Kenapa Wanita Lebih Cepat Gemuk Dibanding Pria?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Wanita lebih cepat gemuk daripada pria? Hal ini mungkin sudah sering Anda dengar. Saat usia mulai bertambah tua, banyak orang dewasa menjadi kelebihan berat badan, terutama pada wanita. Anda mungkin sering menemukan wanita paruh baya mempunyai tubuh yang lebih gemuk dibandingkan pria seusianya. Namun, tahukah Anda mengapa hal ini bisa terjadi?

Tubuh wanita menyimpan lebih banyak lemak dibanding pria

WHO telah melaporkan bahwa tingkat obesitas lebih tinggi pada wanita dibandingkan dengan pria, bahkan mencapai dua kali lebih tinggi dibandingkan pria.  Hal ini mungkin disebabkan oleh asupan makan dan tingkat aktivitas. Namun lebih dari itu, ternyata hal ini disebabkan karena pengaturan dalam tubuh wanita itu sendiri. Salah satunya mungkin karena tubuh wanita mampu menyimpan lebih banyak lemak dibandingkan pria.

Faktanya, tubuh wanita lebih banyak terdiri dari lemak, sedangkan tubuh pria lebih banyak terdiri dari otot. Hal ini terjadi karena pria lebih banyak memiliki hormon testosteron dibandingkan wanita. Ini merupakan faktor genetik.

Karena massa otot pria lebih banyak, kebutuhan kalori pria pun lebih banyak dibandingkan dengan wanita. Hal ini membuat pria tidak terlalu masalah jika makan terlalu banyak. Berbeda dengan wanita yang kebutuhan kalorinya lebih sedikit. Jadi, jika wanita makan sedikit lebih banyak saja, ini dapat membuat wanita mengalami kenaikan berat badan dengan cepat.

Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa terdapat bagian otak yang turut berkontribusi pada kenaikan berat badan pada wanita yang lebih mudah. Terdapat bagian otak yang mengatur bagaimana tubuh menggunakan kalori dari makanan yang kita makan dan bagian ini berbeda antara wanita dan pria. Sel-sel pada bagian otak ini membuat hormon otak penting yang disebut dengan peptida proopiomelanocortin (POMC). Peptida ini bertanggung jawab dalam mengatur nafsu makan, aktivitas fisik, pengeluaran energi, dan berat badan.

Semakin bertambah usia wanita, semakin cepat gemuk

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes juga membantu menjelaskan mengapa wanita lebih mudah mengalami kenaikan berat badan dibandingkan pria.  Penelitian yang melibatkan tikus ini menunjukkan bahwa tikus betina dengan diet lemak tinggi memiliki aktivitas enzim aldehyde dehydrogenase 1 (aldh1a1) lebih tinggi, sehingga dapat menyimpan lemak lebih banyak di sekitar perut (lemak viseral), dibandingkan dengan tikus jantan dengan diet lemak tinggi. Perlu Anda ketahui bahwa lemak viseral berhubungan dengan peningkatan risiko diabetes mellitus tipe 2 dan penyakit jantung.

Enzim aldehyde dehydrogenase 1 merupakan enzim yang terlibat dalam produksi lemak dan ditemukan pada tikus dan juga manusia. Adanya peningkatan enzim aldh1a1 membuat wanita lebih cepat gemuk dibandingkan pria, walaupun keduanya sama-sama memiliki diet tinggi lemak.

Kadar enzim aldehyde dehydrogenase 1 (terutama) meningkat pada wanita yang telah menopause karena kadar hormon estrogen menurun. Ya, kadar hormon estrogen yang tinggi dapat menghalangi kerja enzim ini. Sehingga, wanita muda dengan kadar hormon estrogen tinggi mungkin lebih sulit untuk mengalami kenaikan berat badan dibandingkan dengan wanita yang sudah menopause.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Urat menonjol pada permukaan kulit memang kerap ditemui pada orang berusia lanjut. Lalu apa artinya kalau masih muda sudah mengalami kondisi ini?

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah yang Sayang Dilewatkan

Anda pasti sudah akrab dengan manfaat daun sirih untuk hentikan mimisan. Meski begitu, masih ada banyak lagi khasiat daun sirih untuk kesehatan. Penasaran?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

11 Cara Jitu Mengusir Rasa Sedih dan Galau Dalam Hati

Ternyata menonton film sedih bukan cuma membuat kita menangis, tapi ada juga manfaat lainnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Manfaat Buah Stroberi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda, buah stroberi dapat membantu mencegah katarak dan menurunkan tekanan darah? Apalagi manfaat buah merah asam ini untuk kesehatan tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Fakta Gizi, Nutrisi 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

sakit kepala setelah makan

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
strategi menahan lapar

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
resep oatmeal sehat

7 Resep Oatmeal Sehat dan Mudah untuk di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
bahaya rokok, bahaya merokok bagi kesehatan, dampak rokok, efek rokok, berhenti merokok

Bahaya Merokok Terhadap Daya Tahan Tubuh Manusia

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit