home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Cara Mengurangi Ketergantungan Kopi

6 Cara Mengurangi Ketergantungan Kopi

Mengurangi kopi merupakan hal yang susah susah gampang, tidak semua orang berhasil melakukannya. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya sama sekali. Anda masih bisa mengurangi konsumsinya secara perlahan. Yuk, simak penjelasan bagaimana cara mengurangi kopi.

Apa dampaknya kalau kita kecanduan kopi?

Kopi memang sudah menjadi semi kebutuhan pokok bagi sebagian besar orang. Tidak ada yang salah dengan kopi, kecuali jika Anda punya ketergantungan besar pada kopi yang akan menimbulkan efek tidak sehat pada tubuh.

Kopi bisa membantu melawan penyakit dengan kandungan antioksidan di dalamnya. Selain itu, kopi juga dapat meningkatkan fokus dan produktivitas lebih. Nah, manfaat ini bisa Anda dapatkan bila kopi dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Bila Anda terlalu banyak minum kopi, kadar kafein yang berlebih malah akan berakibat mengurangi konsentrasi dan menimbulkan rasa cemas dan gelisah.

Konsumsi tinggi kafein dari kopi juga dapat memunculkan respons stres tubuh. Bahkan kebiasaan kopi Anda mungkin akan mempengaruhi kualitas tidur Anda, sehingga Anda mungkin ingin beralih ke alternatif minuman yang lain.

Mengenai batasan kafein sendiri, umumnya porsi yang masih aman adalah maksimal 400 miligram kafein yang setara dengan empat cangkir.

Namun kembali lagi, toleransi kafein pada setiap orang berbeda-beda. Ditambah bila Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti kontrasepsi oral atau obat jantung, minum kopi tidaklah disarankan.

Bagaimana cara mengurangi kopi?

Bila efek negatif mulai terjadi, Anda bisa mengatasinya dengan mengurangi konsumsi kopi melalui cara berikut ini.

1. Kurangi secara bertahap

Tidak ada cara mengurangi kopi dengan cara instan. Buatlah target di mana Anda mengurangi kopi pelan-pelan, misalnya sehari hanya minum 1 gelas kopi.

Minggu berikutnya, seminggu hanya minum 4 cangkir kopi. Dengan dilakukan secara bertahap, Anda akan menemukan kebiasaan baru yang dapat mengganti kecanduan kopi. Sumber kafein juga bisa Anda dapat dengan memakan cokelat atau minum teh.

2. Cari minuman lain yang lebih sehat

Walaupun Anda mengonsumsi kopi tanpa kafein alias decaf, nyatanya masih ada kandungan kafein 2 sampai 25 mg per cangkir kopinya.

Coba temukan pengganti minuman yang baik pada saat yang sama. Anda mungkin bisa mencoba minuman hangat lain yang bebas kafein, seperti teh herbal atau bahkan air lemon hangat yang baik bagi kesehatan tubuh.

3. Ganti dengan air putih

Minum air putih jauh lebih bermanfaat berkali lipat daripada minum kopi. Selain mengurangi kebiasaan minum kopi, air putih juga bisa digunakan sebagai bentuk cara detoksifikasi tubuh. Gerakan meminum air juga sama dengan gerakan reflek memegang cangkir kopi.

4. Tidur dapat memenuhi kebutuhan energi Anda

Kebanyakan orang yang bekerja sampai larut mengonsumsi kopi agar bisa terus bertahan sampai pagi. Hal ini tentu saja dilakukan mengingat salah satu efek stimulan kopi adalah menghasilkan energi pada tubuh.

Nah, Anda perlu mencari energi dengan cara lain, yang pertama dan terpenting adalah dengan tidur dan istirahat cukup. Beberapa cara lainnya adalah dengan tidur siang dan berolahraga secara teratur

5. Ganti dengan minuman yang mengandung susu

Dengan meminum minuman panas bisa juga menjadi terapi tubuh di pagi hari. Anda bisa mengurangi minum kopi dengan cara mengonsumsi minuman panas lainnya seperti cokelat hangat, teh herbal hangat, atau bahkan susu almond.

6. Buat sibuk diri Anda dengan kegiatan yang menyehatkan

Lakukan yoga, meditasi, atau pijat dengan tujuan membuat relaksasi pada tubuh Anda. Kegiatan tersebut akan membantu Anda mengganti tingkatan konsentrasi dan energi yang Anda dapat dari kafein.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Caffeine: How Long it Lasts, How Much, & Withdrawals. (2020). Cleveland Clinic. Retrieved 7 June 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/15496-caffeine-how-to-hack-it-and-how-to-quit-it

Decreasing Your Caffeine Intake. (n.d.). Winchester Hospital. Retrieved 7 June 2021, from https://www.winchesterhospital.org/health-library/article?id=9652

 

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Novita Joseph pada 21/08/2020
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x