Buat Anda yang Malas, Simak 11 Trik Ini untuk Memaksakan Diri Hidup Aktif

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Semua orang pasti tahu kalau melakukan aktivitas fisik itu baik buat kesehatan. Akan tetapi, sekadar tahu saja kadang tidak cukup memotivasi Anda untuk mulai olahraga secara rutin. Apalagi bagi tipe orang yang suka menunda-nunda pekerjaan. Entah bagaimana, selalu ada alasan untuk menunda olahraga.

Padahal mulai hidup aktif itu tak sesulit yang Anda bayangkan, kok. Coba saja Anda terapkan beragam cara unik berikut ini.

1. Jalan lebih cepat

Anda mungkin sudah lama ingin mulai olahraga, tapi bingung mulai dari mana. Nah, Anda bisa memulai dengan aktivitas sederhana seperti jalan cepat. Saat Anda harus jalan kaki, misalnya waktu belanja di mal, cobalah untuk jalan lebih cepat dari biasanya.

Selain membantu membakar kalori lebih banyak, jalan cepat juga akan membuat Anda jadi terbiasa beraktivitas fisik. Tanpa terasa, Anda pun sebenarnya sudah mulai olahraga teratur setiap berjalan kaki.

2. Naik tangga

Biasakan untuk langsung memilih naik tangga, bukan naik eskalator atau lift. Misalnya di gedung kantor atau kampus. Kalau kantor Anda ada di lantai yang cukup tinggi, siasati dengan cara naik lift sampai kira-kira tiga lantai di bawahnya. Lalu lanjutkan dengan naik tangga.

3. Jalan kaki setelah makan

Habis makan pasti rasanya lemas dan mengantuk. Untuk melawan rasa kantuk habis makan sekaligus berolahraga ringan, usahakan untuk jalan kaki selama beberapa menit. Karena dilakukan setelah makan, secara tak sadar Anda pun akan melakukannya secara rutin dan teratur.

4. Parkir yang jauh

Kalau Anda biasa naik kendaraan sendiri, cobalah untuk parkir agak jauh dari tempat tujuan Anda. Misalnya parkir di gedung sebelah ketika mau jalan-jalan ke mal favorit. Atau pilih tempat parkir yang agak jauh dari pintu masuk supaya mau tidak mau Anda harus jalan kaki lebih jauh.

Sementara kalau Anda naik kendaraan umum, berhentilah agak jauh dari tempat tujuan Anda. Misalnya saat pulang dari kantor, jangan turun persis di depan rumah atau komplek. Lama-lama Anda pun akan terbiasa jalan jauh setiap hari.

5. Liburan sambil olahraga

Malas olahraga tapi semangat liburan? Tenang saja, triknya cukup sederhana. Pilih tujuan liburan yang dekat dengan alam supaya Anda bisa tetap aktif bergerak dan berolahraga. Misalnya ke pantai atau ke gunung. Mau tak mau, Anda pun pasti berenang atau hiking supaya tidak rugi sudah jauh-jauh berlibur.  

6. Rajin bersih-bersih rumah

Jangan salah, bersih-bersih rumah juga bisa membakar kalori. Anda bahkan tidak perlu repot-repot pergi ke gym atau pusat kebugaran. Jadi daripada minta tolong orang untuk mencuci mobil, motor, atau mengepel rumah, sebaiknya lakukan sendiri semua pekerjaan rumah tangga Anda.

7. Langganan di gym terdekat

Kalau Anda suka menunda-nunda olahraga teratur, cara yang efektif untuk memulainya adalah langsung mendaftar jadi anggota di gym terdekat. Kalau sudah mengeluarkan uang untuk langganan ngegym, mau tidak mau Anda pasti jadi lebih niat olahraga.

8. Latihan dengan personal trainer

Seorang personal trainer atau pelatih fitness bisa membantu Anda supaya lebih disiplin berolahraga. Ini tentu baik buat Anda yang tidak bisa mulai suatu pekerjaan kalau belum dikejar-kejar orang lain. Selain itu, personal trainer juga bisa mengarahkan jenis latihan seperti apa yang paling efektif buat Anda.

9. Olahraga bersama teman atau pasangan

Sudah bosan kencan atau bertemu teman-teman di kafe terus? Daripada hanya nongkrong atau menonton film di bioskop, lebih baik janjian untuk berolahraga bersama teman-teman, keluarga, atau pasangan Anda. Bila sudah membuat janji, Anda pun jadi lebih terdorong untuk mulai olahraga.

10. Mulai pelan-pelan

Anggapan bahwa olahraga itu melelahkan mungkin menghantui Anda sehingga Anda menunda terus rencana berolahraga. Karena itu, mulai pelan-pelan saja. Jangan langsung berolahraga secara intens dan gila-gilaan. Anda bisa pilih olahraga yang paling Anda sukai dulu. Misalnya naik sepeda, jogging, atau main futsal.

Anda juga tidak perlu langsung olahraga lama-lama tiap hari, kok. Bahkan olahraga tujuh menit sehari saja sudah bisa membantu menjaga kebugaran tubuh. Masih mau beralasan tidak punya waktu berolahraga?

11. Olahraga dengan musik

Berolahraga sambil mendengarkan musik favorit bisa meningkatkan motivasi dan energi Anda. Dengan begitu, olahraga teratur pun jadi terasa lebih mudah dan menyenangkan. Tak perlu ditunda-tunda lagi karena Anda malas atau sibuk.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Tremor Bisa Disembuhkan? Apa Saja Pengobatannya?

Dalam beberapa kasus, tremor bisa sembuh tapi bisa juga tidak. Tremor jenis apa yang bisa disembuhkan dan seperti apa pengobatannya? Cek di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Kesehatan Otak dan Saraf, Penyakit Saraf Lainnya 27 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

3 Fakta Tentang Hati (Liver) Manusia yang Ternyata Menakjubkan

Sebagai organ vital manusia, hati (liver) berperan penting dalam menjaga kesehatan. Cari tahu fakta tentang hati manusia berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kesehatan Pencernaan, Penyakit Hati (Liver) 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Trik Jitu Agar Tak Mudah Tergoda Makan Junk Food

Anda tidak bisa berhenti makan junk food? Tenang, ada siasat khusus untuk menghindari godaan makan makanan tak sehat. Intip caranya di sini, yuk.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Tips Makan Sehat, Nutrisi 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Lemas habis makan mungkin masih wajar. Tapi kalau Anda gemetaran atau berkeringat, bisa jadi tanda gula darah turun. Hal ini disebut hipoglikemia reaktif.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Penyakit Diabetes, Gula Darah Normal 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat kuat alami

11 Pilihan Obat Kuat Alami yang Bikin Pria Lebih Tahan Lama di Ranjang

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
menelan sperma

Apakah Bisa Hamil Jika Kita Menelan Sperma?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
gerakan olahraga melatih kelenturan tubuh

10 Gerakan Olahraga Untuk Meraih Kelenturan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
radiasi wi-fi

Benarkah Radiasi dari Wi-Fi Bisa Memicu Kanker Anak?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit