backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Merk Tepung Sagu Terbaik untuk Kue hingga MPASI

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 27/06/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Merk Tepung Sagu Terbaik untuk Kue hingga MPASI

Jika selama ini Anda mengenal sagu sebagai bahan utama papeda, ternyata sumber makanan pokok di Papua dan Maluku ini juga bisa diolah menjadi tepung. Saat ini bahkan sudah banyak merk tepung sagu yang bisa diolah menjadi mi, kue lapis, bakso, hingga makanan pendamping ASI (MPASI) untuk bayi.

Tertarik untuk membuat bermacam olahan dengan jenis tepung yang satu ini? Inilah beberapa rekomendasi merek tepung sagu yang bagus untuk Anda dan harganya.

Manfaat tepung sagu bagi kesehatan

merek tepung tapioka sagu yang bagus dan terbaik

Hingga saat ini, tepung sagu yang diolah dari teras batang rumbia atau pohon sagu (Metroxylon sagu rottb) masih terus diupayakan menjadi diversifikasi pangan lokal sebagai salah satu pengganti nasi.

Upaya tersebut tentu tidak terlepas dari rata-rata kandungan karbohidrat yang mencapai 92,5% dari sagu yang sudah dikeringkan.

Selain memenuhi kebutuhan karbohidrat sehari-hari, Kementerian Pertanian juga menyebutkan bahwa mengonsumsi sagu bisa memberikan manfaat berikut bagi kesehatan.

  • Menurunkan tekanan darah berkat kandungan kaliumnya.
  • Melancarkan pencernaan karena mudah dicerna.
  • Meningkatkan energi karena tingginya karbohidrat.
  • Melancarkan peredaran darah karena mengandung zat besi.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa kandungan protein dan serat pada sagu relatif cukup rendah.

Oleh karena itu, Anda perlu mengimbanginya dengan makan makanan bergizi lain saat mengonsumsi olahan dari tepung sagu merk apa pun.

10 rekomendasi merk tepung sagu terbaik

Jika Anda ingin mulai mengolah berbagai makanan dengan tepung sagu, cobalah untuk mempertimbangkan beberapa rekomendasi merek terbaik berikut.

1. Sapapua Pati Sagu

Dipanen langsung di hutan alami Papua, Sapapua Pati Sagu diklaim terbebas dari pestisida sehingga relatif lebih aman.

Tepung sagu dari Sapapua juga dipercaya telah diolah secara modern dan higienis sehingga kadar air dan mutu produknya terjaga.

Meski sudah dijual dengan harga terjangkau yaitu Rp9.500,00 untuk 500 gram, Anda bisa mendapatkannya lebih murah jika membeli Sapapua Pati Sagu dalam jumlah karton (20 pak) dengan harga Rp176.000,00.

Nomor izin edar BPOM: MD 229831033373

2. Boga Sagu Tani Tepung Sagu

Dipercaya memiliki kualitas super grade premium, merk tepung sagu ini bagus untuk membuat berbagai olahan kue, pempek, hingga boba pada minuman manis.

Selain itu, tepung sagu tani ini juga diklaim tidak mengandung bahan pemutih sehingga aman untuk dijadikan bahan dasar berbagai jenis makanan.

Pada dasarnya, fungsi tepung sagu tani sama dengan tepung tapioka. Hanya saja, tepung sagu dikenal bisa menghasilkan tekstur makanan yang lebih kenyal.

Nomor izin edar BPOM: MD 229128003597

3. Tepung Pati Sagu Papua Javara

Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap gluten, tepung sagu merk Javara bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, produk ini termasuk jenis tepung gluten free atau bebas kandungan gluten.

Selain itu, Tepung Pati Sagu Papua Javara telah diolah secara organik demi mendapatkan hasil terbaik.

Tepung sagu merupakan sumber karbohidrat yang ramah lingkungan karena dapat menyerap karbon dioksida. Produk ini diolah dari pohon sagu yang berasal dari Jailolo, Halmahera Barat.

Nomor izin edar BPOM: MD 229828111388

4. Kayarasa Nusantara Tepung Sagu Aren

Diolah dengan sumber air pegunungan, merek tepung sagu ini dikenal dengan karakteristik tidak berbau, berwarna putih, bersih, dan terasa kering.

Jika Anda baru pertama kali membeli tepung sagu aren dari Kayarasa Nusantara, Anda bisa mencoba kemasan yang lebih kecil berukuran 250 gr yang dijual dengan harga Rp6.000,00.

Dengan kombinasi bahan berkualitas dan pengolahan secara modern, tepung sagu ini cocok untuk membuat pempek, bakso, siomai, cimol, dan masih banyak lagi.

Nomor izin edar BPOM: MD 229828009550

5. Tepung Sagu Aren Sakt!

Rekomendasi merk tepung selanjutnya adalah Sakt!. Diklaim telah melalui proses pengolahan modern, tepung sagu ini bisa diolah menjadi berbagai produk makanan, termasuk mi yang lebih sehat.

Tepung sagu aren Sakt! memang dipercaya dapat menghasilkan tekstur yang kenyal. Selain itu, merk satu ini juga sudah memiliki nomor izin edar dari BPOM, tetapi tetap memiliki harga terjangkau.

Nomor izin edar BPOM: MD 229831003373

6. Tepung Sagu Aren Kunci Kembar

Dengan bahan dasar batang pohon sagu Metroxylon yang berkualitas dan diolah menggunakan teknologi modern, Tepung Sagu Aren Kunci Kembar diklaim memiliki kualitas yang bagus.

Tekstur tepung satu yang satu ini cukup lembut dengan warna sedikit kecokelatan.

Produk ini juga sudah terdaftar di BPOM dan memiliki sertifikat halal sehingga aman dikonsumsi siapa saja.

Anda bisa menggunakannya untuk membuat berbagai olahan, mulai dari kue Lebaran hingga pasta.

Nomor izin edar BPOM: MD 229831013373

7. Liauw Liong Pit Tjap Orang Tani

Salah satu merek tepung sagu terbaik yang cukup terkenal di pasaran adalah Liauw Liong Pit Tjap Orang Tani. Harga tepung sagu ini juga cukup terjangkau, yakni sekitar Rp26.000,00 per kg.

Dengan kualitas yang cukup dipercaya, Liauw Liong Pit Tjap Orang Tani bisa Anda andalkan untuk membuat berbagai hidangan seperti bakso, mie, pempek, dan cilok.

Salah satu ciri khas dari merk sagu ini adalah adanya tulisan “Awas Tiruan” pada kemasannya.

Nomor izin edar BPOM: P-IRT 206320102471

8. Tepung Sagu Alini 

Meski memiliki tekstur yang sedikit kasar dan kesat, hasil adonan dari merk tepung sagu ini dikenal memiliki tingkat kekenyalan yang bagus. Cocok untuk membuat berbagai olahan seperti cilok hingga pempek.

Dengan Tepung Sagu Alini, pempek yang dihasilkan dipercaya mampu mempertahankan tekstur kenyal lebih lama sehingga tidak mudah mengeras.

Cukup dengan merogoh kocek kurang dari Rp25.000,00, Anda sudah bisa mendapatkan 500 gram Tepung Sagu Alini.

Nomor izin edar BPOM: P-IRT 206317401269

9. Sagu Aren Murni ABI (Aku Bangga Indonesia)

Kombinasi proses pengolahan secara modern dengan penggunaan air pegunungan membuat merek sagu satu ini memiliki warna tepung putih bersih, kering, dan tidak berbau.

Dengan kandungan gizi seperti karbohidrat dan protein, sagu aren murni bisa memberikan manfaat untuk kesehatan Anda.

Berkat kandungan gizi tersebut, Anda juga bisa menggunakan sagu sebagai MPASI selama pengolahannya tepat dan tidak berlebihan.

Sagu Aren Murni ABI juga banyak dimanfaatkan untuk membuat ongol-ongol hingga bakso dengan tekstur yang kenyal.

Nomor izin edar BPOM: P-IRT 2063603020008-23

10. Sagu Tani Tirta Kencana Cap Pak Tani (1 kg)

Tepung sagu merk Tirta Kencana ini juga bisa menjadi salah satu rekomendasi yang bagus. Pasalnya merk satu ini sudah melalui proses uji laboratorium hingga uji masak kemerkaran dan viskositas.

Dengan hasil pengujian tersebut, Tepung Sagu Tirta Kencana dapat menghasilkan masakan dengan tekstur kenyal dan renyah.

Untuk mendapatkan merk tepung sagu ini, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp23.000,00 untuk 1 kilogram tepung.

Nomor izin edar BPOM: DEP. KES. RI SP 047/10.09/89

Itulah beberapa rekomendasi tepung sagu terbaik dan harganya yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Jangan lupa mengimbanginya dengan sumber protein, lemak, vitamin dan mineral agar menu harian Anda memiliki kandungan gizi yang seimbang.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 27/06/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan