOS secara alami dapat ditemukan pada produk susu, kacang-kacangan, dan akar sayuran tertentu.

Peran prebiotik dalam meningkatkan sistem imun anak

jadwal makan balita

Kerja PDX dan GOS sebagai prebiotik, seperti yang sudah dijabarkan di atas, dapat membantu peningkatan sistem imun anak. Kandungan tersebut dapat mencegah peradangan dengan menjaga mikroflora di dalam usus.

Pada bayi, mikroflora bertugas untuk mencerna gula sehat pada ASI yang diminumnya. Hal ini berpengaruh penting untuk tumbuh kembangnya. 

Mikroflora pada anak-anak dan orang dewasa bekerja untuk mencerna bakteri dari serat tertentu, guna memproduksi asam lemak rantai pendek di dalam usus. Asam lemak rantai pendek ini berperan penting dalam mengelola kesehatan dan juga memerangi beragam infeksi penyakit.

Nah, dampak baik PDX dan GOS dalam mengelola mikroflora usus membantu tubuh mengontrol sistem imun. Sel-sel sistem imun saling berkomunikasi dengan mikroflora pada usus untuk memberikan sinyal respon jika terdapat infeksi.

Ketika adanya ancaman infeksi, sistem imun akan bereaksi dan merespon untuk memberikan perlawanan terhadap infeksi dan melindungi tubuh.

berat badan ideal balita

Berikut beberapa manfaat serat prebiotik tersebut untuk kesehatan anak secara menyeluruh:

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mengurangi risiko diabetes tipe 2
  • Menjaga kestabilan gula darah
  • Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan
  • Mengontrol nafsu makan anak
  • Menjaga berat badan dan mencegah obesitas

Anak bisa mendapatkan manfaat dari konsumsi susu formula dengan kandungan serat prebiotik PDX dan GOS. Kandungan tersebut dapat mendukung dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh, termasuk menjaga daya tahan tubuh anak.

Ketika anak sehat, kegiatan eksplorasi dan belajarnya pasti akan lebih menyenangkan dan bersemangat.

Ibu sekarang sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan PDX dan GOS serta perannya di dalam tubuh si Kecil. Bila anak mengonsumsi susu formula, yuk pastikan ada kandungan serat dan nutrisi penting untuk sistem imun serta tumbuh kembangnya.

Ibu bisa memulainya dengan menyajikan nutrisi yang mengandung PDX GOS. Salah satu nutrisi  tersebut ada di dalam susu yang diformulasikan secara spesial.

Susu formula ini memiliki kombinasi nutrisi unik dengan prebiotik (PDX:GOS), Beta-glucan, dan kadar Omega 3 dan 6 tinggi yang terbukti klinis meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Dengan meminum susu ini, si Kecil memiliki peluang lebih baik untuk menghindari penyakit pernapasan seperti pilek, flu, sakit tenggorokan, dan penyakit lain yang menunggu di sekolah ataupun selama di rumah.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
infeksi saluran pernapasan pada anak

Tips Anak Cepat Pulih Saat Terkena Infeksi Saluran Pernapasan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 21 April 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
cara kerja prebiotik

Bagaimana Cara Kerja Prebiotik dalam Meningkatkan Imunitas Anak?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 16 April 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
infeksi saluran pernapasan anak

4 Penyakit Infeksi Saluran Napas yang Rentan Terjadi pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 16 April 2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
penyebab infeksi saluran napas pada anak

5 Kebiasaan yang Buat Anak Rentan Kena Infeksi Saluran Napas

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 16 April 2020 . Waktu baca 5 menit