backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Manfaat Greek Yogurt untuk Wajah dan Rambut

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 25/10/2023

7 Manfaat Greek Yogurt untuk Wajah dan Rambut

Selain bermanfaat untuk pencernaan, greek yogurt ternyata memiliki kandungan yang membantu melembapkan kulit dan mendukung pertumbuhan rambut. Ketahui lebih lanjut tentang manfaat greek yogurt untuk wajah dan rambut selengkapnya.

Manfaat greek yogurt untuk wajah dan rambut

Greek yogurt adalah jenis yogurt yang melewati tiga kali proses penyaringan  sehingga menghasilkan tekstur yang lebih kental. Yoghurt ini juga memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari yogurt biasa. 

Untuk manfaat greek yogurt terhadap kulit dan rambut, sebenarnya belum ada penelitian yang menguji hal tersebut secara langsung.

Namun, greek yogurt memiliki kandungan berkhasiat yang tidak jauh berbeda dengan yoghurt biasa, seperti probiotik dan asam laktat.

Manfaat di bawah ini merujuk pada penelitian dan temuan mengenai kandungan yoghurt tersebut, yang juga terdapat dalam greek yogurt, dan kegunaannya untuk kesehatan kulit dan rambut.

1. Melembapkan kulit

Tranexamic acid untuk kulit wajah

Salah satu manfaat greek yogurt untuk kecantikan adalah membantu melembapkan kulit.

Studi dalam Journal of Cosmetic Science melakukan penelitian untuk melihat efektivitas masker yoghurt bagi kulit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masker yoghurt dapat meningkatkan kelembapan kulit.

Tingkat kelembapan dahi meningkat menjadi 89%, kelembapan pipi sebanyak 140%, dan kelembapan dagu sebanyak 123 persen.

Tidak hanya itu, penelitian tersebut juga menyebutkan penggunaan masker alami dari yoghurt dapat membantu menjaga elastisitas kulit.

2. Meredakan jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering terjadi. Kondisi ini diakibatkan oleh penumpukan minyak di kulit serta infeksi bakteri.

Greek yogurt memiliki kandungan probiotik atau bakteri baik seperti Lactobacillus plantarum yang diketahui bermanfaat untuk meredakan jerawat.

Sebuah studi dalam Journal Cosmetic and Science mengungkapkan bahwa ekstrak Lactobacillus plantarum yang dioleskan ke kulit dapat membantu mengurangi ukuran jerawat dan kemerahan pada kulit. 

3. Mengangkat sel kulit mati

Sel kulit mati yang menumpuk dapat menyebabkan kulit terlihat kusam dan rentan berjerawat. Oleh karena itu, melakukan eksfoliasi wajah merupakan hal penting. 

Selain menggunakan produk skincare, yoghurt bisa menjadi pilihan eksfoliator alami yang bisa Anda coba. 

Yoghurt memiliki kandungan asam laktat yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan memberikan kesempatan bagi sel kulit baru untuk beregenerasi.

4. Mencegah penuaan kulit

Kandungan probiotik di dalam greek yogurt juga dapat membantu mencegah penuaan kulit.  

Studi dalam Journal Microbiology and Biotechnology. melakukan percobaan pada 110 orang berusia 41 – 59 tahun dengan masalah kulit kering dan keriput. 

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas makanan sumber probiotik dalam mengatasi masalah penuaan kulit.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan sumber probiotik dapat mengurangi keriput dan meningkatkan kelembapan kulit. 

5. Meratakan warna kulit

Warna kulit yang tidak merata memang dapat menurunkan kepercayaan diri. Nah, greek yogurt bisa menjadi salah satu bahan alami yang bisa Anda coba untuk membantu meratakan warna kulit.

Kandungan probiotik di dalam greek yogurt diketahui dapat mengurangi produksi melanin, yakni pigmen yang memberikan warna kulit. Produksi melanin yang berlebih bisa menggelapkan warna kulit. 

Probiotik bekerja dengan menghambat enzim tirosinase, yaitu enzim yang berperan dalam produksi melanin di kulit.

6. Mendukung pertumbuhan rambut

Tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan kulit, greek yogurt juga memiliki manfaat untuk mendukung pertumbuhan rambut.

Hal ini karena greek yogurt memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dibandingkan dengan yoghurt biasa.

Protein merupakan salah satu komponen penting yang dibutuhkan untuk menumbuhkan rambut. Pasalnya. batang rambut hampir seluruhnya terdiri dari protein. 

7. Mengurangi ketombe

Manfaat greek yogurt untuk rambut selanjutnya adalah mengurangi ketombe. 

Studi dalam jurnal Beneficial Microbes melakukan penelitian mengenai manfaat mengonsumsi yoghurt untuk mengatasi ketombe.

Penelitian tersebut dilakukan pada 60 orang pria berusia antara 18 – 60 tahun dengan masalah ketombe sedang hingga parah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi yoghurt selama 56 hari secara teratur dapat membantu mengurangi tingkat keparahan dan gejala ketombe. 

Cara menggunakan greek yogurt untuk wajah dan rambut

Untuk mendapatkan manfaat greek yogurt bagi kesehatan kulit dan rambut, Anda dapat langsung mengonsumsi atau menggunakanya sebagai masker alami wajah dan rambut.

Simak caranya menggunakannya sebagai berikut. 

1. Greek yogurt untuk wajah

masker yogurt

Untuk membuat masker wajah, gunakan jenis yoghurt polos tanpa tambahan pengawet dan gandum. Selanjutnya, aplikasikan yoghurt ke wajah Anda.

Kemudian, pijat wajah dengan gerakan memutar dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin.

Untuk perawatan kulit berjerawat, aplikasikan greek yogurt polos langsung ke area jerawat atau tempat-tempat yang rentan terkena jerawat. Diamkan semalaman, cuci muka dengan air dingin di pagi hari.

2. Greek yogurt untuk rambut

Anda dapat menggunakan greek yogurt sebagai bahan alami untuk membuat masker rambut. Caranya, oleskan greek yogurt pada kulit kepala 

Setelah itu, bungkus rambut dengan handuk hangat atau shower cap. Kemudian, biarkan selama 30 menit hingga benar-benar meresap dan cuci rambut Anda seperti biasa.

Selain sebagai masker rambut, Anda juga dapat memanfaatkan greek yogurt sebagai kondisioner rambut alami. Tuang greek yogurt ke dalam mangkuk dan tambahkan gel lidah buaya serta minyak kelapa secukupnya. 

Aduk adonan hingga rata. Lalu, aplikasikan kondisioner alami ini ke batang rambut Anda, mulai dari tengah hingga ke ujungnya. Selanjutnya, bilas menggunakan sampo.

Guna mendapatkan manfaat secara menyeluruh untuk kesehatan, Anda dapat mengonsumsi greek yogurt setiap hari.

Jika muncul efek samping setelah menggunakan yoghurt untuk perawatan kulit dan rambut, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 25/10/2023

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan