home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengulik Manfaat Susu Organik untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Mengulik Manfaat Susu Organik untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Di tengah kian menjamurnya beragam produk susu di pasaran, susu sapi organik bisa dijadikan pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Susu organik sendiri artinya produk tersebut diproses tanpa tambahan bahan kimia. Selain lebih sehat, susu organik tentu lebih alami bagi si kecil. Para ahli pun meyakini bahwa susu organik memiliki potensi untuk menjaga daya tahan tubuh anak agar tak mudah sakit.

Mengulik kandungan dan manfaat susu organik

anak minum susu sapi

Susu merupakan salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan anak-anak. Nah, supaya mendapatkan asupan nutrisi yang optimal, susu organik bisa jadi pilihan terbaik untuk anak Anda.

Anda mungkin sudah pernah dengar sayuran dan buah-buahan organik. Namun, bagaimana dengan susu organik? Susu organik adalah susu yang berasal dari sapi organik pilihan dari peternakan yang telah tersertifikasi.

Pakan dan kualitas tempat tinggal sapi perah harus benar-benar terjamin keamanannya. Ya, sapi harus diberi makan rumput organik yang tidak menggunakan pupuk kimia atau pestisida.

Air minum dan kandang sapi juga harus bersih dan tidak boleh tercemar zat berbahaya. Sapi organik pun dipelihara dengan baik tanpa menggunakan antibiotik atau suntik hormon pertumbuhan.

Pada prinsipnya, organik berarti segala hal yang terbebas dari bahan kimia tambahan. Itu sebabnya, manfaat susu organik untuk daya tahan tubuh anak dipercaya lebih kuat ketimbang susu biasa.

Manfaat susu organik untuk daya tahan tubuh anak

Sistem kekebalan tubuh anak yang belum sempurna membuat mereka rentan mengalami berbagai penyakit. Namun, Anda tak perlu khawatir. Pemilihan asupan nutrisi yang tepat merupakan kunci untuk menjaga daya tahan tubuh anak supaya mereka tidak cepat sakit.

Sejumlah penelitian terbaru menemukan bahwa susu organik dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak. Hal ini berkat kandungan sejumlah senyawa baik di dalamnya. Yuk, pelajari apa saja manfaat susu organik untuk daya tahan tubuh anak dalam ulasan berikut.

Membantu melawan peradangan

anak harus minum susu

Manfaat susu organik untuk daya tahan tubuh anak didapatkan dari senyawa laktoferin yang terkandung di dalamnya.

Laktoferin adalah protein yang secara alami terkandung dalam ASI. Namun, bila anak sudah tidak mendapatkan ASI, laktoferin juga bisa didapatkan dari susu sapi. Laktoferin membantu menjaga daya tahan tubuh anak supaya terhindar dari berbagai penyakit. Dengan begitu, anak pun tak cepat jatuh sakit.

Penelitian menemukan bahwa kandungan laktoferin pada susu organik membantu kerja sistem imun anak. Sifat antimikroba dan antiradang yang dimiliki laktoferin juga diketahui bermanfaat untuk melawan jamur dan kuman pembawa penyakit sekaligus mengurangi peradangan. Nah, fungsi tersebut dapat mempercepat pemulihan ketika anak jatuh sakit akibat infeksi.

Mencegah penyakit

Sebuah penelitian dalam British Journal of Nutrition tahun 2016 menguak bahwa susu sapi organik mengandung lebih banyak vitamin E daripada susu sapi biasa. Tingginya kandungan vitamin E pada susu sapi organik ini diduga karena sapi yang tinggal di peternakan organik makan rumput dengan kualitas yang lebih baik dan alami. Dengan begitu, susu yang dihasilkan sapi organik pun jadi lebih kaya vitamin.

Nah, vitamin E berfungsi untuk memperkuat sistem imun anak terhadap virus dan bakteri penyebab penyakit. Ini karena vitamin E mampu melawan radikal bebas sekaligus bertugas untuk mendorong pembentukan sel darah merah. Sel darah merah sendiri berperan penting dalam kerja sistem imun.

Maka itu, jangan ragukan lagi manfaat susu organik untuk daya tahan tubuh anak.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Giansanti, F., Panella, G., Leboffe, L., & Antonini, G. (2016). Lactoferrin from Milk: Nutraceutical and Pharmacological Properties. Pharmaceuticals9(4), 61. doi:10.3390/ph9040061

Palupi E, e. (2019). Comparison of nutritional quality between conventional and organic dairy products: a meta-analysis. – PubMed – NCBI Ncbi.nlm.nih.gov. Retrieved 1 July 2019, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22430502

Benbrook, C., Butler, G., Latif, M., Leifert, C., & Davis, D. (2013). Organic Production Enhances Milk Nutritional Quality by Shifting Fatty Acid Composition: A United States–Wide, 18-Month Study. Plos ONE8(12), e82429. doi:10.1371/journal.pone.0082429

Średnicka-Tober, D., Barański, M., Seal, C., Sanderson, R., Benbrook, C., & Steinshamn, H. et al. (2016). Higher PUFA and n-3 PUFA, conjugated linoleic acid, α-tocopherol and iron, but lower iodine and selenium concentrations in organic milk: a systematic literature review and meta- and redundancy analyses. British Journal Of Nutrition115(6), 1043-1060. doi:10.1017/s0007114516000349

Organic Dairy Production. (2019). Omafra.gov.on.ca. Retrieved 1 July 2019, from http://www.omafra.gov.on.ca/english/livestock/dairy/facts/10-087.htm

Badan Pengawas Obat dan Makanan. Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia HK.00.06.52.0100 Tentang Pengawasan Pangan Olahan Organik.

Vitamin E (2017). Medline Plus. Retrieved 2 July 2019, from https://medlineplus.gov/ency/article/002406.htm

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Tanggal diperbarui 24/07/2019
x