backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Manfaat Kombinasi Vitamin C dan Echinacea untuk Daya Tahan Tubuh Anda

Ditinjau secara medis oleh dr. Yusra Firdaus


Ditulis oleh Aprinda Puji · Tanggal diperbarui 18/12/2020

    Manfaat Kombinasi Vitamin C dan Echinacea untuk Daya Tahan Tubuh Anda

    Setiap orang memiliki daya tahan tubuh yang berbeda-beda. Ini merupakan kemampuan tubuh untuk melawan patogen (bibit penyakit) atau zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Saat daya tahan tubuh lemah, tubuh menjadi cenderung menurun pertahanannya untuk melawan penyakit sehingga kemungkinan besar lebih mudah jatuh sakit.

    Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dan echinacea memiliki potensi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Penasaran bagaimana kombinasi vitamin c dan echinacea memelihara daya tahan tubuh Anda tetap kuat? Simak ulasannya pada artikel di bawah ini.

    Manfaat vitamin C untuk daya tahan tubuh

    Penyakit pilek atau flu, mudah menular dari penderita ke orang lain, termasuk Anda. Bila daya tahan tubuh Anda sedang melemah, penyakit ini menyerang Anda lebih mudah bahkan gejalanya bisa lebih parah. Walaupun tubuh dapat pulih dalam beberapa hari, gejala yang ditimbulkan oleh pilek atau flu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

    Perasaan lemah dan nyeri tubuh membuat Anda tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas. Ditambah lagi dengan gejala demam, bersin, dan hidung meler semakin membuat Anda sibuk untuk membersihkan ingus. Jadi, masih ingin terus-terusan kena pilek atau flu?

    Nah, untuk mencegah Anda dari penyakit tersebut, tubuh memerlukan beberapa nutrisi penting. Salah satunya yang paling populer adalah vitamin C. Vitamin ini tidak diproduksi secara alami oleh tubuh sehingga Anda perlu mendapatkannya dari makanan, seperti buah jeruk, kentang, tomat, paprika, kubis, brokoli, dan bayam.

    Lalu, apa itu echinacea?

    bunga echinacea

    Ada tanaman yang sudah lama dikenal ampuh untuk mendukung daya tahan tubuh, yaitu echinacea. Tanaman yang memiliki mahkota bunga berwarna ungu ini banyak ditemukan di Amerika Utara dan dikenal sebagai obat herbal tradisional. Bagian yang sering dimanfaatkan untuk pengobatan adalah bunga, akar, dan daun.

    Pada bagian akar kaya akan minyak atsiri yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, sementara bagian daun dan bunga mengandung lebih banyak polisakarida yang merangsang fungsi kekebalan tubuh.

    Kombinasi vitamin C dan echinacea untuk daya tahan tubuh

    Vitamin C memiliki banyak peran penting dalam tubuh. Vitamin ini membantu tubuh untuk membentuk pembuluh darah, tulang rawan, otot, dan kolegan dalam tulang sehingga penting untuk proses penyembuhan. Kemudian, vitamin C juga membantu penyerapan zat besi lebih baik. Selain itu, vitamin C juga diperlukan oleh tubuh dalam mengolah lemak menjadi energi serta merangsang perkembangan sel darah putih yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

    Selain itu, sebanyak 14 studi yang diterbitkan dalam jurnal Lancet Infectious Disease di University of Connecticut menetapkan bahwa echinacea mampu mempercepat proses pemulihan tubuh dari flu sebesar 58 persen sekaligus mempercepat penyembuhan pilek biasa hampir satu setengah hari.

    Namun, semua itu dipengaruhi oleh tingkat dosis echinacea. Sebanyak 10 miligram echinacea per berat badan, diminum setiap hari selama 10 hari, efektif sebagai stimulan sistem kekebalan tubuh. Kombinasi antara vitamin C dan echinacea tentu memberikan perlindungan lebih besar pada Anda dari penyakit.

    Selain vitamin C dan echinacea, ada berbagai vitamin, mineral, dan bahan alami lainnya yang juga mendukung sistem kekebalan tubuh, seperti zinc, magnesium, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin E, dan ginseng. Keseluruhan zat tersebut mendukung kinerja sistem kekebalan tubuh secara maksimal dan mengurangi peradangan akibat virus, bakteri, atau zat asing lainnya.

    Bukan hanya dari makanan, Anda dapat dengan mudah memperoleh semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk memelihara daya tahan tubuh dengan suplemen daya tahan tubuh. Saat ini, banyak suplemen daya tahan tubuh dalam berbagai bentuk, effervescent yang larut dalam air, maupun bentuk tablet yang siap makan (tablet kunyah/hisap).

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Yusra Firdaus


    Ditulis oleh Aprinda Puji · Tanggal diperbarui 18/12/2020

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan