home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Bahan Pengganti Mentega untuk Membuat Kue yang Lebih Sehat

5 Bahan Pengganti Mentega untuk Membuat Kue yang Lebih Sehat

Suka membuat kue dan ingin membuat kreasi kue yang baru? Anda mungkin bisa mengganti mentega dengan bahan lain. Mengganti mentega dapat mengurangi jumlah lemak dan kalori pada kue. Hal ini tentu menguntungkan bagi Anda yang suka makan kue tapi sedang ingin menurunkan berat badan. Lalu, apa saja bahan yang bisa menjadi pengganti mentega?

Kegunaan mentega dalam membuat kue

Saat membuat kue, salah satu bahan utama yang harus ada adalah mentega. Mentega merupakan bahan penting yang membuat sajian kue Anda terasa lebih lezat dan mempunyai tekstur yang pas. Bahkan, salah dalam menakar mentega saat membuat kue bisa membuat kue menjadi gagal, teksturnya kering, dan rasanya hambar.

Mentega adalah bahan yang membuat adonan kue menjadi lembut dan menyatu, serta membuat warna kue menjadi lebih cerah. Mentega dapat mengikat udara di dalam adonan yang dipanggang sehingga tekstur kue menjadi ringan dan lembut. Ini membuat rasa kue menjadi lezat.

Berbagai bahan yang lebih sehat bisa digunakan sebagai pengganti mentega

Peran mentega begitu penting saat membuat kue, tapi mentega bisa diganti. Sehingga, bagi Anda yang ingin membuat kue dengan kandungan kalori dan lemak lebih sedikit, Anda bisa mencoba cara ini. Mengganti mentega dengan bahan lain untuk membuat kue juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang mempunyai alergi susu atau intoleransi laktosa.

Beberapa bahan yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti mentega adalah:

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat menggantikan mentega dengan perbandingan 1 gram minyak kelapa untuk 1 gram mentega. Mengganti mentega dengan minyak kelapa dapat membuat sajian kue menjadi lebih sehat karena minyak kelapa cenderung mengandung lemak baik, dibandingkan mentega yang cenderung mengandung lemak jahat lebih banyak.

Namun, rasa kue yang dibuat dengan minyak kelapa mungkin agak berbeda. Seberapa besar perubahan rasa ini tergantung dari jenis minyak kelapa yang digunakan. Minyak kelapa yang tidak dimurnikan membuat rasa kue cenderung seperti rasa kelapa, dibanding minyak kelapa yang sudah melalui proses pemurnian.

2. Minyak zaitun

Tak hanya minyak kelapa, minyak zaitun juga bisa Anda gunakan sebagai pengganti mentega. Dalam 1 cangkir mentega, Anda bisa menggantinya dengan minyak zaitun sebanyak ¾ cangkir. Ini merupakan cara yang baik untuk mengurangi kandungan lemak jahat, kolesterol, dan natrium yang biasanya ada dalam kue dari mentega.

Mengganti mentega dengan minyak zaitun sangat tepat dilakukan pada resep kue yang mengandung buah atau kacang, atau pada kue yang mempunyai rasa gurih. Namun, minyak zaitun bukan pengganti yang tepat dalam resep kue yang membutuhkan lemak padat atau yang membutuhkan krim, seperti frosting kue.

3. Greek yogurt

Jika Anda ingin menambahkan kandungan protein dan membuat kue menjadi lebih lembut tanpa harus menambahkan banyak lemak dan kalori, maka mengganti mentega dengan greek yogurt merupakan cara yang tepat.

Penggunaan greek yogurt pada resep kue juga dapat membuat kue terasa manis, sehingga Anda tidak perlu banyak-banyak menambahkan gula lagi. Untuk membuat kue tetap creamy dan lembut, Anda bisa menggunakan yogurt full-fat. Cukup ganti 1 cangkir mentega dengan ½ cangkir greek yogurt untuk membuat kue Anda lebih sehat dan lezat.

4. Alpukat

Buah ini juga dapat menjadi pengganti mentega. Alpukat mengandung banyak nutrisi penting (seperti vitamin K dan kalium) serta lemak sehat. Anda cukup mengganti 1 gram mentega dengan 1 gram alpukat. Jangan lupa untuk membuat alpukat menjadi halus terlebih dahulu. Alpukat dapat memberi warna hijau alami pada kue Anda.

5. Saus apel

Saus apel dapat membuat sajian kue Anda menjadi lebih lembut tanpa harus meningkatkan jumlah kalori dan lemak yang ada di dalamnya. Selain itu, saus apel juga dapat memberi rasa manis pada kue, sehingga Anda tidak perlu repot menambahkan banyak gula lagi. Kandungan serat dalam apel juga menambah serat pada sajian kue Anda. Gantilah 1 gram mentega dengan 1 gram saus apel sesuai resep.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Elliott, Brianna. (2016). What Are the Best Substitutes for Butter?. [online] Authority Nutrition. Available at: https://authoritynutrition.com/best-butter-substitutes/ [Accessed 19 Jul. 2017].

Steinhilber, B. (2015). 6 Healthy Alternatives to Butter. [online] Available at: http://www.everydayhealth.com/news/healthy-alternatives-to-butter/ [Accessed 19 Jul. 2017].

Anderson, C. (2015). Healthy Substitute for Butter in Cakes. [online] Available at: http://www.livestrong.com/article/509208-healthy-substitute-for-butter-in-cakes/ [Accessed 19 Jul. 2017].

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Arinda Veratamala
Tanggal diperbarui 22/05/2020
x