Nama Generik: Amikacin Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa obat Amikacin?

Amikacin digunakan untuk mencegah atau mengobati berbagai macam infeksi bakteri. Amikacin termasuk dalam kelas obat antibiotik aminoglikosida. Obat ini bekerja menghentikan pertumbuhan bakteri.

Bagaimana aturan pakai Amikacin?

Obat ini diberikan melalui suntikan ke dalam pembuluh darah atau otot sesuai yang diarahkan oleh dokter Anda. Obag ini biasanya diberikan setiap 8 jam atau seperti yang diarahkan oleh dokter. Dosis didasarkan pada kondisi medis, berat badan, dan respon Anda terhadap pengobatan. Tes laboratorium (seperti fungsi ginjal, kadar obat dalam darah) dapat dilakukan untuk membantu menemukan dosis yang terbaik untuk kondisi Anda.

Jika Anda menggunakan obat ini untuk Anda sendiri di rumah, pelajari semua persiapan dan petunjuk penggunaan dari ahli kesehatan Anda. Sebelum menggunakan obat ini, cermati apakah ada partikel asing atau perubahan warna di dalam botol kemasan. Jika Anda melihat adanya salah satu (atau keduanya), jangan gunakan obat. Pelajari cara untuk menyimpan dan membuang persediaan medis secara aman.

Antibiotik bekerja dengan baik ketika jumlahnya dalam tubuh Anda pada tingkat yang tetap. Oleh karena itu, gunakan obat ini secara teratur. Untuk membantu Anda tetap ingat, gunakanlah pada waktu yang sama setiap hari.

Teruskan penggunaan obat ini sampai jumlah yang ditentukan habis, bahkan jika gejala hilang setelah beberapa hari. Penghentian pengobatan yang terlalu dini memungkinkan bakteri untuk terus tumbuh dan dapat mengakibatkan kembalinya infeksi. Beri tahu dokter jika kondisi Anda menetap atau semakin memburuk.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara menyimpan Amikacin?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Amikacin untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa Biasa untuk Bakteremia

15-22,5 mg/kg/hari IV atau IM dalam 1-3 dosis terbagi, tergantung pada tingkat keparahan infeksi (maksimum penggunaan awal 1,5 g/hari, kemudian dosis disesuaikan berdasarkan tingkat serum yang diinginkan)

Dosis Dewasa Biasa untuk Infeksi Intraabdominal

15-22,5 mg/kg/hari IV atau IM dalam 1-3 dosis yang terbagi, tergantung pada tingkat keparahan infeksi (maksimum penggunaan awal 1,5 g/hari, kemudian dosis disesuaikan berdasarkan tingkat serum yang diinginkan)

Dosis Dewasa Biasa untuk Infeksi Sendi

15-22,5 mg/kg/hari IV atau IM dalam 1-3 dosis yang terbagi, tergantung pada tingkat keparahan infeksi (maksimum penggunaan awal 1,5 g/hari, kemudian dosis disesuaikan berdasarkan tingkat serum yang diinginkan)

Dosis Dewasa Biasa untuk Osteomielitis

15-22,5 mg/kg/hari IV atau IM dalam 1-3 dosis terbagi, tergantung pada tingkat keparahan infeksi (maksimum penggunaan awal 1,5 g/hari, kemudian dosis disesuaikan berdasarkan tingkat serum yang diinginkan)

Dosis Dewasa Biasa untuk Pneumonia

15-22,5 mg/kg/hari IV atau IM dalam 1-3 dosis yang terbagi, tergantung pada tingkat keparahan infeksi (maksimum penggunaan awal 1,5 g/hari, kemudian dosis disesuaikan berdasarkan tingkat serum yang diinginkan)

Dosis Dewasa Biasa untuk Infeksi Kulit atau Infeksi Jaringan Lunak

15-22,5 mg/kg/hari IV atau IM dalam 1-3 dosis yang terbagi, tergantung pada tingkat keparahan infeksi (maksimum penggunaan awal 1,5 g/hari, kemudian dosis disesuaikan berdasarkan tingkat serum yang diinginkan)

Dosis Dewasa Biasa untuk Cystic Fibrosis

Dosis hingga 35 mg/kg/hari sekali sehari dengan IV infus atau dalam dosis yang terbagi setiap 6-8 jam telah dilaporkan.

Dosis Dewasa Biasa untuk Demam Neutropenia

Dosis harus individual dan didasarkan pada konsentrasi serum. Dosis hingga 15-30 mg/kg/hari IV dalam 1-3 dosis yang terbagi telah dilaporkan dalam hubungannya dengan antibiotik beta-laktam (maksimum penggunaan awal 1,5 g/hari, kemudian dosis disesuaikan berdasarkan tingkat serum yang diinginkan).

Dosis Dewasa Biasa untuk Meningitis

IV atau IM: 15-22,5 mg/kg/hari dalam 1-3 dosis yang terbagi, tergantung pada tingkat keparahan infeksi (maksimum penggunaan awal 1,5 g/hari, kemudian dosis disesuaikan berdasarkan tingkat serum yang diinginkan).

Intratekal: 0,1 mg per ml CSF atau sekitar 2 mg/kg berat badan per hari telah digunakan untuk mengobati  meningitis basiler gram negatif  dalam hubungannya dengan antibiotik parenteral

Dosis Dewasa Biasa untuk Nosokomial Pneumonia

20 mg/kg/hari IV dalam 1-3 dosis yang terbagi.

Pengobatan empiris awal dengan cakupan spektrum luas sesuai dengan antibiogram rumah sakit dan/atau ICU dianjurkan jika organisme resisten diduga hadir.

Dosis Dewasa Biasa untuk Peritonitis

Peritonitis terkait Dialisis Peritoneal:

CAPD dosis berselang: 2 mg/kg dalam 1 penggantian/hari (berdasarkan berat badan ideal) secara intraperitoneal untuk pasien anuric dan 2,5 mg/kg/tas untuk pasien nonanuric (diteliti)

CAPD dosis terus menerus: 24 mg/L pengantian secara intraperitoneal untuk pasien anuric dan 30 mg/L untuk pasien nonanuric

Dosis maksimum: 1,5 g/hari untuk semua jenis penggunaan

Dosis Dewasa Biasa untuk Tuberkulosis – Aktif

15 mg/kg (maksimum 1 g) IM atau IV setiap 24 jam.

Dosis Dewasa Biasa untuk Infeksi Saluran Kemih (Komplikasi)

250 mg IV atau IM setiap 12 jam. Catatan: Amikacin tidak dianjurkan digunakan untuk infeksi ringan sampai sedang.

Bagaimana dosis Amikacin untuk anak?

Dosis Anak-anak Biasa untuk Demam Neutropenia

1-18 tahun: Dosis yang lebih tinggi mungkin diperlukan. Dosis harus didasarkan kondisi individual dan didasarkan pada konsentrasi serum. Dosis berkisar antara 15-30 mg/kg/hari dalam 1-3 dosis yang terbagi telah dilaporkan dengan penggunaan antibiotik beta-laktam.

Dosis Anak-anak Biasa untuk Cystic Fibrosis

Usia 1-18 tahun: Dosis yang lebih tinggi dan/atau interval yang lebih sering mungkin diperlukan. Dosis harus didasarkan pada kondisi individual dan didasarkan pada konsentrasi serum. Dosis hingga 35 mg/kg/hari IV dalam 1-3 dosis yang terbagi telah dilaporkan.

Dosis Anak-anak untuk Peritonitis

Peritonitis terkait dialisis peritoneal:

≤17 tahun:

Dosis awal: 25 mg/L dialisat intraperitoneal

Dosis pemeliharaan: 12 mg/L dialisat

Dosis maksimum: 1,5 g/hari pada semua penggunaan

Dosis Anak-anak Biasa untuk Tuberkulosis – Aktif

15 sampai 30 mg/kg (maksimum 1 g) IM atau IV setiap 24 jam

Dalam dosis dan sediaan apakah Amikacin tersedia?

Suntikan 250 mg/mL

Suntikan untuk anak-anak 50 mg/mL

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi karena Amikacin?

Jika Anda mengalami salah satu dari efek samping yang serius berikut inj, berhentilah menggunakan amikacin dan carilah bantuan medis darurat:

  • Reaksi alergi (sesak napas, tenggorokan tersumbat, gatal-gatal, pembengkakan bibir, wajah, atau lidah, ruam, atau pingsan)
  • Buang air kecil sedikit atau tidak ada urin
  • Kemampuan pendengaran menurun atau telinga berdenging
  • Pusing, linglung, atau goyah
  • Mati rasa, sensasi kesemutan, otot berkedut, atau kejang
  • Diare parah dan kram perut

Efek samping lainnya yang kurang serius mungkin sering terjadi. Tetap gunakan amikacin jika Anda mengalami reaksi di bawah ini, kemudian diskusikan dengan dokter Anda:

  • Rasa haus meningkat
  • Hilangnya nafsu makan
  • Mual atau muntah
  • Ruam

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan Amikacin?

Sebelum menggunakan amikacin,

  • Beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap amikacin, gentamisin (Garamycin), kanamisin (Kantrex), neomycin, netilmisin (NETROMYCIN), streptomisin, tobramycin (Nebcin), atau obat lain
  • Beri tahu dokter dan apoteker mengenai obat resep dan obat nonresep yang Anda gunakan, terutama diuretik (‘pil air’), cisplatin (Platinol), amfoterisin (Amphotec, Fungizone), antibiotik lain, dan vitamin
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah memiliki penyakit ginjal, vertigo, gangguan pendengaran, dering di telinga, miastenia gravis, atau penyakit Parkinson
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk menjadi hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu menggunakan amikacin, segera hubungi dokter Anda. amikacin dapat membahayakan janin

Apakah Amikacin aman untuk ibu hamil atau menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori D menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA:

  • A= Tidak berisiko
  • B= Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C= Mungkin berisiko
  • D= Ada bukti positif dari risiko
  • X= Kontraindikasi
  • N= Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Amikacin?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter

  • Amifampridine
  • Ataluren
  • Alcuronium
  • Atracurium
  • Cidofovir
  • Cisatracurium
  • Colistimethate Sodium
  • Decamethonium
  • Doxacurium
  • Ethacrynic Acid
  • Fazadinium
  • Foscarnet
  • Furosemide
  • Gallamine
  • Hexafluorenium
  • Lysine
  • Metocurine
  • Mivacurium
  • Pancuronium
  • Pipecuronium
  • Rapacuronium
  • Rocuronium
  • Succinylcholine
  • Tacrolimus
  • Tubocurarine
  • Vancomycin
  • Vecuronium
  • Ibuprofen

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Amikacin?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Amikacin?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, seperti:

  • Asma
  • Alergi sulfit, atau adanya riwayat alergi — Obat ini mengandung natrium metabisulfit yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada pasien dengan kondisi ini.
  • Penyakit ginjal parah
  • Masalah otot  
  • Miastenia gravis (kelemahan otot yang parah)
  • Masalah saraf
  • Penyakit Parkinson — Gunakan dengan hati-hati. Mungkin membuat kondisi lebih buruk.
  • Penyakit Ginjal — Gunakan dengan hati-hati. Efek samping dapat meningkat karena perlambatan proses pembersihan obat dari tubuh.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 14, 2017 | Terakhir Diedit: Maret 14, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan