Perkembangan Anak Usia 5 Tahun

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 25 Agustus 2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Perkembangan Anak Usia 5 Tahun

Bagaimana seharusnya perkembangan anak usia 5 tahun?

Selamat, anak Anda genap berusia 5 tahun! Tentu di usia ini, perkembangan si kecil sudah lebih baik dibandingkan anak usia 4 tahun

Umumnya, perkembangan anak usia 5 tahun sudah mencapai beberapa hal, seperti:

  • Menyeimbangkan tubuh selama 1-6 detik dengan mengangkat satu kaki.
  • Jungkir balik dan melompat.
  • Memanjat.
  • Mampu menggambar manusia dengan bagian tubuhnya (misalnya kepala, tangan, kaki, jari, telinga, mulut, mata, hidung).
  • Meniru atau menyalin bentuk gambar orang lain (misalnya segitiga, kotak, lingkaran).
  • Mampu memakai sendok garpu sendiri.
  • Mengulang cerita yang didengar.
  • Membuat kalimat terdiri dari 5 kata.
  • Menyikat gigi sendiri.
  • Menyiapkan sarapan sendiri.
  • Melepaskan dan memakai pakaian sendiri.
  • Menunjuk dan mengucapkan 1-6 jenis warna.

Pada dasarnya proses perkembangan anak berbeda-beda sehingga kemungkinan tidak semua poin di atas dimiliki oleh si kecil.

Perkembangan anak usia 5 tahun dibagi menjadi beberapa hal, mulai dari kemampuan motorik kasar dan halus, bahasa dan komunikasi, sampai sosial dan emosional.

Agar lebih jelas, berikut penjelasan lengkapnya.

Kemampuan motorik kasar

Dilihat dari grafik Denver II, perkembangan anak usia  5 tahun dari aspek motorik kasar, tampak anak semakin aktif bergerak. Ia akan banyak berlari, memanjat, melompat di tempat.

Si kecil juga sudah mampu menyeimbangkan tubuh selama 1-6 detik dengan mengangkat satu kaki, melompat-lompat seperti kelinci, bahkan sampai jungkir balik.

Anda mungkin merasa si kecil terlalu banyak gerak dan terkesan pecicilan. Namun, hal ini sebenarnya termasuk dalam perkembangan motorik kasar anak. Biarkan anak aktif bergerak, tapi tetap dengan pengawasan.

Melihat gerakan anak yang semakin lincah, tentu Anda merasa khawatir dengan keamanannya. Tidak perlu sampai melarang, awasi anak dari jauh dan ajak anak bermain di tempat yang aman.

Kemampuan motorik halus

Bagaimana cara mengetahui kemampuan motorik halus di perkembangan anak umur 5 tahun, dalam keadaan baik? Semua terlihat dalam grafik Denver II, yaitu gambar anak tidak lagi berupa coretan, tapi lebih terlihat bentuknya. 

Bahkan di usia ini, anak mampu meniru atau menyalin gambar orang lain, seperti bentuk kotak, segitiga, lingkaran, kerucut, dan lainnya.

Anak usia 5 tahun juga sudah bisa menggambar orang, lengkap dengan bagian tubuhnya. Anda akan melihat si kecil bisa menggambar kepala, tangan, kaki, telinga, rambut, mata, hidung, dan mulut. 

Selain itu, perkembangan anak usia 5 tahun bergerak lebih baik ditandai ketika anak sudah bisa menyusun balok menjadi menara dengan memakai 5-9 buah balok. Kreativitas anak semakin terasah dalam perkembangan anak 5 tahun.

Kemampuan bahasa dan komunikasi

Apakah anak Anda banyak bertanya banyak hal yang sering kali sulit dijelaskan dengan sederhana?

Semakin anak sering bertanya, sebenarnya itu tanda bahwa kemampuan bahasa anak semakin baik. Saat ini, pelafalan anak juga semakin jelas dan mudah dimengerti.

Lauren Krause, Kepala Patologi Bahasa-Bicara di Rumah Sakit Anak La Rabida Chicago menjelaskan bahwa di usia 5 tahun, si kecil sudah bisa mengekspresikan diri dengan lebih jelas. 

Di perkembangan anak usia 5 tahun, si kecil sudah bisa menceritakan kembali kisah yang didengarnya, lalu menyusun kalimat yang membuat anak lebih dimengerti. 

“Di usia ini, anak juga mulai proses membaca, jadi penting untuk membacakan anak cerita dan melatih kemampuan baca sendiri,” jelas Krause. 

Apa yang dijelaskan Krause sejalan dengan grafik Denver II. Si kecil sudah mengerti penempatan kata dan merangkai kalimat dengan 5 kata. Anak juga sudah bisa menyebutkan dan menunjukkan 1-6 jenis warna.

Mengutip dari Pregnancy Birth Baby, beberapa anak di usia 5 tahun sudah mulai bicara dengan keterangan waktu yang tepat. Sebagai contoh, anak mengatakan “kemarin aku pergi sama ayah ke kebun binatang” atau “besok ibu pergi ke rumah nenek”.

Bahkan di perkembangan anak usia 5 tahun, ia sudah mulai bisa berbohong atau menutupi kejujuran. Sebagai contoh, ia tidak mengaku ketika menghilangkan mainan temannya.

Kemampuan sosial dan emosional

Kemandirian anak semakin terlihat dalam perkembangan balita anak usia 5 tahun. Ia semakin mahir untuk melakukan kegiatan sendiri.

Sebagai contoh, ia sudah bisa menyiapkan sarapan, melepas dan memakai pakaian, bermain papan interaktif, mampu memahami peraturan dalam permainan.

Menurut Childmind, anak juga sudah memiliki kesukaan dengan menyanyi, menari, dan berakting. 

Tidak perlu heran kalau anak Anda sudah cukup kooperatif saat bermain dengan temannya. Di usia 5 tahun, ia sudah bisa mengerti bahwa ada orang lain yang harus dipedulikan.

Meski memang tidak bisa dipungkiri bahwa anak usia 5 tahun sering mengeluarkan sifat egois dan ingin menang sendiri. Perahatikan bila ia tidak bisa mengendalikan emosinya karena bisa menajdi tanda gangguan emoisonal pada anak.

Kemampuan anak usia 5 tahun dari perkembangan emosional semakin terlihat ketika si kecil mulai lebih santai saat jauh dari orangtua dan lebih senang bermain dengan teman.

Di usia ini, anak Anda mulai belajar tentang makna pertemanan dan merasa senang ketika temannya juga senang.

Bagaimana cara membantu perkembangan anak umur 5 tahun?

Anda ingin membantu perkembangan anak umur 5 tahun agar bergerak positif? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar pertumbuhan anak Anda tetap dalam keadaan baik.

Ajak menggambar sebagai sarana melampiaskan emosi

Di perkembangan anak umur 5 tahun, emosi anak sedang meledak-ledak dan terkadang sulit dikendalikan. Maka, sangat penting untuk mengajarkan anak mengendalikan emosinya, seperti senang, sedih, marah, atau saat anak merasa stres.

Anda bisa mengajarkan kegiatan menggambar sebagai sarana melampiaskan emosi tersebut. Bila  kurang berpengaruh, ajak anak untuk menarik napas panjang agar emosi bisa lebih diredam.

Membuat kebiasaan dengan peraturan sederhana

Untuk mengarahkan anak usia 5 tahun, Anda bisa membuat peraturan sederhana dan dilakukan berulang. Sebagai contoh, selesai dari luar rumah beri arahan untuk menyimpan sandal di tempatnya dan mencuci tangan.

Anda juga bisa membiasakan si kecil untuk hati-hati saat menyebrang jalan dengan kalimat sederhana tapi mudah dimengerti. Sebagai contoh “lihat kiri kanan sebelum menyebrang jalan” atau “simpan piring di dapur” ketika selesai makan sesuai gizi anak.

Tidak lupa untuk melakukannya secara berulang sehingga anak menjadi terbiasa dengan aturan tersebut.

Memberi pujian

Pujian di sini tidak perlu berlebihan, seperlunya di saat tertentu. Anda bisa memujinya ketika ia melakukan aturan dan kebiasaan baik yang sudah ditentukan, seperti buang sampah pada tempatnya atau menyimpan piring di dapur.

Ini membuat anak lebih percaya diri dan merasa dihargai. Tak lupa juga ucapkan terima kasih tentang apa yang sudah anak lakukan hari itu.

Menjadi contoh untuk anak

Anak adalah peniru ulung, jadi bila ingin ia berbuat baik, orangtua perlu memberi contoh padanya. Anak akan memperhatikan ketika orangtua tidak menaati aturan yang sudah dibuat.

Sebagai contoh, menyimpan sepatu di sembarang tempat atau menaruh baju kotor di kasur.

Kesehatan Anak Usia 5 Tahun

Apa yang harus didiskusikan dengan dokter untuk perkembangan anak usia 5 tahun?

Di usia 5 tahun, ada anak yang sudah mulai sekolah sehingga perkembangan anak Anda dan yang lain bisa terlihat.

Memang perkembangan anak berbeda-beda, tapi Anda perlu waspada bila si kecil terlihat menunjukkan hal ini:

  • Tidak bisa fokus pada suatu kegiatan selama 5 menit.
  • Tidak merespon ketika diajak bicara.
  • Anak terlambat bicara
  • Memiliki sikap yang ekstrim (misalnya, agresif, mudah marah, menangis, atau malu).
  • Tidak bisa membuat kalimat yang benar.
  • Tidak bisa menggambar.
  • Tidak bisa melakukan beberapa kegiatan sendiri (misalnya, menyikat gigi, mencuci dan mengeringkan tangan, melepas baju).
  • Kehilangan kemampuan yang sudah dimiliki sebelumnya.
  • Tidak bisa menyebutkan nama secara lengkap.
  • Tidak antusias saat diajak bermain interaktif dan imajinatif.

Bila anak Anda mengalami beberapa kondisi di atas, segera berkonsultasi dengan dokter agar segera ditangani. Dokter memiliki beberapa terapi untuk membantu perkembangan anak usia 5 tahun menjadi lebih baik.

Hal yang Harus Diperhatikan

Apa yang harus diperhatikan di perkembangan anak umur 5 tahun?

Dalam perkembangan anak umur 5 tahun, Anda akan menyadari bahwa si kecil sudah tidak lagi memiliki pipi gembil atau tubuh yang berisi.

Anak usia 5 tahun mulai kehilangan lemaknya dan mulai menambah otot. Jadi, jangan khawatir ketika si kecil tidak lagi menggemaskan dengan lemak yang banyak di tubuhnya, karena ini adalah hal wajar.

Namun, tetap berikan asupan gizi terbaik untuk anak guna menunjang perkembangannya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Jenis dan Porsi Makanan Penambah Berat Badan untuk Balita

Memiliki balita yang sulit naik berat badan, tentu membuat ibu pusing. Berikut beberapa makanan penambah berat badan balita yang bisa dicoba.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Parenting, Nutrisi Anak 20 Maret 2020 . Waktu baca 7 menit

Usia Berapa Anak Mulai Belajar Berlari?

Sudah mampu berdiri dan berjalan sendiri, di usia berapa anak mulai akan belajar berlari? Dan bagaimana cara ortu bantu melatihnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 11 Januari 2020 . Waktu baca 5 menit

Idealnya, Berapa Kali Balita Buang Air Besar dalam Seminggu?

Tidak sedikit orangtua yang khawatir saat balitanya sering atau jarang BAB. Adakah patokan angka normal untuk balita buang air besar dalam sehari?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Serat Anak, Parenting, Nutrisi Anak 11 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit

Tahapan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 1-5 Tahun

Memahami perkembangan bahasa balita sangat penting untuk memantaunya. Berikut tahap perkembangan bahasa balita usia 2-5 tahun.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 2 Desember 2019 . Waktu baca 11 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kepala bayi terbentur

Yang Harus Dilakukan Saat Kepala Bayi Terbentur

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
kebutuhan cairan anak balita

Seberapa Banyak Kebutuhan Cairan Anak Balita Usia 2-5 Tahun?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 14 April 2020 . Waktu baca 7 menit
kebutuhan protein balita

Panduan Seputar Kebutuhan Protein untuk Balita Usia 2-5 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 10 April 2020 . Waktu baca 7 menit
gizi pada balita

Panduan Memenuhi Kebutuhan Gizi Balita Usia 1-5 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 20 Maret 2020 . Waktu baca 11 menit