5 Jenis Makanan yang Justru Membuat Anda Lapar

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Makan seharusnya dapat membuat Anda merasa kenyang. Namun ternyata, ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi justru dapat membuat Anda merasa lapar –dan ingin makan lagi. Makanan tersebut tentu tidak cocok untuk dikonsumsi orang yang sedang diet, karena malah dapat membuat Anda makan lebih banyak sehingga dapat membuat berat badan Anda bertambah.

Tahukah Anda mengapa rasa lapar setelah makan dapat muncul?

Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan Anda merasa lapar setelah makan :

  • Efek insulin. Makanan yang mengandung gula akan dicerna tubuh dengan cepat sehingga menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Setelah itu, kadar gula dalam darah turun dengan cepat, sehingga dapat menstimulasi produksi hormon ghrelin atau hormon kelaparan. Akibat meningkatnya produksi hormon ghrelin, Anda akan merasa lesu dan lapar, sehingga membuat Anda ingin makan lebih banyak.
  • Menurut studi yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, makanan yang mengandung karbohidrat olahan dapat mempengaruhi otak Anda. Studi tersebut menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi akan lebih cepat lapar dibandingkan mereka yang mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah.

Lalu, apa saja makanan yang jika dikonsumsi justru membuat Anda lapar?

1. Roti tawar putih

Roti tawar putih adalah salah satu makanan favorit saat sarapan. Namun jangan heran jika setelah mengkonsumsinya Anda justru merasa lapar –dan ingin makan lagi. Hal tersebut terjadi karena roti tawar putih tidak mengandung serat atau nutrisi yang dapat membuat Anda kenyang.

Roti tawar putih mengandung karbohidrat olahan yang cepat dicerna menjadi gula oleh tubuh, sehingga menyebabkan tubuh melepaskan insulin dan membuat Anda cepat merasa lapar. Oleh karena itu, Anda lebih disarankan untuk mengkonsumsi roti gandum yang mengandung serat saat sarapan -untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Sereal

Sama halnya dengan roti tawar putih, konsumsi sereal saat sarapan juga dapat membuat Anda merasa cepat lapar. Hal tersebut terjadi karena sereal mengandung banyak gula yang akan cepat dicerna oleh tubuh –sehingga membuat Anda cepat lapar.

3. Jus buah

Jus buah sering kali disajikan dengan tambahan gula, air, dan disaring. Hal tersebut justru dapat mengurangi kandungan serat dalam buah yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Konsumsi satu gelas jus buah ternyata dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, kemudian menurunkannya secara cepat, sehingga menimbulkan perasaan lapar.

Oleh karena itu, Anda lebih dianjurkan untuk membuat smoothies (tidak disaring), tidak menggunakan gula, dan menambahkan bubuk protein untuk menyeimbangkan gula darah dan meningkatkan rasa kenyang.

4. Camilan asin

Pernahkan Anda menginginkan makanan manis setelah makan camilan asin seperti keripik atau kentang goreng? Jika iya, hal tersebut ternyata adalah hal wajar karena pengecap rasa dan otak mengaitkan energi dengan makanan yang manis, bahkan setelah Anda cukup banyak makan cemilan asin. Adanya fenomena sensor rasa kenyang juga akan membuat tubuh beranggapan bahwa hanya “lambung asin” yang sudah terisi penuh, namun “lambung manis” belum terisi saat Anda makan cemilan asin.

5. Makanan cepat saji

Kandungan lemak trans yang terkandung dalam makanan cepat saji dapat menyebabkan radang usus dan merusak kemampuan tubuh untu memproduksi neurotransmitter yang berperan dalam mengendalikan nafsu makan. Selain itu, banyaknya kandungan garam dalam makanan cepat saji juga dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga membuat Anda ingin makan dan minum berulang-ulang.

Untuk mencegah nafsu makan berlebih, maka Anda dianjurkan untuk memilih makanan yang sehat, terutama yang mengandung lemak tak jenuh, protein, dan karbohidrat kompleks. Makanan ini dicerna lebih lambat di dalam tubuh sehingga membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Pasangan Anda belum cukup luwes dan percaya diri saat berhubungan intim? Tenang, ini dia berbagai cara merangsang istri yang ampuh dan penuh kehangatan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Seksual, Tips Seks 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Tidak hanya bermanfaat bagi orang yang sehat, olahraga juga harus dilakukan oleh mantan penderita kanker. Apa saja manfaatnya? Olahraga apa yang dianjurkan?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kebugaran 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Telat haid memang bisa jadi ciri hamil, tapi bisa juga tidak. Jadi berapa lama sejak telat datang bulan bisa menjadi pertanda kehamilan. Cek di sini ya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Wanita, Menstruasi 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Jangan membiarkan kesepian terlalu lama menggerogoti Anda. Cari tahu cara mengatasi kesepian agar hidup Anda jauh lebih bahagia.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

apa itu kalori adalah

Mengenal Kalori: Pengertian, Sumber, Kebutuhan Harian, dan Jenis-Jenisnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Brigitta Maharani
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
tips perawatan setelah sunat

4 Tips Perawatan Setelah Sunat Agar Cepat Sembuh

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
manfaat kayu secang

Sering Dijadikan Wedang, Jangan Lewatkan 4 Manfaat Hebat Kayu Secang

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
pilihan beras untuk menurunkan berat badan

Beras Merah vs Beras Shirataki, Mana yang Efektif untuk Diet?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit