Melphalan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Penggunaan

Untuk apa melphalan?

Melphalan adalah obat yang digunakan untuk mengobati jenis kanker tertentu. Beberapa di antaranya seperti multiple myeloma dan kanker ovarium.

Obat ini tergolong kelas obat kanker yang dikenal sebagai alkylating agen yang bkerja dengan cara memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh. 

Dokter mungkin dapat meresepkan obat melphalan untuk kebutuhan lain yang tidak disebutkan dalam artikel ini.

Bagaimana cara pakai obat melphalan?

Ikuti semua petunjuk pemakaian obat yang tertera pada label resep dan baca semua panduan pengobatan atau lembar instruksi dengan teliti. Jangan ragu untuk bertanya ke dokter bila Anda belum paham betul cara pakainya.

Telan obat secara utuh dengan bantuan segelas air putih. Menghancurkan, menghaluskan, atau menggerus obat dapat menurunkan efektivitasnya dan mungkin memicu efek samping.

Obat ini biasanya diminum sehari sekali pada saat perut kosong, alias sebelum makan. Namun, tanyakan pada dokter kapan waktu terbaik untuk mengonsumsinya dan seberapa lama Anda harus menggunakan obat ini. Untuk memudahkan Anda mengingat jadwal minum obat, buatlah pengingat di buku catatan atau ponsel.

Dokter mungkin akan mengarahkan Anda untuk minum setiap hari selama kurun waktu beberapa minggu kemudian diselingi masa rehat untuk sementara waktu. Setelah masa rehat, dokter dapat mengarahkan pasien untuk memulai kembali terapi pengobatan setiap hari. 

Gunakan obat sesuai dosis yang dianjurkan dokter. Jangan menambahkan dan mengurangi dosis obat sembarangan tanpa lebih dulu berkonsultasi ke dokter. Pemberian dosis obat oleh dokter disesuaikan dengan kondisi medis, respons pasien terhadap pengobatan, serta hasil pemeriksaan darah pasien. Itu sebabnya, setiap orang mungkin mendapatkan dosis obat yang berbeda. 

Jangan berhenti minum obat tanpa berbicara dulu dengan dokter, bahkan jika Anda merasa mual atau muntah. Jika Anda muntah sesaat setelah minum obat, atau jika Anda melewatkan satu dosis, segera hubungi dokter. 

Selama menggunakan obat ini, perbanyaklah minum air putih. Mengonsumsi banyak cairan dapat membantu ginjal Anda untuk mengeluarkan obat dari tubuh dan menghindari sejumlah efek samping. Di sisi lain, hal tersebut juga dapat mencegah dehidrasi, yang dapat memperparah kondisi Anda.

Bila kondisi Anda tidak membaik atau malah semakin memburuk setelah menggunakan obat ini, segeralah berobat ke dokter. Dokter dapat mengubah dosis atau meresepkan obat lain yang lebih aman dengan kondisi Anda. 

Bagaimana cara penyimpanan melphalan?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda.

Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis melphalan untuk orang dewasa?

Dosis obat untuk orang dewasa berkisar dari 150 sampai 300 mikrogram (mcg) per hari. Obat diminum selama 4 sampai 6 hari, kemudian diulang setelah 4 sampai 8 minggu.

Pada prinsipnya, dosis obat untuk setiap orang mungkin bisa berbeda. Pemberian dosis obat biasanya disesuaikan dengan usia, kondisi kesehatan pasien secara menyeluruh, serta respon mereka terhadap pengobatan.

Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau apoterk sebelum mengonsumsi obat jenis apa pun. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda mengonsumsi obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Bagaimana dosis melphalan untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis pasti untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak bila digunakan secara asal.

Oleh sebab itu, untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah melphalan tersedia?

Melphalan tersedia dalam dosis-dosis dan bentuk kapsul atau cairan suntikan.

Efek Samping

Efek samping yang bisa terjadi saat mengonsumsi obat melphalan?

Setiap obat pada dasarnya berpotensi menyebabkan efek samping. Meski begitu, tidak semua orang merasakan efek samping. Efek samping obat ini pun dapat berkisar dari yang ringgan hingga berat.

Beberapa efek samping paling umum dan sering dikeluhkan orang setelah menggunakan obat ini di antaranya:

  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Bercak putih atau luka di dalam mulut atau bibir
  • Rambut rontok
  • Ruam kemerahan
  • Kulit gatal
  • Badan lemas tidak bertenaga
  • Menstruasi tidak teratur

Dalam kasus yang jarang terjadi, obat ini dapat menyebabkan efek samping yang serius, seperti masalah hati yang ditandai dengan penyakit kuning. Efek samping lain yang mungkin terjadi adalah susah napas, menstruasi berhenti sama sekali, dan lain sebagainya.

Obat ini juga dapat menyebabkan syok anafilaksis, yang merupakan reaksi alergi parah. Syok anafilaksis dapat menyebabkan kehilangan kesadaran atau bahkan kematian bila tidak segera diobati. Kondisi ini biasanya ditandai dengan:

  • Gatal-gatal di sebagian atau sekujur tubuh
  • Sesak napas
  • Detak jantung yang lemah dan cepat
  • Pembengkakan di tenggorokan, bibir, dan wajah
  • Ruam kemerahan di kulit

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan melphalan?

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan lakukan sebelum mengonsumsi obat ini, di antaranya:

  • Beri tahu dokter dan apoteker jika Anda memiliki alergi terhadap melphalan atau komponen lain yang terkandung dalam bahan ini. Tanyakan kepada dokter daftar bahan-bahannya.
  • Beri tahu dokter dan apoteker perihal semua obat-obatan yang sedang dan akan rutin Anda konsumsi. Entah itu obat resep, nonresep, serta obat alami yang berbahan herbal.
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah mengonsumsi obat ini sebelumnya, tapi tidak membuat kanker membaik. 
  • Beri tahu dokter jika Anda telah menjalani terapi radiasi atau kemoterapi lainnya baru-baru ini.
  • Beri tahu dokter dan apoteker bila Anda sedang atau pernah mengalami penyakit ginjal dan penyakit hati. 
  • Beri tahu dokter dan apoteker bila Anda mengalami sistem imun yang lemah, entah karena penyakit atau efek samping dari obat tertentu.
  • Beri tahu dokter dan apoketer bila Anda akan atau baru melakukan vaksinasi.

Penting untuk diketahui bahwa obat ini berpotensi mengganggu siklus menstruasi pada wanita. Sementara pada pria, obat ini mungkin dapat menghentikan produksi sperma untuk sementara atau selamanya. Alhasil, obat ini kemungkinan dapat menyebabkan infertilitas (sulit hamil). Meski begitu, perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikannya. 

Obat ini dapat membahayakan janin. Maka dari itu, bila Anda berencana atau sedang hamil, sebaiknya hindari mengonsumsi obat ini. Bicarakan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Apakah melphalan aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut Food and Drugs Administration (FDA) di Amerika Serikat, atau setara dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Indonesia.

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A = Tidak berisiko
  • B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C = Mungkin berisiko
  • D = Ada bukti positif dari risiko
  • X = Kontraindikasi
  • N = Tidak diketahui

Sementara untuk ibu menyusui, belum ada bukti jelas apakah obat ini membahayakan bayi atau tidak. Untuk menghindari berbagai kemungkinan negatif, jangan minum obat ini sembarangan atau tanpa seizin dokter.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan melphalan?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam artikel ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker.

Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Sejumlah obat-obatan yang berpotensi menyebabkan interaksi negatif dengan obat ini di antaranya carmustine, cimetidine, cisplatin, cyclosporine, atau interferon alfa. 

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan melphalan?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau pada saat waktu sekitar makan pada makanan atau makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi.

Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan melphalan?

Adanya masalah medis tertentu dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter  jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama:

  • Leukopenia (rendahnya sel darah putih dalam darah)
  • Trombositopenia (trombosit rendah dalam darah)
  • Cacar
  • Herpes zoster (shingles)
  • Encok
  • Batu ginjal
  • Infeksi tertentu
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit hati

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat. Bawalah kotak obat, wadah, atau label ketika akan pergi ke rumah sakit untuk membantu dokter dengan informasi yang diperlukan.

Ketika seseorang mengalami overdosis, berbagai gejala yang mungkin muncul yaitu:

  • Tekanan darah yang terlalu rendah (hipotensi) yang membuat kepala menjadi pusing
  • Pingsan
  • Detak jantung cepat dan tidak teratur
  • Detak jantung lebih lambat dari kondisi normal

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Jika Anda melewatkan dosis, minum segera setelah Anda ingat. Jika mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlewat dan lanjutkan jadwal pemberian dosis Anda. Jangan gunakan dosis ekstra untuk mengganti dosis yang terlewat.

Jika Anda terus ketinggalan dosis, pertimbangkan untuk mengatur alarm atau meminta anggota keluarga untuk mengingatkan Anda.

Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk membahas perubahan dalam jadwal dosis Anda atau jadwal baru untuk menebus dosis yang terlewat, jika Anda telah melewatkan terlalu banyak dosis baru-baru ini.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Share now :

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 31, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca