Apakah Suplemen Kolagen Memang Efektif dan Penting Bagi Tubuh?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Anda tertarik untuk minum suplemen kolagen? Kolagen adalah salah satu jenis protein alami yang diproduksi dalam tubuh Anda. Bagian tubuh yang paling banyak menyimpan protein khusus ini adalah otot, tulang, kulit, pembuluh darah, urat, dan sistem pencernaan. Fungsi kolagen bagi tubuh yaitu menjaga kekenyalan dan kekuatan kulit, menggantikan sel-sel kulit mati, serta mencegah pengeroposan tulang.

Namun, semakin bertambah usia, kemampuan tubuh dalam meproduksi kolagen akan berkurang. Inilah yang membuat kulit orang lanjut usia (lansia) jadi lebih keriput dan kering. Lalu bagaimana cara meningkatkan kolagen dalam tubuh? Apakah boleh dengan minum suplemen kolagen?

Perlukah minum suplemen kolagen?

Kolagen termasuk sumber protein yang tidak mudah ditemukan dari sumber bahan pangan. Anda perlu mengonsumsi jenis-jenis nutrisi tertentu untuk memicu produksi kolagen di dalam tubuh. Nutrisi yang diperlukan untuk menghasilkan kolagen dalam tubuh antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta protein. Anda bisa mendapatkan asupan beragam jenis vitamin dan protein ini dari makanan segar seperti sayur, buah, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

Jika asupan kolagen alami untuk tubuh Anda masih kurang, Anda dapat memenuhinya dari suplemen kolagen. Saat ini, sudah banyak beredar suplemen kolagen untuk membantu menutrisi tubuh Anda.

Suplemen kolagen boleh dan baik dikonsumsi, dengan syarat Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter dan ahli gizi Anda. Ini untuk menentukan apakah Anda memang memerlukan tambahan kolagen dari suplemen atau tidak. Dalam memilih suplemen kolagen, kandungan kolagennya harus sesuai dengan takaran kebutuhan tubuh Anda.

Kenali berbagai jenis suplemen kolagen

Berbagai suplemen kolagen tersedia di pasaran dalam berbagai sediaan. Suplemen kolagen oral tersedia dalam bentuk pil umumnya untuk membantu meringankan gejala osteoarthritis.

Salep atau krim yang mengandung kolagen juga tersedia. Suntik kolagen juga menjadi salah satu bentuk tambahan suplemen kolagen. Selain itu, suntikan kolagen umumnya digunakan untuk membantu mengurangi keriput, tapi penggunaannya tidak boleh sembarangan, harus dengan ahli medis.

konsumsi suplemen multivitamin

Efek samping minum suplemen kolagen

Sama halnya dengan obat-obatan, suplemen kolagen juga memiliki beberapa efek samping yang perlu Anda ketahui. Hal ini yang membuat Anda perlu berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum Anda minum suplemen kolagen. Berikut beberapa efek samping dari suplemen kolagen.

1. Tingkat kalsium tinggi

Kadar kalsium tinggi atau hiperkalsemia kemungkinan dapat terjadi karena efek samping dari suplemen kolagen. Tablet kolagen yang berasal dari sumber laut, seperti tulang rawan ikan hiu, mengandung kalsium dalam jumlah tinggi, yang secara signifikan dapat meningkatkan kadar kalsium orang yang mengonsumsi suplemen ini.

Kadar normal kalsium dalam tubuh berkisar antara 8,5 sampai 10,2 mg/dl, jika lebih tinggi dari 10.2mg/dl dianggap hiperkalsemia. Terlalu banyak kalsium dalam tubuh menyebabkan konstipasi, nyeri tulang, kelelahan, mual, muntah dan irama jantung yang tidak normal.

2. Reaksi hipersensitivitas

Reaksi hipersensitivitas dapat terjadi sebagai efek samping dari penggunaan suplemen kolagen. Dilansir dari National Institute of Allergy and Infectious Diseases, reaksi hipersensitivitas terjadi sebagai respon tidak normal dari sistem kekebalan tubuh terhadap alergen seperti makanan, obat-obatan, dan suplemen.

Suplemen kolagen yang berasal dari ikan kerang dan sumber laut lainnya dapat menyebabkan reaksi alergi. Suplemen kolagen lain yang berasal dari telur dan turunannya juga bisa menyebabkan sensitivitas makanan.

3. Bau mulut

Suplemen kolagen yang terbuat dari sumber laut biasanya meninggalkan rasa dan bau tidak sedap pada mulut orang yang mengonsumsinya. Minum jus buah bersama dengan suplemen kolagen dapat mengurangi bau tidak sedap di mulut.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tanpa Disadari, Hal-Hal Ini Bisa Menyebabkan Bulu Mata Rontok

Bulu mata membantu membangun karakter wajah seseorang. Tidak heran jika bulu mata rontok bisa bikin Anda minder. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Pori-pori wajah yang besar dan tidak rata bisa mengganggu penampilan. Masker alami bisa mengecilkan pori-pori, Anda bisa memilih sesuai dengan tipe kulit.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Penuaan

Setiap orang akan mengalami penuaan. Gaya hidup dan riwayat kesehatan membuat orang bisa mengalami penuaan lebih dini. Apa saja tandanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Lansia 12 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Benarkah Lulur Ekstrak Bengkoang Bisa Memutihkan Kulit?

Produk perawatan kulit biasanya mengandung bahan yang diklaim dapat memutihkan kulit, seperti bengkoang. Apa benar ekstrak bengkoang bisa memutihkan kulit?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 8 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

skincare anti-aging usia 50 tahun

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
tips waxing di rumah

Tips Melakukan Waxing di Rumah Dengan Bahan-bahan Alami

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
cara menghilangkan hitam di leher

Leher Hitam? Atasi dengan Cara Mudah Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
brazilian blowout

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit