home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Bangun Tidur Langsung Lapar? Ini Penyebabnya

Bangun Tidur Langsung Lapar? Ini Penyebabnya

Pernahkan Anda merasa sangat lapar saat bangun tidur meskipun Anda sudah makan sebelum tidur? Jika pernah, mungkin Anda akan heran kenapa hal tersebut dapat terjadi. Dan, haruskah Anda merasa khawatir?

Tentunya, yang perlu Anda ketahui adalah, meskipun bangun di pagi hari dalam keadaan lapar dan perut keroncongan merupakan hal yang wajar terjadi, namun bagaimanapun, Anda tetap harus mencari tahu penyebabnya; karena bisa saja hal tersebut menandakan bahwa terdapat masalah dalam sistem pencernaan Anda.

Kenapa makan sebelum tidur itu tidak sehat

Makan di malam hari tepat sebelum Anda pergi tidur tidak dianjurkan untuk dilakukan, karena hal tersebut sama seperti Anda mempercepat waktu “sarapan” Anda dan membiarkan perut Anda kosong dalam waktu yang cukup lama.

Misalkan saja, Anda tidur pukul 10 malam dan bangun pukul 5 pagi; hal tersebut berarti Anda membiarkan perut Anda kosong selama 7 jam. Padahal, tubuh Anda akan bekerja optimal jika mendapatkan asupan makanan setiap 3 jam sekali. Terlebih, meskipun tubuh Anda sedang tertidur, tubuh Anda akan tetap bekerja keras untuk memperbaiki sel-sel dan otot yang rusak sehingga tubuh tetap membutuhkan energi atau bahan bakar saat tidur.

Untuk itu, tepat sebelum pergi tidur bukanlah waktu yang baik untuk makan karena akan mengganggu sistem pencernaan tubuh Anda dan dapat membuat Anda mengalami peningkatan berat badan dan terbangun dalam keadaan lapar.

Lalu kenapa bisa bangun tidur langsung lapar?

Berikut adalah alasan ilmiah mengapa Anda terbangun di pagi hari dalam keadaan lapar setelah makan larut malam :

1. Hipotalamus, pusat nafsu makan

Nafsu makan dan rasa lapar yang muncul pada diri Anda diatur oleh hipotalamus yang berada di otak. “Pusat nafsu makan” di otak tersebut nantinya akan mengkonsolidasikan dan menganalisis neurologis, hormonal, sinyal mekanik dan psikologis; mekanisme yang rumit tersebutlah yang mengontrol nafsu makan Anda termasuk dampak dari waktu makan. Dan tanpa Anda sadari, makan larut malam ternyata bisa memprovokasi perubahan fisiologis yang akan meningkatkan rasa lapar keesokan harinya.

Selain itu, pusat nafsu makan juga berperan dalam merespon tingkat kadar glukosa dalam darah Anda dan hormon tubuh Anda seperti ghrelin, leptin dan hormon tiroid. Fluktuasi pada hormon dan kadar glukosa darah ternyata juga akan berpengaruh pada nafsu makan Anda. Contohnya, kadar glukosa darah turun atau peningkatan hormon ghrelin akan menstimulasi rasa lapar; sementara peningkatan kadar glukosa atau hormon leptin akan menekan nafsu makan Anda.

2. Hormon insulin

Hormon insulin juga dapat mempengaruhi selera makan Anda. Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas sebagai respon dari makanan yang Anda konsumsi. Insulin akan merangsang sel-sel dalam hati, jaringan lemak dan otot untuk menyerap glukosa dan kemudian membakarnya untuk dijadikan energi bagi tubuh atau menyimpannya untuk cadangan energi tubuh. Di saat insulin membuat kadar glukosa Anda turun, pankreas dan kelenjar adrenal akan memproduksi hormon kontra-regulasi, seperti glukagon dan epinefrin.

Pusat-pusat nafsu makan di otak Anda distimulasi oleh kadar glukosa yang turun dan hormon kontra-regulasi yang akan membuat Anda merasa lapar lagi. Dengan demikian, semakin banyak insulin pankreas yang dihasilkan oleh tubuh Anda dalam merespon makanan yang Anda konsumsi, maka, semakin besar potensi Anda untuk merasa lapar lagi.

Ketika Anda makan tepat sebelum pergi tidur (khususnya makan makanan yang kaya akan gula dan karbihidrat), tubuh Anda akan memproduksi banyak hormon insulin dari pankreas. Setelah selesai diproduksi, insulin tersebut akan mendorong glukosa masuk ke dalam sel tubuh Anda, dan proses ini akan terus berlanjut meskipun Anda tidur.

Selama Anda tertidur, akan terus-menerus terjadi penurunan glukosa darah Anda yang kemudian akan merangsang pelepasan hormon kontra-regulasi, sehingga menyebabkan stimulasi pada pusat nafsu makan Anda. Sehingga karena proses tersebut, tidak mengherankan jika saat Anda bangun di pagi hari akan merasa sangat lapar; kecuali jika Anda bangun di tengah malam lalu makan untuk menghilangkan rasa lapar Anda yang tiba-tiba datang tersebut.

Jadi, apakah Anda masih penasaran kenapa Anda merasa sangat lapar ketika bangun tidur meskipun pada malam harinya sudah makan banyak?

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulis
Ditulis oleh Novi Sulistia Wati
Tanggal diperbarui 03/01/2017
x