home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Resep Jus untuk Bantu Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

4 Resep Jus untuk Bantu Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Setiap harinya, sistem imunitas pada tubuh bekerja untuk memerangi bakteri dan virus yang masuk agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Sayangnya, terkadang ada masa-masa di mana tubuh sedang dalam keadaan yang kurang baik, bisa karena kelelahan atau karena faktor cuaca.

Seringnya, hal ini berujung pada sakit flu yang disertai dengan demam. Untungnya, berbagai jus buah di bawah ini bisa bantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Jus untuk mendorong sistem imun tubuh

Berbagai buah-buahan dan sayur-sayuran yang digunakan pada resep ini dikenal mengandung vitamin dan antioksidan tinggi yang akan membantu dalam pencegahan penyakit. Jangan khawatir, Anda yang sudah terlanjur sakit juga bisa coba membuat jus ini untuk membantu penyembuhan. Apa saja resepnya?

1. Jus apel dan wortel

Sumber: Eat Fit Live Long

Salah satu zat yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mendorong kerja sistem imun adalah beta karoten. Meningkatnya sistem kekebalan tubuh nantinya juga akan berpengaruh terhadap berkurangnya risiko peradangan pada sel-sel tubuh. Beta karoten banyak ditemukan pada sayur-sayuran, salah satunya adalah wortel.

Selain itu, penambahan air lemon pada resep jus untuk sistem imun ini juga akan bantu memenuhi kebutuhan vitamin C. Seperti yang sudah banyak diketahui, vitamin C adalah salah satu pendorong sistem kekebalan tubuh yang terbaik. Vitamin C juga terkandung pada buah apel.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2 buah wortel ukuran besar
  • 3 buah apel
  • 1 buah lemon, peras airnya

Cara membuat:

  1. Potong kedua ujung wortel, sisihkan. Kemudian potong lagi menjadi beberapa bagian.
  2. Potong apel kotak-kotak dan sisihkan bagian bijinya.
  3. Masukkan apel, wortel, serta air buah lemon ke dalam blender. Bila terlalu padat tambahkan air secukupnya, hancurkan hingga tercampur rata.
  4. Jus siap diminum.

2. Jus sayur hijau

Sumber: Theveglife.com

Bayam tinggi akan kandungan vitamin A, vitamin C, dan folat. Bayam juga mengandung beberapa jenis karotenoid yang berperan sebagai antioksidan pencegah penyakit termasuk beta karoten, litein, dan zeaxanthin.

Ditambah lagi, salah satu gejala flu adalah nyeri pada beberapa bagian tubuh. Jahe pada resep jus untuk imun astu ini akan membantu mengurangi rasa nyeri tersebut. Khasiatnya sudah terbukti pada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak jahe bisa berpotensi sebagai pendamping obat-obatan NSAID.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 60 gram bayam, cuci sampai bersih
  • 2 buah jeruk
  • 2 batang seledri ukuran besar
  • 2 cm jahe

Cara membuat:

  1. Kupas jeruk, buang bijinya. Potong sayur-sayuran menjadi beberapa bagian.
  2. Masukkan semua bahan beserta jahe yang sudah dikupas ke dalam Tambahkan sedikit air, lalu nyalakan mesin dan hancurkan sampai semua bahan tercampur.
  3. Jus siap disajikan.

3. Buah bit, apel, dan wortel

jus buah bit
Sumber: Inspired Taste

Mungkin sebagian dari Anda ada yang tak suka dengan rasa tanah yang kuat dari buah bit. Padahal, buah ini mengandung sejumlah gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Selain bantu mendorong sistem imun, jus buah bit juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung karena kandungan folatnya.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 buah bit ukuran sedang, kupas dan potong kotak-kotak
  • 1 buah apel
  • 3 buah wortel, kupas kulit luarnya
  • 2 cm jahe

Cara membuat:

  1. Masukkan semua buah yang telah dipotong-potong ke dalam blender, tambahkan potongan jahe dan air secukupnya.
  2. Saring jus menggunakan saringan sambil diaduk untuk mengeluarkan cairannya.
  3. Jus siap untuk disajikan.

4. Mangga dan stroberi

jus mangga dan stroberi
Sumber: Mealthy

Bagi Anda yang lebih suka dengan tekstur jus yang lembut dan creamy, resep ini cocok untuk Anda coba. Tak hanya dari buah mangga dan stroberi yang dikenal tinggi akan kandungan antioksidan, Anda juga akan mendapatkan khasiat dari susu yang mengandung probiotik.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 200 gram stroberi, potong-potong
  • 200 gram buah mangga, potong kotak-kotak
  • ½ buah jeruk, kupas kulitnya
  • Susu rendah lemak atau susu almond, sesuai selera

Cara membuat:

  1. Masukkan semua bahan yang telah dipotong ke dalam Tambahkan susu secukupnya atau sampai jus tidak terlalu padat.
  2. Tuang ke dalam gelas, jus bisa disajikan langsung atau disimpan di dalam kulkas.

Selamat mencoba!

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Apple Carrot Beet Ginger Juice. (2020). Retrieved 17 June 2020, from https://minimalistbaker.com/juice-without-a-juicer-apple-carrot-beet-ginger-juice/

Healthy Glow Boosting Apple Carrot Juice Recipe. (2020). Retrieved 17 June 2020, from https://www.theurbanumbrella.com/glow-boosting-apple-carrot-juice-recipe/

Immune Booster Juice. (2017). Retrieved 17 June 2020, from https://simpleveganblog.com/immune-booster-juice/

Strawberry Mango Smoothie. (2020). Retrieved 17 June 2020, from https://feelgoodfoodie.net/recipe/healthy-strawberry-mango-mania-smoothie

3 Vitamins That Can Help Boost Your Immunity. (2020). Retrieved 21 June 2020, from https://health.clevelandclinic.org/3-vitamins-best-boosting-immunity/

Foods To Boost the Immune System. (2020). Retrieved 21 June 2020, from https://www.pcrm.org/news/blog/foods-boost-immune-system

Health Benefits of Ginger for Arthritis. (2020). Retrieved 21 June 2020, from http://blog.arthritis.org/living-with-arthritis/health-benefits-of-ginger/

Slide show: 10 great health foods. (2019). Retrieved 21 June 2020, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/multimedia/health-foods/sls-20076653?s=7

 

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Winona Katyusha pada 27/06/2020
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x