Manfaat Menyusui Pasca Operasi Caesar bagi Ibu dan Bayi

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Manfaat menyusui pasca operasi caesar (sesar) harus didapatkan oleh si Kecil yang terlahir melalui prosedur ini. Hal tersebut dikarenakan proses persalinan caesar diyakini dapat mempengaruhi imunitas si Kecil. 

Gangguan terhadap imunitas si Kecil yang terlahir caesar dapat terjadi akibat si Kecil tidak mendapatkan bakteri baik dari jalur lahir saat proses persalinan. Terlebih lagi, kekurangan bakteri baik dalam tubuh dapat menyebabkan si Kecil mudah terserang penyakit. 

Oleh karena itu, upaya pemberian ASI eksklusif atau menyusui penting dilakukan untuk mendukung imunitas tubuh si Kecil yang terlahir caesar.

Persiapan menyusui setelah operasi caesar

bayi lahir caesar

Tak sedikit Mama yang merasa kesulitan untuk menyusui pasca operasi caesar. Pasalnya, ada beberapa keluhan yang umum dirasakan Mama saat ingin menyusui, seperti merasa sakit akibat luka bekas operasi, kelelahan, dan sulit bergerak pasca operasi.

Hal-hal tersebut ternyata dapat mempengaruhi suplai ASI menjadi sedikit. Oleh karena itu, dibutuhkan cara-cara yang bisa mendorong upaya Mama menyusui setelah operasi caesar.

Cara mendukung inisiasi menyusui pasca operasi caesar

Untuk membantu Mama dan si Kecil mendapatkan manfaat dari inisiasi menyusui pasca operasi caesar, Mama disarankan untuk melakukan hal-hal berikut:

  • Lakukan kontak kulit ke kulit dengan bayi dalam 24 jam pertama usai melahirkan
  • Cobalah untuk menyusui bayi sesering dan selama yang mereka inginkan agar suplai ASI cukup
  • Mintalah bantuan bidan atau dokter jika memerlukan bantuan dan saran tentang menyusui
  • Berkonsultasi dengan bidan atau dokter tentang cara memerah ASI untuk merangsang suplai ASI
  • Menentukan posisi menyusui yang paling nyaman untuk Mama dan si Kecil
  • Jika luka di perut masih terasa sakit, letakkan bantal untuk melindunginya saat menyusui

Selain enam cara di atas, dukungan dari orang terdekat Mama juga dapat mempengaruhi upaya menyusui. Bagi orang terdekat Mama, usahakan untuk siap membantu Mama yang melahirkan dengan operasi caesar agar bisa fokus menyusui dan beristirahat di masa pemulihannya.

Manfaat menyusui pasca operasi caesar

puting susu lecet saat menyusui

Secara umum, menyusui merupakan salah satu cara bagi Mama dan si Kecil untuk dekat dengan satu sama lain. Menyusui juga dapat mengurangi rasa sedih dan penyesalan pada Mama yang melahirkan secara caesar, serta memberikan kepuasan karena Mama telah memberikan yang terbaik untuk bayinya.

Selain itu, menyusui sering dikaitkan dengan manfaat kesehatan pada bayi, seperti peningkatan imunitas. Berikut tiga manfaat penting menyusui yang harus Mama ketahui untuk si Kecil yang terlahir caesar.

1. Melindungi si Kecil dari infeksi penyakit di awal kehidupannya

Usai persalinan, tubuh Mama akan memproduksi kolostrum atau ASI pertama yang keluar dari payudara. ASI yang kental dan berwarna putih kekuningan ini lebih banyak mengandung protein, dan lebih sedikit mengandung karbohidrat dan lemak dibandingkan ASI yang sudah matang.

Kolostrum berperan penting dalam memberikan kekebalan tubuh dan nutrisi ideal untuk si Kecil yang baru lahir. Selain itu, kolostrum juga kaya akan immunoglobulin A (IgA) yang mampu melindungi tubuh si Kecil dari infeksi penyakit di awal kehidupannya.

2. Meningkatkan ikatan antara Mama dan si Kecil

Menyusui juga memiliki dampak psikologis baik untuk Mama dan bayi. Berdasarkan penelitian dari University of Virginia, menyusui dapat mempengaruhi perkembangan otak, kognitif dan sosial-emosional anak, yang meliputi:

  • Daya ingat, kemampuan bahasa dan kecerdasan yang lebih baik
  • Perkembangan proses mielinisasi otak (pembentukan penghubung sel otak) yang lebih cepat
  • Agresivitas dan temperamen pada anak yang lebih rendah

Sementara pada Mama, menyusui dapat mengurangi kecemasan, mood yang negatif, dan stres. Selain itu, Ibu menyusui juga memiliki pola tidur yang lebih lama dan berkualitas dibandingkan Mama yang memberikan susu formula.

3. Mendukung sistem imunitas tubuh si Kecil selama masa pertumbuhannya

manfaat menyusui setelah caesar

Tahukah Mama? Si Kecil yang terlahir caesar kehilangan kesempatan mendapatkan paparan bakteri baik dari jalur lahir yang dapat membantu mendukung imunitasnya. Untuk itu, si Kecil membutuhkan probiotik atau bakteri baik lima kali lebih banyak, sehingga pemberian ASI merupakan solusi utama untuk mendukung imunitasnya.

Hal ini dikarenakan ASI memiliki nutrisi lengkap yang dibutuhkan untuk memperkuat imunitas si Kecil yang terlahir caesar, seperti probiotik dan prebiotik.  

Faktor probiotik dapat mendukung imunitas dan meningkatkan kesehatan saluran cerna si Kecil. Misalnya, Bifidobacterium dan Lactobacillus, bakteri baik yang paling banyak hidup di saluran cerna. Bakteri baik ini juga berperan untuk mencegah infeksi penyakit, dan mengurangi risiko alergi, asma dan penyakit kronis lainnya.

Selain itu, ASI juga memiliki faktor prebiotik atau makanan untuk bakteri baik dalam saluran cerna. Contoh dari prebiotik adalah FOS (fructo-oligosaccharide) dan GOS (galacto-oligosaccharide) yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik pada saluran cerna.

Sementara itu, ada juga kombinasi probiotik dan prebiotik, yaitu sinbiotik yang mampu mengembalikan kolonisasi bakteri baik pada saluran cerna si Kecil yang terlahir caesar agar imunitas tubuhnya menjadi optimal.

Untuk informasi lebih lanjut tentang persiapan persalinan caesar, Mama bisa membaca mengenai informasi #SiapLewatiCaesar. Jangan lupa untuk konsultasikan dengan dokter juga ya, Ma.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Melahirkan Bayi Besar: Lebih Baik Normal Atau Caesar?

Melahirkan bayi besar dapat menyulitkan Anda pada saat proses kelahiran, baik jika Anda melahirkan normal atau lewat operasi caesar. Mana yang lebih baik?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Persalinan, Melahirkan, Kehamilan 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit

Cara Menyamarkan Bekas Luka Operasi Caesar

Bekas luka operasi caesar bukan hanya lama sembuhnya, tapi kadang meninggal bekas yang mengganggu penampilan. Bagaimana cara menyamarkannya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Perawatan Ibu, Perawatan Setelah Persalinan, Kehamilan 10 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Efek Operasi Caesar Terhadap Imunitas Si Kecil & Cara Pulihkannya

Operasi caesar memiliki efek terhadap imunitas si Kecil akibat hilangnya paparan bakteri baik dari tubuh ibu. Ketahui cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Nadhila Erin
Konten Bersponsor
efek operasi caesar
Melahirkan, Kehamilan 8 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

10 Pertanyaan yang Paling Sering Diajukan Seputar ASI Eksklusif

ASI eksklusif adalah pemberian ASI untuk bayi sampai usianya mencapai 6 bulan. Namun, sudahkah Anda paham betul semua hal mengenai ASI eksklusif?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Bayi, Parenting, Menyusui 6 Oktober 2020 . Waktu baca 15 menit

Direkomendasikan untuk Anda

perawatan luka post sc cara merawat bekas luka operasi caesar

Begini Cara Mudah Merawat Bekas Luka Operasi Caesar (Post SC)

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 13 menit
bekas jahitan caesar pada tubuh

Proses dan Tahapan Pemulihan Setelah Menjalani Operasi Caesar

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 17 Februari 2021 . Waktu baca 13 menit
menstruasi setelah melahirkan

Tak Kunjung Menstruasi Setelah Melahirkan, Apakah Normal?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 5 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
operasi caesar

Operasi Caesar

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit