backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Selain Menghangatkan, Ini Manfaat Minum Coklat Panas di Hari Natal

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Maria Amanda · Tanggal diperbarui 18/12/2020

    Selain Menghangatkan, Ini Manfaat Minum Coklat Panas di Hari Natal

    Dari biji kakao, coklat diproses ke dalam beragam produk, dari bentuk panganan padat hingga bubuk untuk diolah menjadi minuman. Nah, kabar baik bagi para penikmat coklat hangat. Usut punya usut minum segelas coklat panas di malam Natal ternyata berpotensi memberi manfaat bagi kesehatan tubuh. Penasaran?

    Manfaat minum segelas coklat panas

    Sebuah penelitian dari The Netherlands journal of Medicine mengatakan, bubuk kakao dari biji coklat mengandung antioksidan bernama fenolik di dalamnya. Fenolik dilaporkan berdampak positif untuk melawan penuaan dini, stres oksidatif, mengatur tekanan darah, dan arterosklerosis.

    Adapun manfaat lain yang bisa Anda raup dari segelas coklat panas, sebagai berikut.

    1. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

    Sulit mengelak makanan lezat di hari Natal? Minum coklat panas membawa manfaat untuk menurunkan kolesterol.

    Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition mengatakan bahwa senyawa flavanol dalam coklat dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, serta melemaskan pembuluh arteri.

    Para peneliti juga menyebutkan, segelas coklat dapat mengurangi risiko gangguan kardiovaskular dan serangan jantung.

    2. Meningkatkan fungsi kognitif

    Setidaknya minum dua gelas coklat dalam sehari memberi manfaat untuk menjaga kesehatan otak dan menurunkan kepikunan pada orang tua. 

    Kandungan polyphenol pada coklat dapat meningkatkan fungsi otak. Selain itu, kandungan flavanols juga dapat merelaksasi pembuluh darah sehingga aliran darah dan suplai darah ke otak meningkat.

    Penelitian juga membuktikan adanya efek positif dari coklat terhadap kesehatan otak pada penderita Alzheimer dan Parkinson, namun penelitian selanjutnya juga masih harus dilakukan.

    3. Meningkatkan suasana hati dan menurunkan gejala depresi

    Minum segelas coklat panas memberi manfaat untuk meningkatkan fungsi otak dan peredaran darah. Coklat mengandung flavanol yang mampu memberikan efek positif pada mood seseorang, ketenangan, dan kesenangan.

    Menurut penelitian, senyawa ini mampu memperbaiki performa mental seseorang, baik orang tanpa maupun dengan gangguan mental. Sehingga bisa dikatakan bahwa minum coklat bisa membangkitkan suasana hati Anda, terutama di Hari Natal.

    4. Mengurangi gejala diabetes tipe 2

    Minum coklat hangat memberikan manfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Kandungan flavonol dalam coklat bersifat antidiabetes.

    Flavonol bekerja dengan memperlambat pencernaan dan penyerapan  karbohidrat dalam usus. Kandungan tersebut juga mampu memperbaiki sekresi insulin, mengurangi peradangan, serta merangsang pengambilan gula dari dalam darah ke otot.

    5. Mengontrol berat badan

    Terdengar sedikit paradoks, tetapi coklat panas dapat mengontrol berat badan Anda. Minum segelas coklat panas menawarkan manfaat untuk meregulasi energi, mengatur rasa lapar dan membuat Anda kenyang lebih lama.

    Diungkapkan juga dalam sebuah penelitian bahwa konsumsi coklat membantu menurunkan berat badan. Namun perlu ada penelitian lebih lanjut untuk mengetahui jenis coklat dan takaran yang tepat.

    6. Meningkatkan performa olahraga

    Minum coklat panas memberi manfaat bagi peningkatan energi tubuh Anda. Diungkapkan dalam sebuah studi dalam The Journal of the International Society of Sports Nutrition, coklat mampu menyuplai ketersediaan oksigen dalam darah saat Anda berolahraga. 

    Minum coklat panas dapat meningkatkan energi. Terutama jika Anda berencana melakukan kegiatan fisik bersama keluarga di Hari Natal, misalnya hiking atau melakukan beragam lomba yang melibatkan aktivitas fisik. Pastinya momen Natal terasa lebih bersemangat dibandingkan sebelumnya.

    Agar mendapatkan manfaat paling optimalnya, seduhlah bubuk kakao alami yang rendah gula.

    Disclaimer

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Carla Pramudita Susanto

    General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


    Ditulis oleh Maria Amanda · Tanggal diperbarui 18/12/2020

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan