Nama Generik: Halcinonide Merek: .

Penggunaan

Untuk apa halcinonide?

Halcinonide umumnya digunakan untuk mengobati berbagai jenis kondisi kulit (contoh, eksim, infeksi kulit, alergi, ruam). Halcinonide mengurangi pembengkakan, rasa gatal, dan kemerahan yang dapat terjadi dalam kondisi jenis ini. Obat ini sangat kuat akan kortikosteroid.

Bagaimana cara penggunaan halcinonide?

Gunakan Halcinonide hanya pada bagian kulit. Jangan gunakan obat ini pada wajah, pangkal paha, atau ketiak kecuali diarahkan untuk melakukannya oleh dokter Anda.

Cuci dan keringkan tangan Anda. Sebelum menggunakan obat ini, bersihkan dan keringkan permukaan yang terinfeksi. Oleskan sedikit Halcinonide ke permukaan yang terinfeksi dan usap perlahan, biasanya 2-3 kali sehari atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Jangan tutup, balut, atau bungkus permukaan yang terinfeksi kecuali diarahkan oleh dokter Anda. Jika digunakan di popok seorang bayi, jangan gunakan popok yang ketat atau celana panjang berbahan plastik.

Setelah mengoleskan obat ini, cuci tangan Anda kecuali jika Anda menggunakan obat ini untuk mengobati tangan Anda. Ketika mengoleskan obat ini di dekat mata, hindari mata Anda terkena obat ini karena akan berakibat buruk atau mengakibatkan glaukoma. Hindari obat ini pada mata, hidung, atau mulut. Jika Anda mendapati daerah ini terkena Halcinonide, bilas dengan air yang banyak.

Gunakan obat ini hanya untuk kondisi yang telah ditentukan. Jangan gunakan obat ini lebih lama dari waktu yang telah ditentukan.

Bagaimana cara penyimpanan halcinonide?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis halcinonide untuk orang dewasa?

Dosis orang dewasa untuk infeksi kulit:

Oleskan sedikit ke permukaan yang terinfeksi 2 sampai 3 kali sehari.

Dosis orang dewasa untuk eksim:

Oleskan sedikit ke permukaan yang terinfeksi 2 sampai 3 kali sehari.

Dosis orang dewasa untuk infeksi kulit kronis:

Oleskan sedikit ke permukaan yang terinfeksi 2 sampai 3 kali sehari.

Bagaimana dosis halcinonide untuk anak-anak?

Dosis anak-anak untuk infeksi kulit:

Oleskan sedikit ke permukaan yang terinfeksi 2 sampai 3 kali sehari.

Dosis anak-anak untuk eksim:

Oleskan sedikit ke permukaan yang terinfeksi 2 sampai 3 kali sehari.

Dosis anak-anak untuk infeksi kulit kronis:

Oleskan sedikit ke permukaan yang terinfeksi 2 sampai 3 kali sehari.

Dalam dosis apakah halcinonide tersedia?

Halcinonide tersedia dalam dosis-dosis sebagai berikut:

Krim, Luar: 0.1% (30 g, 60 g, 216 g)

Obat salep, Luar: 0.1% (30 g, 60 g)

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena halcinonide?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hentikan penggunaan obat ini dan hubungi dokter Anda sesekali jika Anda mengalami iritasi berat dari pengobatan kulit, atau jika Anda melihat tanda-tanda aktual dari Halcinonide yang muncul melalui kulit Anda, seperti:

  • penglihatan kabur, atau melihat lingkaran di sekitar cahaya
  • suasana hati berubah-ubah
  • bermasalah dengan tidur (insomnia)
  • berat badan naik, pembengkakan di wajah
  • otot melemah, merasa lelah

Efek samping yang tidak begitu serius mungkin termasuk:

  • sedikit rasa gatal di kulit, terbakar, atau kekeringan
  • menipiskan kulit Anda
  • kulit ruam atau iritasi di sekitar mulut Anda
  • pembengkakan folikel rambut
  • perubahan warna dari kulit yang diobati
  • membuat kulit menjadi lecet, berjerawat, atau lapisan kulit mengeras
  • tanda kerutan

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan halcinonide?

Sebelum menggunakan Halcinonide,

  • beri tahu dokter dan apoteker Anda jika Anda alergi pada Halcinonide atau beberapa obat lain
  • beri tahu dokter dan apoteker Anda, pengobatan resep dan non-resep apa yang Anda gunakan, terutama agen kemoterapi kanker, pengobatan lain yang aktual, dan vitamin
  • beri tahu dokter Anda jika Anda mempunyai infeksi atau pernah terkena diabetes, glaukoma, katarak, gangguan sirkulasi, atau gangguan imun
  • beritahu dokter jika Anda sedang mengandung, berencana untuk hamil, atau Anda sedang masa menyusui. Jika Anda hamil ketika menggunakan Halcinonide, segera hubungi dokter Anda

Apakah halcinonide aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Tidak diketahui apakah obat ini dapat keluar melalui ASI dan apakah berbahaya jika diminum lewat ASI oleh bayi. Jangan gunakan obat ini tanpa memberi tahu dokter jika Anda sedang menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan halcinonide?

Interaksi dengan obat lain dapat memengaruhi cara kerja obat dan meningkatkan risiko efek samping yang berbahaya. Artikel ini tidak memuat semua kemungkinan interaksi obat. Catatlah semua produk obat yang Anda gunakan (termasuk obat resep, nonresep, dan herbal) dan perlihatkan kepada dokter serta apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apapun tanpa seizin dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan halcinonide?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan halcinonide?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Cushing’s syndrome (adrenal gland disorder)
  • diabetes
  • hiperglikemia (tinggi gula darah)
  • intracranial hypertension (meningkatnya tekanan di kepala)—gunakan dengan berhati-hati. Dapat membuat kondisi ini lebih buruk.
  • infeksi pada kulit atau dekat tempat pengolesan atau
  • luka besar, kulit rusak, atau luka berat pada kulit di tempat pengolesan—kemungkinan dari efek samping mungkin akan meningkat.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016