home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

10 Rekomendasi Suplemen Penambah Massa Otot

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Rekomendasi Suplemen Penambah Massa Otot

Cara untuk meningkatkan massa otot adalah dengan berolahraga rutin dan mengonsumsi makanan bergizi. Pembentukan massa otot tidak bisa terjadi secara instan, perlu waktu yang cukup lama untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Namun, jika Anda tidak melihat perubahan apa pun setelah latihan terus-menerus, Anda mungkin memerlukan suplemen pembentuk otot.

Dilansir dari Healthline, terdapat 6 jenis suplemen yang dapat membantu Anda meningkatkan massa otot dalam program latihan Anda. Suplemen yang dimaksud adalah Creatine, Protein, Weight Gainers, Beta-Alanine, Branched-Chain Amino Acids (BCAA), dan Beta-hydroxy beta-methylbutyrate (HMB).

Cara Kami Memilih Produk

Sebelum menyajikan berbagai pilihan rekomendasi suplemen penambah massa otot dalam artikel ini, kami telah melakukan berbagai riset untuk mengetahui fungsi dan kesediaan produk ini di pasaran.

Kami melakukan berbagai riset pasar untuk mengetahui merek apa saja yang paling banyak dicari dan digunakan dengan membaca review-review produk di berbagai forum maupun penilaian e-commerce. Dengan melakukan ini, kami ingin memastikan produk yang kami rekomendasikan mudah ditemukan di toko online.

Berikut ini kami telah mengumpulkan beberapa merek suplemen yang mengandung salah satu dari enam jenis suplemen yang telah disebutkan sebelumnya. Masing-masing suplemen pembentuk otot ini memiliki keunggulannya tersendiri, Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan.

10 Rekomendasi Suplemen Pembentuk Otot

1. L-Men Gain Mass

L-Men Gain Mass adalah suplemen penambah berat badan yang efektif untuk meningkatkan massa otot hingga 1 kilogram dalam seminggu (telah teruji secara klinis).

Selain itu, suplemen rendah lemak dan bebas gula ini juga mengandung BCAA dan L-Glutamine yang berfungsi menaikkan daya tahan otot agar tidak diurai setelah berolahraga dan meningkatkan produksi hormon pertumbuhan.

L-Men Gain Mass diformulasikan secara khusus untuk peningkatan massa otot dan bukan massa lemak tubuh.

Cara Konsumsi:

  • Untuk hasil maksimal, minum 2 gelas L-Men Gain Mass setiap hari sebagai pengganti makan pagi dan malam.

2. Optimum Nutrition Serious Mass

Formula penambah berat badan yang dirancang khusus bagi atlet yang ingin mendapatkan penampilan fisik yang lebih serius, membantu membentuk otot, dan penambahan berat badan.

Dalam setiap penyajiannya terkandung 1250 kalori yang berasal dari karbohidrat kompleks, Whey Protein, Casein, Egg albumen, Creatine Monohydrate, dan Glutamine.

Cara Konsumsi:

  • Campurkan 2 scoop Serious Mass ke dalam blender berisi 3 gelas air dingin atau susu.
  • Blender dengan kecepatan tinggi selama kurang lebih 45 – 60 detik atau hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  • Anda juga bisa menambahkan buah-buahan, selai kacang, dan makanan berkalori lainnya.
  • Untuk pengguna baru, disarankan untuk memulai dengan porsi setengah sendok. Gunakan pasca-latihan dan/atau di antara waktu makan untuk menambahkan kalori, karbohidrat, dan protein ke dalam diet sehat dan seimbang Anda.

3. Evolene Evomass

Evomass adalah susu tinggi protein, karbohidrat, dan kalori dari Evolene. Diformulasikan untuk Anda yang ingin menambah massa otot dan menaikkan berat badan tanpa bikin perut buncit .

Susu rendah lemak ini juga membantu mempercepat pemulihan otot dan pembentukan otot. Evomass juga sudah lulus GMP (Good Manufacturing product) sehingga kandungannya dipastikan sudah sesuai dengan kandungan pada label kemasan.

Cara Konsumsi :

  • Campurkan 6 scoops per 500 ml air suplemen Evomass Gainer Evolene.
  • Sebaiknya dibagi menjadi 2-3 kali minum (2 scoop per sekali minum 3 kali sehari, atau 3 scoop per sekali minum 2 kali sehari)

4. ANS Creatine Monohydrate

ANS Creatine Monohydrate adalah produk creatine dari ANS yang telah diuji secara klinis. Creatine monohydrate sendiri merupakan kebutuhan bagi setiap orang sebagai asupan bagi otot yang cedera pasca latihan sehingga dapat mempercepat pemulihannya.

Creatine juga memberikan phosphocreatine yang bekerja sebagai molekul penyimpan energi selama berolahraga. Oleh karena itu, ketika otot kita kehabisan creatine, sistem energi akan melemah dan otot kita tidak bisa lagi bekerja secara optimal.

Suplemen ini berfungsi untuk meningkatkan tenaga, daya tahan otot, dan stamina sehingga membuat latihan Anda lebih efektif dan tahan lama. Otot Anda juga akan terbentuk bebas dari lemak.

Cara Konsumsi:

  • Creatine Loading: 1 sendok (5gr) Creatine saat sarapan, makan siang, dan malam, serta 1 sendok tambahan sebelum tidur selama 4-5 hari untuk membantu mengisi otot Anda dengan creatine.
  • Creatine Maintenance: 1 sendok (5gr) Creatine saat makan atau segera setelah latihan dengan protein shake pasca latihan Anda.
  • Tips: Minumlah setidaknya delapan gelas air setiap hari saat mengonsumsi creatine. Mengkonsumsi karbohidrat sederhana dengan creatine dapat membantu meningkatkan efektivitas secara keseluruhan.

5. Muscle First Pro Gold Creatine

M1 Gold Pro Creatine merupakan suplemen yang diformulasikan untuk menambah dan menebalkan massa otot dalam tubuh. Produk ini telah diolah secara halal, lulus uji Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan mendapatkan sertifikasi GMP.

Suplemen ini juga cocok untuk Anda yang ingin mendefinisi otot lebih sempurna, serta menambah tenaga dan durabilitas saat beraktivitas.

Cara Konsumsi:

  • Jika sedang berolahraga: 5gr sebelum dan 5gr sesudah olahraga dicampur air dingin 100-150 ml
  • Jika sedang tidak berolahraga: 10g di pagi hari setelah sarapan dicampur air dingin 100-150 ml

6. Optimum Nutrition Creatine Powder

Optimum Nutrition Creatine Powder adalah suplemen yang membantu meningkatkan kekuatan dan massa otot, ketahanan tubuh dalam latihan yang intens, dan memperbaiki kerusakan dan peradangan sel otot akibat latihan.

Suplemen ini menggunakan metode pengolahan khusus sehingga Optimum Nutrition Creatine Powder tidak berbau dan tidak memiliki rasa tertentu.

Cara Konsumsi

  • Tambahkan 1 sendok teh Creatine Powder ke dalam segelas (240-360 ml) air dingin atau jus buah. Aduk dengan sendok.
  • Creatine Loading: Ambil 1 sendok teh Bubuk Creatine Micronized dengan makan pagi, siang, dan malam dan 1 sendok teh tambahan sebelum tidur selama 4-5 hari untuk membantu memenuhi otot Anda dengan creatine.
  • Creatine Maintenance:: Ambil 1 sendok teh Bubuk Creatine Micronized dengan makanan atau segera setelah latihan dengan protein shake pasca latihan Anda.
  • Tips: Minumlah setidaknya 8 gelas air setiap hari saat mengonsumsi creatine. Mengkonsumsi karbohidrat sederhana dengan creatine dapat membantu meningkatkan efektivitas secara keseluruhan.

7. Mutant Creakong

Creakong merupakan formula pengembangan creatine dari Mutant. Di mana dia menggabungkan 3 jenis creatine yang telah teruji secara klinis memberikan manfaat optimal dalam meningkatkan kekuatan dan ukuran massa otot tanpa penambahan bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh.

Suplemen ini juga membantu meningkatkan kecepatan kontraksi otot dan sintesis protein, serta meningkatkan daya tahan dan kekuatan sewaktu latihan.

Cara Konsumsi

  • Ambil satu sendok penuh (4gr) suplemen dan campurkan 230-320 ml air dingin, 20-30 menit sebelum latihan.

8. XTEND BCAA

Didukung oleh 7 gram branched-chain amino acids (BCAA), yang telah terbukti secara klinis mendukung pemulihan dan pertumbuhan otot, XTEND juga mengandung elektrolit yang menghidrasi dan bahan kinerja tambahan untuk membantu Anda mengisi tenaga, memperbaiki, dan memulihkan diri.

Scivation XTEND memiliki formulasi yang cocok untuk memaksimalkan latihan dan meningkatkan sintesis protein otot yang optimal.

Suplemen pembentuk otot ini juga dilengkapi glutamin, yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan hormon pertumbuhan, serta dan citrulline, yang berfungsi untuk menghilangkan racun dalam hati.

Cara Konsumsi

  • Sebagai suplemen makanan, campur setiap sendok dalam 300-420 ml air dan kocok rata.
  • Pada hari pelatihan, konsumsi 1 sendok saat berolahraga dan 1 sendok setelah berolahraga.
  • Pada harinon-pelatihan, konsumsilah 2 sendok sepanjang hari.
  • Untuk hasil terbaik, gunakan dua sendok per hari.

9. RSP True Gain

RSP True Gain adalah suplemen dengan bahan utama Whey Isolate yang membantu dalam pembangunan dan penambahan massa otot. Suplemen ini juga berguna untuk mengoptimalkan pemulihan pelatihan.

RSP True Gain ini tinggi akan glutamine dan dibuat tanpa Amino Spiking, pemanis buatan, dan bahan kimia tambahan lainnya.

Cara Konsumsi

  • Campurkan 2 scoop RSP True Gain ke dalam 475-600 ml air putih, konsumsi di siang dan setelah latihan
  • Konsumsi 1-2 kali sehari untuk kebutuhan protein sehari-hari
  • Konsumsi sebagai pengganti makan atau post-workout secukupnya, sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

10. BPI Sports Best BCAA

BPI Sports Best BCAA terdiri atas branched-chain amino acids (BCAA) dan asam linoleat terkonjugasi (CLA) untuk mendukung pertumbuhan otot, metabolisme, mencegah penyimpanan lemak, kinerja atletik, dan pemulihan pasca-latihan.

BCAA terdiri atas leusin, isoleusin dan valin yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan otot dengan merangsang sintesis protein dan mencegah katabolisme protein.

Cara Konsumsi:

  • 1 scoop waktu latihan dengan air 300-400 ml dan 1 scoop setelah latihan.
health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Angelin Putri Syah Diperbarui seminggu yang lalu
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team