Mengulik Manfaat Susu Organik untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Di tengah kian menjamurnya beragam produk susu di pasaran, susu sapi organik bisa dijadikan pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Susu organik sendiri artinya produk tersebut diproses tanpa tambahan bahan kimia. Selain lebih sehat, susu organik tentu lebih alami bagi si kecil. Para ahli pun meyakini bahwa susu organik memiliki potensi untuk menjaga daya tahan tubuh anak agar tak mudah sakit.

Mengulik kandungan dan manfaat susu organik

anak minum susu sapi

Susu merupakan salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan anak-anak. Nah, supaya mendapatkan asupan nutrisi yang optimal, susu organik bisa jadi pilihan terbaik untuk anak Anda.

Anda mungkin sudah pernah dengar sayuran dan buah-buahan organik. Namun, bagaimana dengan susu organik? Susu organik adalah susu yang berasal dari sapi organik pilihan dari peternakan yang telah tersertifikasi.

Pakan dan kualitas tempat tinggal sapi perah harus benar-benar terjamin keamanannya. Ya, sapi harus diberi makan rumput organik yang tidak menggunakan pupuk kimia atau pestisida.

Air minum dan kandang sapi juga harus bersih dan tidak boleh tercemar zat berbahaya. Sapi organik pun dipelihara dengan baik tanpa menggunakan antibiotik atau suntik hormon pertumbuhan.

Pada prinsipnya, organik berarti segala hal yang terbebas dari bahan kimia tambahan. Itu sebabnya, manfaat susu organik untuk daya tahan tubuh anak dipercaya lebih kuat ketimbang susu biasa.

Manfaat susu organik untuk daya tahan tubuh anak

Sistem kekebalan tubuh anak yang belum sempurna membuat mereka rentan mengalami berbagai penyakit. Namun, Anda tak perlu khawatir. Pemilihan asupan nutrisi yang tepat merupakan kunci untuk menjaga daya tahan tubuh anak supaya mereka tidak cepat sakit.

Sejumlah penelitian terbaru menemukan bahwa susu organik dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak. Hal ini berkat kandungan sejumlah senyawa baik di dalamnya. Yuk, pelajari apa saja manfaat susu organik untuk daya tahan tubuh anak dalam ulasan berikut.

Membantu melawan peradangan

anak harus minum susu

Manfaat susu organik untuk daya tahan tubuh anak didapatkan dari senyawa laktoferin yang terkandung di dalamnya.

Laktoferin adalah protein yang secara alami terkandung dalam ASI. Namun, bila anak sudah tidak mendapatkan ASI, laktoferin juga bisa didapatkan dari susu sapi. Laktoferin membantu menjaga daya tahan tubuh anak supaya terhindar dari berbagai penyakit. Dengan begitu, anak pun tak cepat jatuh sakit.

Penelitian menemukan bahwa kandungan laktoferin pada susu organik membantu kerja sistem imun anak. Sifat antimikroba dan antiradang yang dimiliki laktoferin juga diketahui bermanfaat untuk melawan jamur dan kuman pembawa penyakit sekaligus mengurangi peradangan. Nah, fungsi tersebut dapat mempercepat pemulihan ketika anak jatuh sakit akibat infeksi.

Mencegah penyakit

Sebuah penelitian dalam British Journal of Nutrition tahun 2016 menguak bahwa susu sapi organik mengandung lebih banyak vitamin E daripada susu sapi biasa. Tingginya kandungan vitamin E pada susu sapi organik ini diduga karena sapi yang tinggal di peternakan organik makan rumput dengan kualitas yang lebih baik dan alami. Dengan begitu, susu yang dihasilkan sapi organik pun jadi lebih kaya vitamin.

Nah, vitamin E berfungsi untuk memperkuat sistem imun anak terhadap virus dan bakteri penyebab penyakit. Ini karena vitamin E mampu melawan radikal bebas sekaligus bertugas untuk mendorong pembentukan sel darah merah. Sel darah merah sendiri berperan penting dalam kerja sistem imun.

Maka itu, jangan ragukan lagi manfaat susu organik untuk daya tahan tubuh anak.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Susu Penambah Berat Badan Betulan Ampuh Bikin Berisi?

Anda mungkin tergoda untuk minum suplemen susu penambah berat badan agar badan lebih berisi. Namun, apa betulan ampuh dan efektif?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Tips Berat Badan Naik, Nutrisi 7 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Minum Susu, Lebih Baik Sebelum Atau Sesudah Makan?

Kebanyakan orang lebih memilih minum susu di pagi hari atau sebelum tidur. Lalu kapan waktu terbaik minum susu siang-siang: sebelum atau setelah makan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Tips Makan Sehat, Nutrisi 6 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Mana yang Lebih Sehat, Minum Susu Kambing Atau Susu Sapi?

Baik susu kambing dan susu sapi diyakini sama-sama memiliki banyak manfaat kesehatan. Lantas, mana yang lebih baik: susu sapi atau susu kambing?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Fakta Gizi, Nutrisi 2 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Hanya Minum Susu untuk Sarapan, Sehatkah Kebiasaan Ini?

Banyak orang minum susu untuk sarapan karena praktis dan mudah disiapkan. Namun, apakah kebiasaan tersebut benar-benar sehat ?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Fakta Gizi, Nutrisi 22 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

susu sapi vs susu kedelai

Susu Sapi vs Susu Kedelai, Mana yang Lebih Bernutrisi?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
manfaat laktosa

4 Manfaat Laktosa untuk Tumbuh Kembang si Kecil dan Pemberiannya

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Nadhila Erin
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
azoospermia adalah

Azoospermia (Air Mani Tidak Mengandung Sperma)

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 4 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
manfaat mandi susu adalah

Manfaat Mandi Susu untuk Kulit dan Cara Melakukannya di Rumah

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 27 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit