Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Yuk, Kenali Manfaat Susu Kental Manis dalam Menu Sarapan!

    Yuk, Kenali Manfaat Susu Kental Manis dalam Menu Sarapan!

    Menambahkan susu kental manis dalam sajian sarapan bukanlah hal yang asing bagi sebagian orang. Perlu Anda ketahui, bahwa ternyata memang ada sejumlah manfaat dari penggunaan susu kental manis untuk sarapan Anda. Berikut ulasannya.

    Kandungan dalam susu kental manis

    Tekstur susu kental manis yang dikenal berbeda dengan jenis susu lainnya, dihasilkan dari teknik khusus yang berfungsi menghilangkan kandungan air di dalamnya.

    Susu kental manis juga melalui proses sterilisasi agar bisa tahan lama dalam kemasan kaleng, pouch, ataupun saset.

    Dalam satu porsinya setara 38-40 gram, terdapat 130 kkal yang dapat bermanfaat sebagai penambah kebutuhan kalori harian Anda.

    Selain itu, bahan dasar susu sapi di dalamnya juga memiliki kadar vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

    Mengonsumsi sesuai dengan takaran yang dianjurkan pada label kemasan, dapat membantu Anda mencukupi kebutuhan kalori harian.

    Manfaat susu kental manis untuk sarapan

    Tak hanya menambah kenikmatan pada menu camilan, susu kental manis juga bisa Anda sajikan dalam menu sarapan dan dapat memberi sejumlah manfaat berikut.

    1. Penambah asupan energi

    Sebagai bekal untuk memulai aktivitas harian Anda, sarapan yang Anda konsumsi sebaiknya memiliki nutrisi yang dapat menyumbang energi bagi tubuh.

    Menyajikan menu sarapan dengan tambahan susu kental manis bisa menjadi salah satu asupan sumber energi yang tepat untuk Anda dan keluarga.

    Pasalnya, selain mengandung kalori sebanyak 130 kkal dalam satu porsinya, susu kental manis dengan kemasan bertulis “Full Cream” juga mengandung protein, kalsium, serta vitamin yang dapat bermanfaat bagi tubuh asalkan digunakan dengan sesuai aturan pakai yang tertera di label kemasan.

    Dengan menyajikan menu sarapan bersama susu kental manis dalam porsi yang tepat, sarapan Anda dapat terasa lebih nikmat dan sarapan memberikan energi kegiatan beraktivitas sehari-hari.

    2. Menambah cita rasa menu sarapan

    Susu kental manis dikenal dengan rasa khasnya yang gurih dan legit.Itulah sebabnya, susu ini seringkali dijadikan sebagai topping atau campuran makanan untuk menambah cita rasa.

    Selain itu, teksturnya yang kental juga dapat menambah kenikmatan menu sarapan Anda. Hal ini tentu saja bermanfaat bagi sebagian orang yang jarang sarapan pagi karena tidak berselera makan.

    Dengan menyajikan makanan yang lezat dan kaya rasa karena dipadukan dengan susu kental manis, Anda dan keluarga akan jadi lebih berselera untuk menyantap sarapan pagi.

    3. Praktis dan mudah diolah

    Bagi sebagian orang yang punya waktu relatif sedikit di pagi hari untuk menyiapkan sarapan, akan lebih cocok dengan menu sarapan yang simpel dan praktis.

    Susu kental manis dapat Anda jadikan pilihan karena relatif lebih praktis dan mudah untuk diolah dengan menu sarapan.

    Anda dapat membuat kreasi makanan seperti roti tawar dengan topping susu kental manis, serta minuman yang dicampur dengan susu kental manis agar bisa jadi santapan pagi yang nikmat dan praktis.

    Penggunaan susu kental manis dalam menu sarapan

    Agar manfaatnya bisa Anda dapatkan dengan baik, perhatikan penggunaan susu kental manis untuk sarapan Anda.

    1. Gunakan sebagai topping

    Untuk penggunaan susu kental manis yang tepat dalam menu sarapan, sebaiknya jadikan susu kental manis sebagai pendamping sajian Anda.

    Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menghimbau untuk menjadikan susu kental manis sebagai topping, pelengkap, atau campuran pada makanan dan minuman Anda.

    Anda dapat menggunakannya sebagai topping dalam sajian seperti pancake, roti bakar, salad buah, atau tambahan rasa manis pada sajian minuman seperti kopi atau teh.

    2. Perhatikan label produk di balik kemasan

    Selalu perhatikan label di balik kemasan sebelum membeli dan menggunakannya. Pilihlah produk susu kental manis yang memiliki kandungan lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

    Selain itu, perhatikan pula porsi yang tertera dalam label kemasan agar Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan.

    Resep menu sarapan dengan susu kental manis

    Berikut pilihan resep sarapan dengan susu kental manis yang bisa Anda buat di rumah.

    1. Roti panggang cokelat keju susu

    roti bakar pakai susu kental manis

    Bahan-bahan:

    • 4 lembar roti tawar
    • 4 sdm meses cokelat
    • 2 sdm keju parut
    • 1 saset susu kental manis
    • margarin secukupnya

    Cara membuat:

    1. Siapkan roti tawar dan olesi dengan margarin.
    2. Taburi roti dengan meses dan keju parut.
    3. Tuang susu kental manis ke atas lapisan meses dan keju pada roti.
    4. Tutup roti dengan lembar roti lain, lalu oleskan margarin pada sisi luar roti
    5. Panggang roti hingga matang di kedua sisi.
    6. Setelah matang, angkat dan potong roti sesuai selera, lalu sajikan.

    2. Roti panggang pisang susu

    roti panggang pakai susu kental manis

    Bahan-Bahan:

    • 4 lembar roti tawar
    • 1 buah pisang
    • 2 sdm selai kacang
    • 2 sdm susu kental manis
    • 2 sdm mentega

    Cara membuat:

    1. Potong tipis pisang
    2. Siapkan roti tawar dan olesi dengan selai kacang
    3. Taruh pisang ke atas lapisan selai kacang pada roti
    4. Tuang susu kental manis
    5. Tutup roti dengan lembar roti lain, lalu oleskan mentega pada sisi luar roti
    6. Panggang roti hingga matang di kedua sisi
    7. Potong roti sesuai selera dan sajikan

    Penggunaan susu kental manis untuk sarapan bisa bermanfaat selama penerapannya dilakukan secara tepat. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu bijak dalam menggunakan dan mengonsumsinya.

    health-tool-icon

    Kalkulator Kebutuhan Kalori

    Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Badan Pengawas Obat Dan Makanan – Republik Indonesia. (2021). Retrieved from https://www.pom.go.id/new/view/more/klarifikasi/141/PENJELASAN-BADAN-POM-RI-Tentang–Pemberitaan-Susu-Kental-Manis–SKM-.html 

    Breakfast. (2020). Retrieved from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/breakfast#ideas-for-healthy-breakfast-foods 

    Characterization of functional sweetened condensed milk formulated with flavoring and sugar substitute. (2021). Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8441384/ 

    Consumption patterns of sweetened condensed milk in the diet of young Indonesian children and its potential nutritional health consequences. (2020). Retrieved from https://apjcn.nhri.org.tw/server/APJCN/29/1/16.pdf 

    The importance of breakfast. (2022). Retrieved from https://www.darlingdowns.health.qld.gov.au/about-us/our-stories/feature-articles/the-importance-of-breakfast 

    Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Retrieved from https://www.kemkes.go.id/article/view/18071600001/ini-penjelasan-kemenkes-dan-bpom-soal-skm.html 

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Diva Mosaik Lintang Diperbarui 6 days ago
    Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
    Next article: