Dihydroergotamine obat apa?

Oleh

Nama Generik: Dihydroergotamine Merek: Dihydergot (DHE).

Penggunaan

Untuk apa dihydroergotamine?

Dihydroergotamine adalah obat yang digunakan untuk mengobati sakit kepala migrain dan sakit kepala cluster. Obat ini tidak dianjurkan untuk migrain yang hanya mempengaruhi satu sisi otak (hemiplegia migrain) atau dasar otak atau daerah leher (basilar migrain), atau untuk mencegah terjadinya migrain.

Dihydroergotamine adalah obat ergot yang membantu sempit pembuluh darah yang melebar di kepala, sehingga mengurangi efek berdenyut sakit kepala ini.

Cara Pakai

Bagaimana cara menggunakan Dihydroergotamine?

Dihydroergotamine adalah obat yang disuntikkan ke dalam vena, ke dalam otot, atau di bawah kulit seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan. Biasanya, obat ini harus digunakan seperlunya saja. Obat ini tidak dimaksudkan untuk penggunaan sehari-hari jangka panjang. Obat ini bekerja terbaik jika digunakan saat tanda-tanda pertama dari sakit kepala terjadi. Jika Anda menunggu sampai sakit kepala telah memburuk, obat mungkin tidak bekerja dengan baik.

Jika sakit kepala Anda kembali atau Anda tidak memiliki bantuan dari dosis pertama, Anda dapat mengulangi dosis 1 jam setelah dosis pertama, tetapi hanya jika diperintahkan untuk melakukannya oleh dokter Anda.

Jika obat ini disuntikkan ke dalam otot atau di bawah kulit, dosis ketiga dapat diberikan 1 jam setelah dosis kedua jika diperlukan. Jangan menggunakan lebih dari 3 mililiter dalam 24 jam atau 6 mililiter dalam seminggu.

Jika obat ini diberikan ke pembuluh darah, tidak menggunakan lebih dari 2 mililiter dalam 24 jam atau 6 mililiter dalam seminggu.

Jika Anda memberikan obat ini untuk diri sendiri di rumah, pelajari semua persiapan dan petunjuk penggunaan dari perawatan kesehatan profesional Anda. Larutan biasanya bersih dan tidak berwarna. Sebelum digunakan, periksa produk ini secara visual untuk partikel atau perubahan warna. Jika terdapat kesalahan, jangan gunakan obat ini. Pelajari cara untuk menyimpan dan membuang persediaan medis dengan aman.

Obat “ergot” lainnya (misalnya, ergotamine, methysergide), atau obat jenis “triptan” (misalnya, sumatriptan) tidak boleh digunakan dalam waktu 24 jam dari obat ini.

Beri tahu dokter jika Anda memperhatikan adanya peningkatan penggunaan obat ini, obat tidak kunjung bekerja, memburuknya sakit kepala, peningkatan intensitas sakit kepala, atau penggunaan obat ini selama lebih dari 2 episode sakit kepala seminggu. Dokter Anda mungkin perlu mengubah obat Anda dan/atau menambahkan obat yang terpisah untuk mencegah sakit kepala.

Bagaimana cara menyimpan Dihydroergotamine?

Dihydroergotamine adalah obat yang bisa disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                           

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis dihydroergotamine untuk orang dewasa?

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita Migrain

Dihydroergotamine adalah obat yang dapat disuntikkan dengan dosis awal 1 mg,berikan secepat mungkin setelah gejala pertama dari sakit kepala. Tambahan dosis  1 mg dapat diberikan beberapa jam sampai sakit kepala telah berhenti atau dosis total 3 mg telah tercapai. Dosis mingguan Total tidak melebihi 6 mg.

Dihydroergotamine adalah obat yang dapat diberikan lewat infus dengan dosis awal 1 mg, diberikan secepat mungkin setelah gejala pertama dari sakit kepala. Tambahan dosis  1 mg dapat diberikan beberapa jam sampai sakit kepala telah berhenti atau dosis total 2 mg telah tercapai. Dosis mingguan Total tidak melebihi 6 mg

Dihydroergotamine adalah obat yang dapat diberikan lewat intranasal sebanyak 1 semprotan (0,5 mg) ke dalam setiap lubang nasal (Total = 1 mg). Ulangi jika diperlukan dalam waktu 15 menit untuk maksimal 4 semprotan (2 mg) per hari. Dosis mingguan keseluruhan tidak boleh melebihi 8 semprotan (4 mg).

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita Sakit Kepala Kluster

Dihydroergotamine adalah obat yang dapat disuntikkan sebanyak 1 mg diberikan secepat mungkin setelah gejala pertama dari sakit kepala. Tambahan dosis  1 mg dapat diberikan beberapa jam sampai sakit kepala telah berhenti atau dosis total 3 mg telah tercapai. Dosis mingguan Total tidak melebihi 6 mg.

Dihydroergotamine adalah obat yang dapat diberikan lewat infus dengan dosis awal 1 mg diberikan secepat mungkin setelah gejala pertama dari sakit kepala. Tambahan dosis  1 mg dapat diberikan beberapa jam sampai sakit kepala telah berhenti atau dosis total 2 mg telah tercapai. Dosis mingguan Total tidak melebihi 6 mg

Bagaimana dosis Dihydroergotamine untuk anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan.  Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah Dihydroergotamine tersedia?

Dihydroergotamine adalah obat yang tersedia dalam sediaan

  1. Larutan, injeksi, sebagai mesylate:
  • D.H.E.45: 1 mg/mL (1 mL)
  • Generik: 1 mg/mL (1 mL)
  1. Larutan, obat  nasal, sebagai mesylate:
  • Migranal: 4 mg/mL (1 mL)
  • Generik: 4 mg/mL (1 mL)

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena dihydroergotamine?

Dihydroergotamine adalah obat yang dapat menyebabkan efek samping. Efek samping yang umum termasuk pusing, mengantuk, sakit kepala, mual, muntah, diare, pembilasan, atau meningkatnya keringat.

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda dari reaksi alergi sepertigatal-gatal, sulit bernafas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan Anda.

Berhenti menggunakan dihidroergotamin dan hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti:

  • denyut jantung cepat atau lambat, bengkak atau gatal di bagian manapun dari tubuh Anda
  • nyeri dada  menyebar ke lengan atau bahu, dan mual, berkeringat, atau perasaan sakit yang umum
  • mati rasa mendadak atau kelemahan, sakit kepala mendadak, bingung, atau masalah dengan penglihatan, suara, atau keseimbangan
  • kelemahan kaki , nyeri otot di lengan atau kaki
  • mati rasa, kesemutan, dan penampilan pucat atau jari tangan atau kaki
  • berwarna biru
  • kram perut, diare yang mungkin berdarah
  • batuk  dengan nyeri dada dan kesulitan bernapas
  • tekanan darah tinggi berbahaya (sakit kepala parah, penglihatan kabur, berdengung di telinga Anda, kecemasan, kebingungan, nyeri dada, sesak napas).

Efek samping yang kurang serius mungkin termasuk:

  • sakit kepala  pusing, merasa cemas
  • diare
  • berkeringat, ruam kulit ringan, kemerahan atau rasa geli di bawah kulit Anda

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan dihydroergotamine?

Dihydroergotamine adalah obat yang harus digunakan di bawah pengawasan dokter. Sebelum menggunakan dihydroergotamine, beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap dihydroergotamine, alkaloid ergot lain seperti bromocriptine (Parlodel), ergonovin (Ergotrate), ergotamine (Cafergot, Ercaf, orang lain), metilergonovin (Methergine), dan methysergide (Sansert), atau obat lain.

Jangan gunakan dihidroergotamin dalam waktu 24 jam saat menggunakan alkaloid ergot seperti bromocriptine (Parlodel), ergonovin (Ergotrate), ergotamine (Cafergot, Ercaf, orang lain), metilergonovin (Methergine), dan methysergide (Sansert); atau obat lain untuk migrain seperti frovatriptan (Frova), Naratriptan (Amerge), rizatriptan (Maxalt), sumatriptan (Imitrex), dan zolmitriptan (Zomig).

Beri tahu dokter dan apoteker apa resep dan obat nonresep , vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal Anda gunakan. Pastikan untuk menyebutkan salah satu hal berikut: beta blockers seperti propranolol (Inderal); cimetidine (Tagamet); clotrimazole (Lotrimin); siklosporin (Neoral, Sandimmune); danazol (Danocrine); delavirdine (Rescriptor); diltiazem (Cardizem, Dilacor, Tiazac); epinefrin (Epipen); flukonazol (Diflucan); isoniazid (INH, Nydrazid); obat untuk pilek dan asma; metronidazole (Flagyl); nefazodone (Serzone); kontrasepsi oral (pil KB); selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI) seperti citalopram (Celexa), fluoxetine (Prozac, Sarafem), fluvoxamine (Luvox), paroxetine (Paxil), dan sertraline (Zoloft); saquinavir (Fortovase, Invirase); verapamil (Calan, Covera, Isoptin, Verelan); zafirlukast (Accolate); dan zileuton (Zyflo). Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau mengawasi efek samping dengan hati-hati.

Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki riwayat keluarga penyakit jantung dan jika Anda memiliki atau pernah memiliki tekanan darah tinggi; kolesterol Tinggi; diabetes; penyakit Raynaud (suatu kondisi yang mempengaruhi jari tangan dan kaki); penyakit yang mempengaruhi sirkulasi atau arteri; sepsis (infeksi berat darah); operasi pada jantung atau pembuluh darah Anda; serangan jantung; atau ginjal, hati, paru-paru, atau penyakit jantung.

Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, merencanakan kehamilan, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu menggunakan dihydroergotamine, segera hubungi dokter Anda.

Jika Anda menjalani operasi, termasuk operasi gigi, beri tahu dokter atau dokter gigi jika Anda menggunakan dihydroergotamine.

Beri tahu dokter Anda jika Anda menggunakan produk tembakau. Merokok saat menggunakan obat ini dapat meningkatkan risiko efek samping yang serius.

Apakah Dihydroergotamine aman bagi ibu hamil atau menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori X menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat.

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Studi pada wanita menyusui telah menunjukkan efek berbahaya bagi bayi. Alternatif untuk obat ini harus diresepkan atau Anda harus berhenti menyusui saat menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan dihydroergotamine?

Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh digunakan bersama-sama sekali, dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersama-sama bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin ingin mengubah dosis, atau tindakan pencegahan lainnya mungkin diperlukan. Ketika Anda mengambil obat ini, angat penting bahwa tenaga kesehatan profesional Anda tahu jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan yang tercantum di bawah. Interaksi berikut ini dipilih atas dasar signifikansi potensi mereka dan bukan berarti mencakup semuanya.

Mengonsumsi obat ini dengan obat-obatan berikut tidak direkomendasikan. Dokter Anda mungkin tak akan meresepkan obat ini kepada Anda atau akan mengganti beberapa obat yang sudah Anda konsumsi.

  • Almotriptan
  • Amprenavir
  • Atazanavir
  • Azithromycin
  • Boceprevir
  • Clarithromycin
  • Cobicistat
  • Cocaine
  • Darunavir
  • Delavirdine
  • Dirithromycin
  • Eletriptan
  • Epinephrine
  • Erythromycin
  • Fosamprenavir
  • Frovatriptan
  • Idelalisib
  • Indinavir
  • Itraconazole
  • Josamycin
  • Ketoconazole
  • Lidocaine
  • Lopinavir
  • Mepartricin
  • Midodrine
  • Mifepristone
  • Miokamycin
  • Naratriptan
  • Nefazodone
  • Nelfinavir
  • Norepinephrine
  • Phenylpropanolamine
  • Posaconazole
  • Propylhexedrine
  • Pseudoephedrine
  • Ritonavir
  • Rizatriptan
  • Rokitamycin
  • Roxithromycin
  • Saquinavir
  • Saralasin
  • Spiramycin
  • Sumatriptan
  • Telaprevir
  • Tipranavir
  • Troleandomycin
  • Voriconazole
  • Zolmitriptan

Menggunakan obat ini dengan beberapa obat-obatan di bawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tapi pada beberapa kasus mungkin dibutuhkan. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Alefacept
  • Bromocriptine
  • Carbamazepine
  • Ceritinib
  • Crizotinib
  • Dabrafenib
  • Dexfenfluramine
  • Enzalutamide
  • Eslicarbazepine Acetate
  • Fluconazole
  • Fluvoxamine
  • Imatinib
  • Mitotane
  • Nilotinib
  • Pazopanib
  • Piperaquine
  • Primidone
  • Ranolazine
  • Sibutramine
  • Siltuximab
  • Telithromycin

Menggunakan obat ini dengan beberapa obat-obatan di bawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tapi pada beberapa kasus mungkin dibutuhkan. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Nitrogliserin
  • Propranolol

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan dihydroergotamine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Hindari mengonsumsi jus grapefruit saat Anda sedang menggunakan obat ini.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan dihydroergotamine?

Kehadiran masalah medis lainnya dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter Anda jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama:

  • penyakit jantung atau pembuluh darah
  • hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • penyakit ginjal  
  • penyakit hati
  • meningkatnya peluang infeksi atau efek samping yang serius yang disebabkan oleh dihydroergotmine pada nasal dapat meningkat. Penyakit jantung atau pembuluh darah dan tekanan darah tinggi kadang-kadang tidak menimbulkan gejala apapun, sehingga beberapa orang tidak tahu bahwa mereka memiliki masalah ini. Sebelum memutuskan apakah Anda harus menggunakan dihidroergotamin lewat hidung, dokter mungkin perlu melakukan beberapa tes untuk memastikan bahwa Anda tidak memiliki kondisi ini.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis mungkin meliputi:

  • mati rasa, kesemutan, dan nyeri pada jari tangan dan kaki
  • warna biru  di jari tangan dan kaki
  • melambatnya pernapasan
  • sakit perut
  • muntah
  • pingsan
  • penglihatan kabur
  • pusing
  • kebingungan
  • kejang
  • koma
  • sakit perut

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Oktober 15, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca