5 Kiat Jitu Mengatasi Sakit Kepala di Siang Hari Dengan Cepat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 April 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Alami sakit kepala di siang hari memang sangat mengganggu. Apalagi kalau pekerjaan di kantor sedang menumpuk dan dikejar deadline, rasa nyut-nyutan di kepala tentu saja bikin Anda jadi tidak fokus. Namun, jangan buru-buru panik dan emosi dulu. Walaupun sebetulnya sakit kepala ini akan hilang dengan sendirinya, mengapa tidak Anda coba mengatasi sakit kepala di siang hari dengan lebih cepat? Yuk, intip trik jitunya berikut ini.

Cara mengatasi sakit kepala di siang hari

Coba ingat-ingat lagi, apakah Anda sedang stres karena pekerjaan, kurang minum, atau bahkan telat makan? Jika ya, bisa jadi inilah penyebab sakit kepala di siang hari yang Anda alami.

Pada dasarnya, jenis sakit kepala yang satu ini tidak berbahaya dan gejalanya akan berkurang di malam hari. Namun kalau pekerjaan sedang menumpuk, bukan berarti Anda lantas membiarkannya begitu saja, ‘kan?

Nah, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit kepala di siang hari. Di antaranya:

1. Rilekskan tubuh

mengatasi sakit leher

Sakit kepala tegang alias tension headache adalah salah satu penyebab sakit kepala di siang hari yang paling umum. Rasanya seperti kepala Anda sedang diikat kencang dengan tali dan biasanya leher belakang Anda juga terasa tidak nyaman.

Jika Anda mengalami jenis sakit kepala ini, coba rilekskan tubuh Anda sejenak. Tarik napas dalam lewat hidung dan embuskan pelan-pelan lewat mulut. Latihan pernapasan bisa membantu mengendurkan otot-otot kepala yang tegang dan meredakan sakit kepala.

Anda juga bisa melakukan teknik relaksasi lainnya seperti yoga, meditasi, atau peregangan singkat. Yang terpenting, lepaskan beban pikiran yang mengganggu dan hindari stres.

2. Banyak minum air putih

Sudah cukupkah Anda minum air putih hari ini? Jika belum, segeralah minum air putih yang banyak untuk meredakan sakit kepala di siang hari.

Selain bikin cepat haus, dehidrasi juga dapat menyempitkan pembuluh darah di otak. Akibatnya, aliran darah yang mengandung oksigen jadi sulit mencapai otak dan menimbulkan tekanan berlebihan di kepala. Itulah sebabnya, Anda jadi mudah sakit kepala jika sedang dehidrasi.

Efek serupa juga bisa terjadi jika Anda terlalu banyak minum kopi. Maka itu, sebaiknya batasi minum kopi dan gantilah dengan minum air putih guna meredakan sakit kepala.

3. Duduk tegak

Sumber: Medical News Today

Coba lihat posisi duduk Anda sekarang, apakah sudah tegak atau justru cenderung membungkuk? Hati-hati, posisi duduk yang salah juga bisa memicu sakit kepala di siang hari, lho.

Posisi duduk yang membungkuk dapat mengakibatkan otot-otot leher Anda jadi kaku. Selain menyebabkan sakit leher, posisi duduk ini juga akan menarik saraf-saraf di kepala dan menimbulkan rasa sakit.

Mulai sekarang, yuk, perbaiki posisi duduk Anda. Duduklah dengan tegak dan pastikan pandangan tetap lurus ke depan. Semakin baik posisi duduk Anda, maka hal ini akan mengurangi risiko sakit leher, sakit punggung, dan sakit kepala di siang hari saat bekerja.

4. Tempelkan kompres hangat atau dingin

Sumber: Healthfully

Jika sakit kepala di siang hari terasa semakin mengganggu, coba kompres kepala Anda dengan bantalan hangat. Suhu panasnya bermanfaat untuk mengendurkan otot-otot kepala yang kaku. Bahkan, rasa hangatnya bisa menjalar sampai ke leher dan bahu, sehingga meringankan pegal linu di tubuh bagian atas.

Efek serupa juga bisa didapatkan dengan menempelkan kompres dingin di kepala atau leher selama 15 menit. Sensasi dinginnya bisa bikin badan jadi rileks dan Anda pun bisa berpikir dengan lebih jernih.

5. Minum obat

waktu yang tepat minum obat cacing

Sudah coba duduk tegak, atur pernapasan, hingga kompres hangat tapi sakit kepala tak juga membaik? Kalau sudah begitu, tidak ada salahnya untuk segera minum obat pereda nyeri untuk meringankan sakit kepala.

Aspirin, ibuprofen, dan naproxen adalah beberapa jenis obat pereda nyeri yang bisa Anda gunakan. Jenis obat-obatan tersebut bisa Anda dapatkan di apotek maupun resep dokter. Namun jika sakit kepala di siang hari tak juga berkurang atau makin memburuk, segera periksakan diri Anda ke dokter terdekat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda memiliki bintik atau bercak putih di puting susu atau sekitarnya? Tak usah khawatir, kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Kaki Terasa Lemas Tiba-Tiba? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Apakah Anda pernah merasakan tiba-tiba kaki lemas? Cari tahu penyebabnya, apakah karena penyakit berbahaya atau hanya sekadar kelelahan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Otak dan Saraf 14 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Enzim SGOT dan SGPT

Salah satu tes yang dianjurkan untuk dilakukan ketika Anda sakit adalah pemeriksaan SGOT dan SGPT. Pemeriksan apa itu dan apa artinya kalau tinggi?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Pencernaan, Penyakit Hati (Liver) 12 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Gangguan Kesehatan Akibat Duduk Terlalu Lama

Di mobil duduk, di kantor duduk, sampai rumah duduk lagi. Apa kira-kira efeknya pada kesehatan kita?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 12 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengobati sakit kepala

5 Jenis Minyak Esensial untuk Meringankan Sakit Kepala dan Migrain

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi sakit punggung

Saraf Kejepit, Apa Penyebab dan Bagaimana Gejalanya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
zat aditif adalah msg

Zat Aditif pada Makanan Ternyata Tak Selalu Berbahaya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
obat mimisan alami

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit