backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Bahan Pengganti Mentega yang Lebih Sehat

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 26/03/2024

7 Bahan Pengganti Mentega yang Lebih Sehat

Bahan pengganti mentega diperlukan ketika Anda ingin mengurangi atau menghindari asupan mentega karena suatu alasan. Beberapa alasan bisa terkait kondisi kesehatan atau mengubah pola makan, seperti intoleransi laktosa, alergi susu, atau mengurangi asupan lemak jenuh. Apa saja alternatif mentega yang lebih sehat?

Daftar bahan pengganti mentega

Margarin dan mentega merupakan bahan yang populer digunakan masyarakat sebagai olesan pada roti dan membuat kue atau kukis. Mentega memberikan rasa gurih dan tekstur yang lembut pada makanan.

Sayangnya, tidak semua orang bisa mengonsumsi mentega karena berbagai alasan, seperti alergi susu dan intoleransi laktosa.

Anda mungkin ingin menghindari mentega karena tinggi akan lemak jenuh. Asupan lemak jenuh yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, kolesterol, dan penyakit kardiovaskular lainnya. 

Jika ingin mengurangi atau menghindari asupan mentega, tetapi ingin rasa dan tekstur masakan tetap gurih dan creamy, Anda bisa menggunakan bahan pengganti berikut ini.

1. Minyak kelapa

manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil

Minyak kelapa dapat dijadikan bahan pengganti mentega dengan perbandingan 1 gram minyak kelapa untuk 1 gram mentega. 

Mengganti mentega dengan minyak kelapa dapat membuat sajian kue menjadi lebih sehat. Pasalnya, minyak kelapa mengandung lemak baik, dibandingkan mentega yang cenderung mengandung lemak jenuh dan lemak trans lebih banyak.

Namun, rasa kue yang dibuat dengan minyak kelapa mungkin agak berbeda. Seberapa besar perubahan rasa ini tergantung dari jenis minyak kelapa yang digunakan.

2. Minyak zaitun

Tak hanya minyak kelapa, minyak zaitun juga bisa Anda gunakan sebagai pengganti mentega. Untuk 1 cangkir mentega, Anda bisa menggantinya dengan minyak zaitun sebanyak ¾ cangkir.

Ini merupakan cara yang baik untuk mengurangi kandungan lemak jenuh, kolesterol, dan natrium yang biasanya ada dalam mentega.

Namun, minyak zaitun bukan pengganti yang tepat untuk resep kue yang membutuhkan lemak padat atau yang membutuhkan krim, seperti frosting cake.

3. Greek yoghurt

Jika Anda ingin menambahkan kandungan protein dan membuat kue menjadi lebih lembut tanpa harus menambahkan banyak lemak dan kalori, gantilah mentega dengan greek yogurt.

Penggunaan greek yogurt pada resep kue juga dapat membuat kue terasa manis, sehingga Anda tidak perlu banyak-banyak menambahkan gula lagi. 

Untuk membuat kue tetap creamy dan lembut, Anda bisa menggunakan full-fat yogurt. Cukup ganti 1 cangkir mentega dengan ½ cangkir greek yogurt untuk membuat kue Anda lebih sehat dan lezat.

4. Saus apel

Saus apel dapat dijadikan sebagai pengganti mentega dan membuat sajian kue menjadi lebih lembut, tanpa harus meningkatkan jumlah kalori dan lemak yang ada di dalamnya.

Selain itu, saus apel juga dapat memberi rasa manis pada kue, sehingga Anda tidak perlu repot menambahkan banyak gula lagi. 

Kandungan serat dalam apel juga menambah serat pada sajian kue Anda. Gantilah 1 gram mentega dengan 1 gram saus apel sesuai resep.

5. Alpukat

alpukat untuk kolesterol

Buah alpukat juga dapat menjadi pengganti mentega. Anda cukup mengganti 1 gram mentega dengan 1 gram alpukat. 

Jangan lupa untuk membuat alpukat menjadi halus sebelum dioleskan pada roti atau dijadikan campuran untuk memanggang kue atau kukis.

Karena alpukat memiliki kandungan air yang tinggi, Anda mungkin perlu menyesuaikan jumlah cairan dalam resep. Mungkin Anda perlu menambahkan lebih banyak tepung untuk menjaga konsistensi adonan.

6. Pumpkin puree

Pumpkin puree alias labu tumbuk adalah pengganti mentega yang kaya akan zat gizi. Labu tumbuk memiliki rasa yang lembut dan manis, yang dapat menambah rasa pada kue atau roti. 

Salah satu penelitian dalam jurnal Plants mengatakan bahwa labu bermanfaat sebagai sumber antioksidan, mempercepat penyembuhan luka, serta bersifat antimikroba.

Ketika Anda menggunakan pumpkin puree sebagai pengganti mentega, disarankan untuk menggunakan sekitar ¾ dari jumlah mentega yang diminta dalam resep.

7. Pisang tumbuk

Menggunakan pisang tumbuk sebagai pengganti mentega dalam resep kue atau roti dapat memberikan nutrisi tambahan dan mengurangi kandungan kalori dan lemak. 

Pisang tumbuk kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, sehingga dapat meningkatkan variasi zat gizi dari makanan yang Anda buat.

Untuk menggunakannya, pilihlah pisang yang sudah matang cenderung hampir busuk. Hal ini karena pisang yang matang memiliki rasa yang lebih manis dan tekstur yang lebih lembut, sehingga lebih cocok untuk digunakan dalam resep.

Nah itu, tadi merupakan beberapa bahan pengganti mentega yang bisa Anda pilih. 

Penggunaan bahan alternatif dalam resep bisa membuat kue dan roti lebih sehat, dengan tambahan zat gizi tanpa harus mengurangi rasa atau teksturnya.

Apa saja bahan pengganti mentega?

Berikut ini bahan-bahan yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti mentega.
  • Minyak kelapa.
  • Minyak zaitun.
  • Greek yogurt.
  • Alpukat.
  • Saus apel.
  • Pumpkin puree.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 26/03/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan