home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Manfaat Ginseng: Dari Diabetes Hingga Kanker

6 Manfaat Ginseng: Dari Diabetes Hingga Kanker

Ginseng merupakan salah satu tanaman herbal yang mempunyai banyak khasiat. Akar tanaman ini sudah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional. Biasanya akar ginseng dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam minuman, seperti teh. Lantas, apa saja manfaat ginseng untuk kesehatan?

Berbagai manfaat ginseng yang mungkin belum Anda tahu

Minuman teh ginseng ini biasanya dipercaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi kelelahan, dan masih banyak lagi. Kira-kira, apa lagi, ya, manfaat herbal yang satu ini? Simak di sini.

1. Bantu meningkatkan fungsi kognitif otak

Manfaat ginseng yang pertama adalah meningkatkan kemampuan berpikir, berperilaku, serta memperbaiki kualitas hidup. Khasiatnya pernah dibuktikan dalam penelitian yang terbit tahun 2018 pada jurnal Oncotarget.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa komponen dalam ginseng berpotensi untuk mengobati masalah yang terkait dengan berkurangnya fungsi kognitif otak seperti demensia dan alzheimer.

Kandungan antioksidan dalam ginseng juga mampu mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas yang dapat mengganggu proses kerja otak.

2. Memiliki efek antiperadangan

Selain mempunyai sifat antioksidan, ginseng ternyata juga mempunyai efek antiperadangan. Efek antiperadangan pada ginseng ini mungkin ada karena senyawa ginsenosida dalam ginseng.

Berdasarkan penelitian yang terbit dalam jurnal Biomolecules, senyawa ini dapat memberikan efek berupa peningkatan kekebalan tubuh yang nantinya akan mengurangi terjadinya peradangan.

3. Mengurangi stres

Ginseng dapat memengaruhi sistem saraf tubuh dalam berbagai cara, seperti merangsang metabolisme dan meningkatkan tingkat energi. Keduanya dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan yang ada di tubuh.

Senyawa adaptogen dalam ginseng mungkin berperan dalam hal ini. Adaptogen dalam ginseng dapat mengurangi kadar hormon yang dihasilkan tubuh saat stres.

Sehingga, ginseng dapat menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh dan membantu menciptakan suasana hati yang lebih baik.

4. Membantu mengontrol diabetes

Ginseng ternyata dapat memberi manfaat bagi Anda yang mempunyai penyakit diabetes. Ginseng telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Tanaman herbal ini dapat membantu mengatur penyerapan glukosa dalam tubuh. Sehingga, membuat Anda terlindungi dari lonjakan gula darah tiba-tiba yang bisa menimbulkan risiko terhadap diabetes.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Chinese Medicine tahun 2005 menunjukkan bahwa ginseng (jenis Amerika maupun Asia), termasuk akar, buah, dan daun dapat mengobati diabetes.

Namun, sebelum Anda mengonsumsi ginseng, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu. Jika Anda sudah mengonsumsi obat antidiabetes, mungkin Anda tidak perlu mengonsumsi ginseng lagi.

5. Mencegah kanker

Ginseng mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapat mencegah Anda dari kanker.

Ginsenosida yang terkandung dalam ginseng juga mempunyai sifat antitumor sehingga dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker.

Salah satu jenis kanker yang dapat dibantu penyembuhannya dengan ginseng adalah kanker usus besar. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi ginseng dapat menurunkan tingkat penyebaran kanker kolorektal.

6. Mencegah penuaan dini

Mungkin Anda sekarang sudah sering melihat produk kecantikan yang mengandung ginseng di dalamnya. Ya, ginseng sendiri mempunyai manfaat dalam mengurangi tanda-tnada penuaan dini pada kulit. G

Hal ini karena sifat antioksidan yang dimiliki oleh ginseng. Antioksidan mampu mencegah efek negatif dari radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel sehat.

Ginseng juga mampu merangsang aliran darah ke seluruh tubuh, terutama ke sel-sel kulit. Sehingga, ginseng juga membantu membuat kulit tampak lebih muda dan lembab. Tanda-tanda penuaan Anda pun akan berkurang.

Yang harus Anda perhatikan sebelum mengonsumsi ginseng

Di samping berbagai manfaat yang dimilikinya, ginseng juga ternyata mengandung efek samping. Hal ini karena ginseng merupakan rempah-rempah yang sangat kuat.

Beberapa efek samping dari konsumsi ginseng adalah sakit perut, sakit kepala, gangguan tidur, dan reaksi alergi.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak terlalu banyak dan sering mengonsumsi ginseng. Konsumsi secukupnya saja. Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen ginseng, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Ginseng. (n.d.). University of Rochester Medical Center. Retrieved 15 June 2021, from https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=19&contentid=Ginseng

Asian Ginseng. (2020). National Center for Complementary and Integrative Health. Retrieved 15 June 2021, from https://www.nccih.nih.gov/health/asian-ginseng

Jakaria, M., Haque, M. E., Kim, J., Cho, D. Y., Kim, I. S., & Choi, D. K. (2018). Active ginseng components in cognitive impairment: Therapeutic potential and prospects for delivery and clinical study. Oncotarget, 9(71), 33601–33620. Retrieved 15 June 2021.

Im D. S. (2020). Pro-Resolving Effect of Ginsenosides as an Anti-Inflammatory Mechanism of Panax ginseng. Biomolecules, 10(3), 444. Retrieved 15 June 2021.

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala pada 04/03/2017
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x