Imboost

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020
Bagikan sekarang

Fungsi dan Kegunaan

Untuk apa obat Imboost digunakan?

Imboost adalah suplemen untuk meningkatkan metabolisme dan daya tahan tubuh. Dalam Imboost terdapat kandungan echinacea purpurea 250 mg dan zinc picolinate 10 mg.

Kombinasi echinacea dan zinc picolinate dalam suplemen Imboost diyakini dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh. Hal ini utamanya karena kandungan echinacea di dalamnya.

Echinacea mengandung empat jenis senyawa aktif yang bekerja sama meningkatkan sistem imun, yaitu alkamida, glikoprotein, polisakarida dan turunan asam caffeic. Meski demikian, efektivitas echinacea untuk menangkal penyakit hingga kini masih menjadi perdebatan.

Manfaat echinacea untuk membantu daya tahan tercatat dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine yang dilakukan oleh Cardiff University.

Penelitian tersebut melaporkan bahwa konsumsi suplemen echinacea setiap hari selama 4 bulan menurunkan risiko tertular flu hingga 26 persen. Suplemen ini juga membantu mempercepat pemulihan tubuh pada orang yang terkena flu

Sementara itu, studi dalam jurnal Cochrane Database of Systematic Reviews dan satu dari jurnal Annals of Internal Medicine justru berkata sebaliknya. Echinacea belum terbukti ampuh untuk mencegah dan mengobati pilek serta flu.

Secara umum, echinacea sampai saat ini dilaporkan berpotensi sebatas membantu meringankan gejala pilek dan flu, serta mempercepat pemulihannya hingga paling banyak setengah hari. Namun, tidak mengobati penyakitnya.

Di sisi lain, zinc picolinate dapat membantu memenuhi asupan zink bagi ibu hamil. Zink penting untuk menunjang proses tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Zink picolinate juga merupakan salah satu mineral yang dapat membantu mengatasi masalah jerawat dan membantu tubuh membuang racun (detoksifikasi)

 Zinc picolinate adalah jenis zink yang paling mudah diserap ke dalam tubuh dibanding dengan jenis zinc lainnya.

Cara pakai

Bagaimana aturan pakai Imboost?

Gunakan obat ini sesuai dengan aturan pakai yang tertera pada kemasan atau ikuti anjuran dokter Anda.

Untuk Imboost dalam bentuk tablet, minumlah dengan segelas air putih. Untuk sirup, gunakan sendok takar yang disediakan di dalam kemasan produk. Jangan gunakan sendok rumahan karena berpotensi salah menuangkan dosis produk.

Untuk Imboost dalam bentuk effervescent, larutkan tablet dalam segelas air. Setelah semuanya larut, segera minum hingga habis.

Bagaimana cara menyimpan suplemen ini?

Suplemen ini paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari sinar matahari langsung dan tempat yang lembap. Jangan menyimpannya di kamar mandi atau membekukannya di freezer.

Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram Imboost ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlaku obat telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau instansi pembuangan sampah setempat mengenai bagaimana cara aman membuang obat Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis Imboost untuk dewasa?

Berikut adalah dosis suplemen ini untuk orang dewasa:

Tablet

Untuk dewasa, minum 1 kaplet 3 kali dalam satu hari.

Tablet effervescent

Minum 1-2 tablet per hari.

Berapa dosis Imboost untuk anak-anak?

Berikut adalah dosis suplemen ini untuk anak-anak:

Tablet kunyah

  • Untuk anak usia di atas 6 tahun, 2 tablet sebanyak 3 kali sehari
  • Untuk anak usia di bawah 6 tahun, 2 tablet sebanyak 1-2 kali sehari

Sirup

  • Untuk anak usia di atas 6 tahun, minum 1 sendok teh sebanyak 3 kali dalam sehari.
  • Untuk anak usia di bawah 6 tahun, minum ½ sendok teh sebanyak 3 kali dalam sehari.

Dalam sediaan apa suplemen ini tersedia?

Imboost adalah obat yang tersedia dalam sediaan berikut:

  • Tablet 10 dan 4 butir (strip): mengandung ekstrak Echinacea purpurea 250 mg, Zinc Piccolinate 10 mg
  • Tablet effervescent dalam tube: mengandung konsentrat Echinacea Purpurea 250mg, Zinc Picolinate 10mg, Vitamin C 500mg
  • Imboost Kids Tablet Hisap: mengandung ekstrak Echinacea purpurea 125 mg, Zn Piccolinate 2,5 mg
  • Imboost Kids Sirup: mengandung ekstrak Echinacea purpurea 250 mg, Zn Piccolinate 5 mg

Efek Samping

Apa efek samping dari Imboost?

Suplemen Imboost dapat menyebabkan beberapa efek samping. Efek samping yang dapat terjadi antara lain:

  • Mual
  • Mati rasa
  • Kesemutan pada bibir atau lidah, dan rasa tidak enak di mulut dapat terjadi

Jika efek ini berlanjut atau memburuk, beri tahu dokter Anda.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap produk ini jarang terjadi. Biasanya, risiko alergi akan lebih tinggi jika Anda memiliki asma, reaksi alergi yang sering atau ruam kulit, atau demam.  

Cari pertolongan medis segera jika Anda melihat salah satu gejala berikut dari reaksi alergi serius (anafilaktik):

  • Ruam
  • Gatal atau bengkak (terutama pada wajah, lidah, dan tenggorokan)
  • Pusing parah
  • Sulit bernapas

Tidak semua orang mengalami efek samping di atas. Mungkin pula ada efek samping yang belum disebutkan di atas. 

Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda. Jika Anda melihat efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker Anda.

Efek samping Echinacea purpurea

Tanaman echinacea punya risiko efek samping yang rendah. Efek samping yang paling umum adalah sakit perut.

Namun, beberapa orang mungkin saja memiliki alergi terhadap tanaman echinacea sebagai berikut:

  • Ruam
  • Memburuknya gejala asma
  • Anafilaksis (kesulitan bernapas)
  • Anda mungkin berisiko lebih tinggi mengalami reaksi terhadap echinacea jika Anda alergi terhadap tanaman lain dalam keluarga bunga daisy. Ini termasuk ragweed, bunga krisan, dan marigold.

Echinacea mungkin juga tidak aman bagi orang yang menggunakan obat-obatan tertentu. Contohnya adalah beberapa obat untuk masalah jantung seperti amiodarone (Cordarone, Pacerone), dan beberapa obat anti-jamur. Kombinasi echinacea dengan obat-obatan tersebut dapat menyebabkan kerusakan hati.

Beberapa ahli mengatakan Anda tidak boleh minum teh echinacea setiap hari selama 8 minggu tanpa henti.  Ini akan menimbulkan beberapa efek kesehatan atau reaksi jangka panjang.

Efek samping zinc picolinate

Zinc picolinate tidak memiliki efek samping jika Anda mengonsumsinya dalam dosis normal sesuai yang disarankan suplemen Imboost ini. Namun, Anda tidak boleh melebihi jumlah zinc picolinate yang direkomendasikan oleh dokter atau sesuai takaran label suplemen.

Menurut Dietary Guidelines for Americans, 2015-2020, asupan zinc yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 8 mg per hari untuk wanita dan 11 mg per hari untuk pria.  

Anak-anak membutuhkan lebih sedikit zinc, tapi wanita remaja usia 14-18 tahun butuh zinc 9 mg per hari.

Mengonsumsi zinc picolinate terlalu banyak dapat  mencegah penyerapan zat besi dan tembaga oleh tubuh. Akhirnya, tubuh kekurangan mineral tersebut.

Ada baiknya ada konsultasikan pada dokter Anda tentang suplemen apa pun yang Anda konsumsi.

Pencegahan dan Peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum pakai Imboost?

Sebelum menggunakan Imboost, beri tahu dokter Anda tentang obat-obatan yang Anda konsumsi sekarang, misalnya vitamin, suplemen, atau herbal. Jangan lupa juga untuk menjelaskan riwayat penyakit yang Anda punya sebelum menggunakan obat ini.

Beberapa kondisi kesehatan mungkin membuat Anda lebih rentan terhadap efek samping obat. Ambil takaran obat sesuai arahan dokter Anda atau ikuti arahan yang tercetak pada sisipan label produk.  

Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap Imboost atau bahan lainnya yang terkandung dalam obat ini. Selain itu, periksakan diri Anda untuk mengetahui jika Anda memiliki alergi lain, misalnya terhadap makanan, pewarna, atau hewan tertentu.

Disarankan untuk tidak mengonsumsi obat ini apabila Anda sedang hamil atau menyusui. Beberapa kondisi penyakit autoimun atau penyakit lain yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh disarankan untuk tidak menggunakan suplemen ini. 

Apakah suplemen ini aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak diketahui keamanan dan efek samping obat ini untuk ibu hamil dan menyusui. Selalu konsultasi terlebih dulu pada dokter atau bidan sebelum menggunakan obat apa pun, jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.

Interaksi

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Imboost?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan, termasuk obat-obatan resep, nonresep, dan produk herbal. Selalu konsultasikan pada dokter atau apoteker mengenai potensi interaksi obat yang ada. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Interaksi dengan echinacea

Berikut adalah beberapa obat yang mungkin dapat berinteraksi dengan echinacea dalam Imboost:

1. Kafein

Echinacea dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk memecah kafein. Mengonsumsi kafein dengan suplemen atau teh echinacea dapat menyebabkan kafein dalam aliran darah jadi terlalu banyak. Alhasil, kondisi ini dapat menyebabkan efek samping umum seperti gelisah, sakit kepala, dan detak jantung yang cepat

2. Obat-obatan yang berinteraksi dengan sistem kekebalan tubuh

Echinacea dalam Imboost dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi echinacea bersamaan dengan obat-obatan berikut ini akan mengurangi efektivitas obat yang menurunkan sistem kekebalan tubuh:

  • azathioprine (Imuran)
  • basiliximab (Simulect)
  • cyclosporine ( Neoral, Sandimmune)
  • daclizumab (Zenapax)
  • muromonab-CD3 (OKT3, Orthoclone OKT3)
  • mycophenolate (CellCept)
  • tacrolimus (FK506, Prograf)
  • sirolimus (Rapamune)
  • prednison (Deltasone, Oracoxic)
  • kortikosteroid

3. Obat-obatan lainnya

Beberapa obat harus diubah dan diuraikan oleh tubuh.  Echinacea dapat mengubah cara tubuh memecah beberapa obat. Mengonsumsi echinacea bersama dengan beberapa obat dapat meningkatkan efek samping dari beberapa obat. Sebelum minum echinacea, bicarakan dengan dokter Anda jika Anda mengonsumsi obat yang diubah oleh tubuh.

Beberapa obat yang diubah oleh tubuh termasuk:

  • lovastatin (Mevacor)
  • clarithromycin (Biaxin),
  • cyclosporine (Neoral, Sandimmune)
  • diltiazem (Cardizem)
  • estrogen, indinavir (Crixivan)
  • triazolam (Halcion)

Interaksi dengan zinc picolinate

Sementara itu, berikut adalah daftar obat yang berpotensi berinteraksi dengan zinc picolinate:

1. Interaksi dengan obat antibiotik

Zinc picolinate dalam Imboost dapat mengurangi khasiat antibiotik yang diserap tubuh. Untuk menghindari interaksi ini, gunakan suplemen yang mengandung zinc picolinate setidaknya 1 jam setelah minum antibiotik. Beberapa antibiotik yang mungkin berinteraksi dengan zinc antara lain termasuk:

  • ciprofloxacin (Cipro)
  • enoxacin (Penetrex)
  • norfloxacin (Chibroxin, Noroxin)
  • sparfloxacin (Zagam)
  • trovafloxacin (Trovan)
  • grepafloxacin (Raxar)
  • demeclocycline (Declomycin)
  • minocycline (Minocin)
  • tetracycline (Achromycin)

2. Interaksi dengan cisplatin (Platinol-AQ) dan penicillamine

Cisplatin (Platinol-AQ) adalah obat yang digunakan untuk mengobati kanker. Mengonsumsi obat atau suplemen yang mengandung zinc b cisplatin (Platinol-AQ) dapat meningkatkan efek dan efek samping dari cisplatin (Platinol-AQ).

Penicillamine adalah obat yang digunakan untuk penyakit Wilson dan rheumatoid arthritis. Mineral zinc dapat mengurangi berapa banyak penicillamine yang diserap tubuh Anda dan mengurangi efektivitas penicillamine.

3. Berinteraksi dengan Amiloride (Midamor)

Amiloride sering disebut sebagai “pil air”. Fungsinya membantu menghilangkan kelebihan air dari dalam tubuh tubuh. Efek lain dari amiloride (Midamor) adalah dapat meningkatkan jumlah zinc di dalam tubuh. Mengonsumsi suplemen yang mengandung zinc, termasuk Imboost, dengan obat amiloride (Midamor) dapat menyebabkan Anda memiliki terlalu banyak zinc dari dalam tubuh Anda.

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep atau nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter

Makanan dan minuman apa yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Imboost?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dengan makanan dapat terjadi.

Merokok tembakau atau mengonsumsi alkohol dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi.

Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang dapat berinteraksi dengan suplemen ini?

Beberapa kondisi kesehatan tertentu dapat mengganggu kerja obat ini, seperti penyalahgunaan alkohol.

Orang-orang yang memiliki penyakit autoimun seperti rematik (rheumatoid arthritis) juga disarankan tidak mengonsumsi suplemen yang mengandung echinacea.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis Imboost?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal 112 (ambulans) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Jika Anda melewatkan satu dosis, segera minum sesegera mungkin saat Anda ingat. Namun, jika Anda baru ingat saat mendekat jadwal selanjutnya, abaikan saja dosis yang terlupa.

Lanjutkan jadwal minum obat seperti semula. Jangan menggandakan dosis suplemen/obat dalam satu kali minum obat.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Paramex

    Paramex adalah obat sakit kepala. Cari tahu informasi dosis dan cara pakai Paramex di Hello Sehat. Termasuk risiko efek samping dan keamanannya.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph

    Pahami Obat Salut Selaput, Jenis Obat Pengontrol Dosis Dalam Tubuh

    Apa Anda tahu apa yang dimaksud dengan tablet salut selaput? Apa fungsinya? Baca info lengkapnya di artikel Hello Sehat berikut ini.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari

    Jangan Sampai Salah, Begini Cara Menggunakan Obat Tetes Hidung yang Benar

    Menggunakan obat tetes hidung tidak boleh sembarangan. Supaya tidak salah pakai, ikuti panduan penggunaan obat tetes hidung berikut ini.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji

    Jelly Gamat

    Jelly gamat adalah suplemen herbal. Cari tahu tentang fungsi, efek samping, keamanan, dan interaksi obat ini di Hello Sehat.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari

    Direkomendasikan untuk Anda

    cara menyimpan obat padat

    Jangan Sembarangan, Berikut Cara Menyimpan Obat Padat yang Benar

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Dipublikasikan tanggal: 17/04/2020
    vasodilator

    Vasodilator, Obat untuk Memperlebar Pembuluh Darah

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Dipublikasikan tanggal: 16/03/2020
    obat herbal penyakit hati

    4 Obat Herbal yang Efek Sampingnya Meningkatkan Risiko Penyakit Hati

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 11/10/2019
    obat yang merusak mata

    Hati-hati, Sembarang Minum 4 Obat Ini Dapat Merusak Saraf Mata

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: dr. Laura Agnestasia Dj.
    Dipublikasikan tanggal: 31/08/2019