backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Hak dan Kewajiban Siswa di Sekolah, Bukan Cuma Belajar

Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita · General Practitioner · None


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 27/02/2023

Hak dan Kewajiban Siswa di Sekolah, Bukan Cuma Belajar

Setiap orang punya hak dan kewajiban, termasuk anak usia sekolah. Hak dan kewajiban ini bisa berbeda di setiap tempat, tetapi umumnya berlaku sama bagi kebanyakan orang. Begitupun dengan halnya kewajiban anak sebagai siswa di sekolah.

Apa yang wajib dilakukan siswa atau pelajar di sekolah mungkin berbeda dengan kewajiban anak ketika di rumah. Namun, seluruh siswa umumnya harus melaksanakan kewajiban ini untuk kepentingan dirinya sendiri dan bersama.

Berbagai kewajiban siswa di sekolah

Di mana pun sekolah yang Anda pilih untuk anak, ia harus melaksanakan kewajiban yang berlaku.

Selain belajar bertanggung jawab, melaksanakan kewajiban ini juga membantu anak mencapai kesuksesan di sekolah hingga di tempat lainnya pada masa mendatang.

Jadi, apa sebagai kewajiban sebagai pelajar di sekolah? Berikut beberapa contohnya yang perlu anak Anda lakukan.

1. Mematuhi peraturan yang berlaku

anak sehat saat sekolah

Hal utama yang perlu siswa lakukan adalah mematuhi peraturan atau tata tertib yang berlaku di sekolah.

Mematuhi peraturan sekolah dapat membantu anak belajar mengikuti instruksi atau arahan serta melatih anak bertanggung jawab dan bersikap disiplin.

Namun, setiap sekolah mungkin memiliki isi tata tertib atau peraturan yang berbeda, misalnya jam masuk sekolah, seragam yang digunakan, dan sebagainya.

Jadi, ketika anak akan masuk sekolah, cari tahu apa saja peraturan yang berlaku di sekolahnya. Ikuti serta jaga sikap dan ketertiban selama bersekolah.

2. Berperilaku baik serta sopan santun

Sebagai seorang pelajar, anak memiliki kewajiban untuk berperilaku baik serta sopan dan santun kepada guru, teman, dan semua pihak di sekolah.

Cobalah untuk menjadi pelajar yang baik dengan duduk tenang dan mendengarkan guru selama pelajaran berlangsung serta tidak mengganggu teman-teman lain yang sedang belajar.

Anak juga perlu bersikap sopan santun kepada guru atau orang yang lebih tua di sekolah. Sebaiknya selalu ucapkan “terima kasih” setelah mendapat pelajaran dan katakan “tolong” jika butuh bantuan.

Selain membantu kelancaran pelajaran di kelas, berperilaku baik juga turut menjaga nama baik sekolah, guru, dan pelajar lainnya di mata masyarakat.

3. Mengikuti kegiatan belajar

Kewajiban utama seorang pelajar, yaitu mengikuti kegiatan belajar, termasuk ujian, di sekolah. Melansir laman Texarkana College, salah satu alasan siswa gagal dalam sekolah adalah bolos.

Jadi, sebaiknya ikuti kegiatan belajar sesuai dengan jadwal pelajaran dan periode waktu yang sudah ditentukan, kecuali ada kondisi tertentu yang mengharuskan anak absen.

Misalnya, anak bisa absen bila ia sakit atau ada hal tak terduga yang mengharuskan anak pulang. Namun, sebaiknya berikan surat keterangan sakit atau izin dari orangtua jika anak berhalangan hadir ke sekolah.

Jangan lupa untuk mengumpulkan PR yang diberikan oleh guru secara tepat waktu. PR sebaiknya dikerjakan di rumah lebih awal untuk mendukung kegiatan belajar di sekolah.

4. Menghargai dan menghormati

Tunjukkan sikap toleransi serta menghargai dan menghormati selama di sekolah, baik kepada teman, guru, atau warga sekolah lainnya.

Selama di sekolah, siswa akan berhadapan dengan banyak orang yang berbeda dengan berbagai pendapat dan pandangan yang berbeda pula.

Saling menghormati dan menghargai perbedaan merupakan kunci untuk membangun kerukunan di sekolah.

5. Menjaga kebersihan sekolah

menjaga kebersihan sekolah

Kebersihan sekolah bukan hanya kewajiban petugas kebersihan, tetapi juga semua pihak, termasuk siswa.

Anak dapat menjaga kebersihan sekolah dengan membuang sampah ke tempat sampah serta meletakkan tas atau barang-barang di lemari atau meja agar tidak berserakan di lantai.

Menjaga kebersihan diri juga bisa membantu sekolah tetap bersih serta terhindar dari penyebaran kuman penyakit. Sebagai contoh, anak perlu rutin mencuci tangan atau menutup mulut ketika bersin.

6. Ikut merawat gedung dan fasilitas sekolah

Bukan cuma menjaga kebersihan, siswa juga berkewajiban untuk ikut merawat gedung, halaman, perabotan, serta properti lainnya yang ada di sekolah.

Gunakan properti milik sekolah dengan sebaik mungkin tanpa merusaknya. Kembalikan properti sekolah yang sudah dipakai ke tempatnya.

Pastikan juga tembok gedung serta perabotan milik sekolah lainnya tidak dicoret-coret atau dirusak.

7. Datang tepat waktu

Kewajiban anak lainnya sebagai siswa di sekolah, yaitu datang tepat waktu. Siswa harus datang ke sekolah sesuai jam yang ditentukan dan pulang ketika kegiatan dan jam pelajaran sudah selesai.

Perhatikan pula hari-hari tertentu yang mengharuskan siswa datang lebih pagi. Misalnya ketika anak akan ujian atau melaksanakan upacara bendera setiap hari senin.

Pastikan anak tidak terlambat ke sekolah. Agar tidak terlambat, atur waktu tidur, bangun, sarapan, dan berangkat ke sekolah. Pertimbangkan pula kemacetan di jalan jika lokasi sekolah jauh dari rumah.

8. Persiapkan keperluan sekolah

Salah satu kunci sukses di sekolah, yaitu siap untuk bersekolah. Salah satu kewajiban siswa di sekolah adalah mempersiapkan segala keperluan yang mendukung kegiatan belajar.

Ini termasuk buku pelajaran, buku tulis, alat tulis, atau barang lain yang diminta atau disarankan oleh guru.

Persiapkan keperluan-keperluan sekolah ini sebelum memasuki masa sekolah. Mempersiapkannya sejak awal tentu membuat anak lebih siap menerima materi pembelajaran.

9. Bertanya kepada guru jika kesulitan

Jangan sungkan untuk bertanya kepada guru di kelas jika siswa mengalami kesulitan. Ini merupakan kewajiban anak sebagai siswa di sekolah untuk mendukung proses belajarnya.

Bila ada penjelasan dari guru yang kurang jelas atau siswa merasa bingung dan sulit memahami pelajaran, wajib hukumnya untuk bertanya kepada guru.

10. Mengikuti kegiatan sekolah

Kegiatan sekolah bukan hanya belajar mengajar di kelas. Namun, ada banyak kegiatan sekolah lainnya yang wajib untuk diikuti oleh setiap siswa.

Salah satu yang rutin dilakukan, yaitu upacara pengibaran bendera merah putih yang umum dilakukan setiap senin serta saat HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

Anak juga bisa bebas memilih dan mengikuti ekstrakurikuler yang disediakan pihak sekolah.

Berbagai hak siswa di sekolah

Di samping kewajibannya, siswa atau pelajar juga memiliki hak-hak yang bisa dan patut didapat. Berikut adalah berbagai hak pada siswa di sekolah.

  • Belajar dan mendapatkan ilmu pengetahuan.
  • Mengikuti setiap kegiatan di sekolah tanpa ada diskriminasi.
  • Mendapatkan guru yang berkualitas dan fasilitas yang baik.
  • Hak atas penilaian yang adil.
  • Mendapatkan perlindungan dan keamanan dari pihak sekolah.
  • Mengekspresikan diri secara bebas, termasuk berpendapat.
  • Mendapatkan perlakuan baik.

Itulah hak-hak serta kewajiban-kewajiban yang patut diperoleh serta dilakukan oleh siswa. Kewajiban-kewajiban di atas perlu diterapkan secara berkelanjutan.

Jika anak Anda mengalami kesulitan menjalankannya, diskusikan dengan guru dan pihak sekolah untuk mendukung kelancaran belajar di sekolah.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Damar Upahita

General Practitioner · None


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 27/02/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan