Yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan Saat Darurat Lapar Tengah Malam

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Lapar di malam hari bukan cuma bikin perut keroncongan, tapi juga bisa membuat Anda sulit tidur. Oleh karena itu, begitu kelaparan melanda malam-malam, Anda mungkin akan langsung membuka kulkas atau melihat persediaan makanan instan yang bisa dimasak cepat. Atau jika ada tukang nasi goreng lewat depan rumah, Anda mungkin langsung membelinya tanpa pikir panjang. Tapi bukannya makan malam bikin berat badan naik? Lalu, apa yang boleh dimakan ketika kelaparan tengah malam?

Makan malam tidak bikin gemuk

Masih banyak orang yang menyangka bahwa makan malam bikin gemuk. Padahal sebenarnya tidak demikian. Makan malam bukan penyebab langsung dari kenaikan berat badan Anda. Pilihan menu makan Andalah yang mungkin jadi biang keladinya. Ini juga tidak bergantung pada waktu makan seseorang. Waktu makan pagi, siang, malam, atau bahkan dini hari sekalipun bisa bikin gemuk jika Anda mengonsumsi makanan secara berlebihan. Pasalnya, kalori yang masuk masih lebih banyak dari yang keluar.

Makanan yang Anda pilih saat lapar di malam hari umumnya cenderung yang mengandung kalori tinggi, lemak tinggi, atau gula tinggi, misalnya saja nasi goreng, mie goreng, atau fast food. Saat lapar tengah malam, Anda lebih ingin untuk makan apapun yang memuaskan nafsu makan Anda, tanpa berpikir tentang kalori yang dikandungnya. Sehingga, kenaikan berat badan pun bisa terjadi.

Untuk menghindari kenaikan berat badan, sebaiknya pilihlah makanan dengan bijak saat lapar tengah malam. Pilih makanan yang mengandung sedikitkalori. Juga, jangan makan sampai kekenyangan. Hal ini justru dapat membuat tidur Anda menjadi kurang nyenyak karena perut begah dan terasa panas.

Makanan apa yang sebaiknya dimakan saat lapar di malam hari?

Sembari menentukan mau makan apa saat lapar di malam hari nanti, sebaiknya Anda minum air putih segelas terlebih dahulu. Setelah 20 menit, jika Anda tetap merasa lapar, maka benar Anda sedang lapar. Namun, jika lapar Anda hilang setelah minum, mungkin ini hanya lapar palsu. Anda kemungkinkan besar hanya merasa haus dan butuh minum, bukan butuh makan.

Jika Anda tidak ingin berat badan menjadi naik saat makan malam, satu hal yang harus Anda ingat adalah makan dalam porsi kecil. Porsi kecil bisa mengurangi kalori yang masuk ke tubuh Anda. Selain porsi, perhatikan juga kandungan nutrisi yang terdapat dalam makanan yang Anda makan.

Jangan memilih makanan dengan kalori tinggi dan gula tinggi. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat dan protein saat makan di malam hari. Misalnya, buah segar dengan yogurt, satu iris roti gandum dengan selai kacang, sereal gandum dengan susu rendah lemak, atau lainnya. Tapi ingat, hanya konsumsi dalam porsi kecil, ya.

Perpaduan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein membuat Anda mengantuk, selain juga membuat Anda kenyang. Hal ini tentu dapat membantu Anda agar tidur lebih nyenyak. Karbohidrat membantu asam amino triptofan (yang menyebabkan kantuk) agar lebih banyak tersedia di otak, sedangkan protein adalah yang menyusun triptofan, menurut Sleep Foundation.

Namun, jangan langsung tidur setelah makan, beri jeda waktu setidaknya dua jam setelah makan jika Anda ingin tidur. Waktu ini diperlukan tubuh untuk mencerna makanan yang Anda makan. Jika tubuh mencerna makanan saat tidur, mungkin keesokan harinya Anda bangun dengan rasa lelah.

Apakah ada yang bisa dilakukan saat lapar di malam hari, selain makan?

Sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan Anda lapar di malam hari. Jika penyebabnya adalah karena Anda kurang makan di siang hari atau melewatkan makan malam, mungkin Anda harus makan untuk mengusir lapar dan agar Anda bisa tidur nyenyak.

Namun, jika penyebab lapar adalah karena nafsu makan sesaat yang tiba-tiba muncul karena Anda sedang melihat iklan makanan, misalnya, Anda mungkin bisa menyibukkan diri Anda agar lupa dengan rasa lapar. Anda bisa membaca buku, menyelesaikan tugas Anda, atau hal lainnya yang bisa Anda lakukan. Atau, Anda juga bisa pergi tidur lebih awal.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Kita Mudah Marah Saat Sedang Lapar?

Saat lapar, rasanya hanya ingin marah sampai Anda mendapat yang Anda mau. Tapi, kok bisa begitu, ya? Kenapa kita mudah marah saat kelaparan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Mental, Gangguan Mood 10 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Selama Puasa, Makan Malam Sebaiknya Paling Lambat Jam Berapa?

Selama puasa, jadwal makan tentu berubah. Anda mungkin jadi sering makan malam, tapi jangan terlalu malam. Jam berapa paling lambat makan malam saat puasa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Tips Berat Badan Naik, Nutrisi 3 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Polifagia

Polifagia adalah nafsu makan yang meningkat. Pahami lebih dalam gejala, penyebab, dan pengobatan kondisi ini di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Penyakit Diabetes 16 Januari 2020 . Waktu baca 9 menit

Supaya Seimbang, Porsi Makan Malam Sebaiknya Seberapa Banyak?

Meski kerap dikaitkan dengan kenaikan berat badan, tapi makan malam bukanlah sesuatu yang harus dihindari. Lantas, berapa porsi makan malam yang aman?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Fakta Gizi, Nutrisi 10 November 2019 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tidak cepat lapar

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit
perut kosong hindari makan pedas dan asam

Kenapa Makanan Pedas Tidak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
makan malam lebih awal

Jangan Takut Makan Malam, Lebih Awal Justru Lebih Sehat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 8 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit

False Hunger: Membedakan Lapar Asli dan Lapar Palsu

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 22 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit