home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Selain Membuat Makanan Lebih Lezat, Kapulaga Juga Baik untuk Kesehatan Anda

Selain Membuat Makanan Lebih Lezat, Kapulaga Juga Baik untuk Kesehatan Anda

Sebagai salah satu rempah yang sering dipakai dalam masakan khas nusantara, ternyata kapulaga juga menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan. Penguat rasa yang sering dikonsumsi di wilayah Asia ini ternyata digunakan sebagai obat tradisional selama berabad-abad. Apa saja khasiat yang diberikan kapulaga untuk tubuh Anda? Simak jawabannya melalui ulasan di bawah ini.

Segudang manfaat yang ditawarkan oleh kapulaga

Tidak hanya dipakai untuk membuat masakan lebih enak, kandungan nutrisi pada kapulaga ternyata mempunyai manfaat untuk tubuh Anda.

Di dalam kapulaga terkandung antioksidan, magnesium, hingga zink yang tentu saja berguna untuk kesehatan Anda.

1. Membantu menurunkan tekanan darah

tekanan darah tinggi boleh donor darah

Salah satu manfaat yang ditawarkan oleh kapulaga adalah membantu menurunkan tekanan darah.

Menurut sebuah penelitian dari Indian Journal of Biochemistry & Biophysics penggunaan bubuk kapulaga pada 20 penderita hipertensi ternyata dapat menstabilkan tekanan darah mereka.

Para peneliti menyimpulkan bahwa kemungkinan besar kondisi ini terjadi karena senyawa antioksidan yang ada pada kapulaga.

Bukan rahasia umum lagi antioksidan adalah salah satu senyawa yang bisa menurunkan tekanan darah.

Dengan menambahkan kapulaga di dalam makanan, tekanan darah Anda kemungkinan akan tetap stabil di batas normal.

Namun bagi penderita hipertensi, tetap dianjurkan minum obat yang diresepkan dokter secara rutin.

2. Menjaga kesehatan hati

cara menjaga kesehatan hati pengidap hepatitis C

Selain membantu menjaga tekanan darah, manfaat kapulaga lainnya adalah menjaga kesehatan organ hati.

Khasiat tersebut diperoleh melalui sifat antiradang dalam kapulaga yang membantu membasmi zat asing di tubuh.

Hal tersebut juga dibuktikan melalui sebuah studi dari jurnal Lipids in Health and Disease.

Di dalam penelitian tersebut tikus obesitas diberikan bubuk kapulaga melalui pola makan tinggi karbohidrat dan lemak.

Hasilnya, peradangan pada organ hati dan kadar kolesterol menurun dan kerusakan hati pun bisa dicegah.

Manfaat ini mungkin diperoleh karena sifat antiradang pada kapulaga yang membantu menurunkan kadar enzim alkalin fosfat dan enzim yang bisa memengaruhi fungsi hati.

3. Membantu mengobati masalah pencernaan

ciri-ciri maag kronis

Kapulaga telah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan selama berabad-abad.

Melalui proses ekstraksi, kapulaga diolah menjadi minyak yang kemudian digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti:

  • Mual
  • Sakit perut
  • Maag

Pada tahun 2014 terdapat sebuah penelitian dari Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine yang memberikan ekstrak kapulaga, kunyit, dan daun sembung pada tikus.

Mencampurkan ketiga rempah tersebut dengan air panas ternyata cukup efektif untuk melindungi mukosa lambung. Bahkan, jumlah sel mast juga berkurang pada lambung tikus percobaan tersebut.

Para peneliti sepakat bahwa hal ini dikarenakan adanya senyawa flavonoid pada kapulaga yang memberikan perlindungan pada lambung manusia.

Maka itu, kapulaga dikenal memiliki manfaat yang baik untuk organ pencernaan dan membantu menurunkan risiko bahaya oksidatif pada organ tersebut.

4. Mengatasi masalah bau mulut dan gigi berlubang

tips mencegah bau mulut

Tahukah Anda bahwa konsumsi rempah yang bisa ditemukan di India ini juga dapat mengatasi masalah bau mulut yang mengganggu?

Di India, kapulaga sering digunakan setelah mengonsumsi makanan untuk mengusir bau mulut dari makanan yang mereka makan.

Seperti yang dilansir dari Dental Research Journal, minyak hasil ekstrak biji kapulaga mengandung cineole.

Sebagai senyawa utama yang aktif dalam minyak kapulaga, cineole dikenal sebagai antiseptik yang mampu membunuh bakteri yang membuat napas Anda bau.

Tidak hanya itu, kapulaga juga diduga kuat memiliki manfaat untuk mencegah gigi berlubang.

Ekstrak tanaman ini ternyata memiliki khasiat untuk melawan lima jenis bakteri penyebab gigi berlubang.

Pada saat ekstrak tersebut digunakan, pertumbuhan bakteri di dalam rongga gigi bisa dicegah hingga 2,08 cm.

5. Berpotensi mengandung senyawa anti kanker

kanker payudara stadium 4

Salah satu alasan mengapa kapulaga sering disebut sebagai obat tradisional yang bermanfaat bagi tubuh adalah memiliki potensi bersifat antikanker.

Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian dari British Journal of Nutrition yang mengungkapkan bahwa bubuk kapulaga dapat mengaktifkan enzim antikanker.

Di dalam penelitian tersebut, para peneliti menggunakan tikus percobaan yang menderita kanker kulit dan memberikan tikus tersebut bubuk kapulaga.

Setelah 12 minggu percobaan, hanya 29% dari jumlah tikus tersebut yang sel kankernya berkembang.

Para peneliti pun berpendapat bahwa kapulaga memang mempunyai potensi untuk menjadi agen anti kanker, terutama pada kanker kulit.

Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian yang melibatkan manusia untuk mengetahui apakah efeknya sama atau tidak.

Kapulaga memang memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Akan tetapi, sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan rempah Asia ini sebagai obat alternatif.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Das, I., Acharya, A., Berry, D., Sen, S., Williams, E., & Permaul, E. et al. (2011). Antioxidative effects of the spice cardamom against non-melanoma skin cancer by modulating nuclear factor erythroid-2-related factor 2 and NF-κB signalling pathways. British Journal Of Nutrition, 108(6), 984-997. doi: 10.1017/s0007114511006283 accessed Oct 14 2019. 

Streit, Lizzie, MS. (2018). 10 Health Benefits of Cardamom, Backed by Science. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/cardamom-benefits accessed Oct 14 2019. 

Mutmainah, Susilowati, R., Rahmawati, N., & Nugroho, A. E. (2014). Gastroprotective effects of combination of hot water extracts of turmeric (Curcuma domestica L.), cardamom pods (Ammomum compactum S.) and sembung leaf (Blumea balsamifera DC.) against aspirin-induced gastric ulcer model in rats. Asian Pacific journal of tropical biomedicine, 4(Suppl 1), S500–S504. doi:10.12980/APJTB.4.2014C972  accessed Oct 14 2019. 

Rahman, M. M., Alam, M. N., Ulla, A., Sumi, F. A., Subhan, N., Khan, T., … Alam, M. A. (2017). Cardamom powder supplementation prevents obesity, improves glucose intolerance, inflammation and oxidative stress in liver of high carbohydrate high fat diet induced obese rats. Lipids in health and disease, 16(1), 151. doi:10.1186/s12944-017-0539-x accessed Oct 14 2019. 

Sharma R. (2012). Cardamom comfort. Dental research journal, 9(2), 237. Accessed Oct 14 2019. 

Verma, S.K. & Jain, Vartika & Katewa, S.S.. (2009). Blood pressure lowering, fibrinolysis enhancing and antioxidant activities of Cardamom (Elettaria cardamomum). Indian journal of biochemistry & biophysics. 46. 503-6. accessed Oct 14 2019. 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro