home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Simak 5 Manfaat Penting Buah Kundur Selain untuk Pencernaan

Simak 5 Manfaat Penting Buah Kundur Selain untuk Pencernaan

Apakah Anda tahu kalau di Indonesia terdapat buah kundur? Buah ini mempunyai bentuk seperti kombinasi antara timun dan labu. Walaupun jarang terdengar, ada khasiat atau manfaat dari buah kundur untuk kesehatan Anda. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Kandungan gizi dari buah kundur

Sudah dipaparkan sedikit di atas bahwa buah kundur atau juga biasa disebut sebagai buah beligo ini mempunyai bentuk yang mirip dengan timun dan labu.

Buah asli dari Asia Selatan ini juga mempunyai nama yang cukup bervariasi. Sebagai contoh, Benincasa hispida, wax gourd, ash gourd, winter melon, dan chinese watermelon.

Kulit bagian luarnya berwarna hijau tua dan kalau sudah matang akan muncul bubuk abu-abu.

Sebelum membahas manfaatnya, berikut adalah fakta gizi serta kandungan dari buah kundur dihitung per 100 gram dikutip dari Panganku.

Apa saja manfaat dari buah kundur?

manfaat dan kandungan buah kundur

Dikutip dari Plants for a Future, ada berbagai macam manfaat dari buah kundur atau beligo. Apalagi, buah ini juga digunakan untuk pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda selama berabad-abad.

Namun, memang masih sedikit penelitian yang membuktikan mengenai manfaat dari kandungan buah kundur.

Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat serta khasiat dari buah kundur untuk kesehatan tubuh.

1. Menjaga sistem pencernaan

Apabila dilihat dari kandungan gizinya, buah kundur tergolong rendah kalori serta mempunyai kandungan serat dan air yang cukup tinggi.

Hal ini menjadikan salah satu manfaat dari buah kundur adalah dapat menjaga sistem pencernaan.

Dikutip dari Mayo Clinic, serat pada makanan termasuk buah dapat mengoptimalkan sistem pencernaan serta mencegah masalah pencernaan.

Sebagian masalah pencernaan yang bisa dicegah adalah sembelit, sakit perut, kram, hingga wasir. Tidak hanya itu saja, serat juga dapat membantu melancarkan penyerapan nutrisi dari usus.

2. Menjaga kadar cairan di dalam tubuh

Kadar air pada buah kundur yang cukup tinggi tidak hanya membantu meningkatkan sistem pencernaan saja.

Akan tetapi, buah kundur juga bermanfaat untuk menjaga kadar cairan sehingga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Tubuh yang terhidrasi dengan baik penting untuk membuat suhu badan tetap stabil, mencegah infeksi, asupan nutrisi terserap maksimal, hingga meningkatkan kualitas tidur.

Perlu diketahui bahwa selain dari air mineral, sekitar 20% kebutuhan cairan tubuh berasal dari makanan seperti buah, sayur, atau pun susu.

3. Melindungi sel di dalam tubuh

Buah beligo juga mengandung mineral penting yaitu potasium atau biasa disebut sebagai kalium.

Manfaat kalium dari buah kundur adalah membantu menjaga agar sel di dalam tubuh berfungsi dengan baik.

Apabila sel bekerja dengan seharusnya, ini dapat menjaga keseimbangan detak jantung, otot serta saraf tetap aktif, hingga tubuh mampu mencerna protein dan karbohidrat.

Lalu, mengonsumsi buah serta sayuran dengan kandungan kalium juga bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah.

4. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Selain kalsium, Anda juga membutuhkan asupan fosfor untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Fosfor merupakan salah satu bentuk mineral yang ada pada setiap sel di dalam tubuh.

Maka dari itu, Anda juga bisa mendapatkan manfaat fosfor pada buah kundur untuk membantu menjaga kesehatan tulang sehingga mencegah tulang keropos.

Tidak hanya itu saja, fosfor juga bermanfaat untuk memproduksi protein, memelihara jaringan sel, sekaligus membantu tubuh menyimpan energi.

Saat tubuh kekurangan asupan fosfor, efek yang bisa terjadi adalah nyeri tulang, kelemahan otot, hingga rentan mengalami patah tulang.

5. Menambah energi

Riboflavin atau vitamin B2 merupakan salah satu dari delapan vitamin B yang dibutuhkan oleh tubuh.

Terdapat kandungan vitamin B2 pada buah kundur yang bermanfaat untuk memecah protein, lemak, dan karbohidrat menjadi energi.

Vitamin B2 dapat membantu mengubah karbohidrat menjadi adenosine triphosphate (ATP). Maka dari itu, senyawa ini penting untuk menjaga dan menyimpan energi di otot.

Tidak jauh berbeda dengan cara mengonsumsi timun dan labu, Anda juga bisa mengonsumsi buah kundur dengan merebus, mengukus, mengolahnya menjadi sup, atau bahkan dimakan mentah.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Data Komposisi Pangan Indonesia – Beranda . (2021). Retrieved 10 February 2021, from https://www.panganku.org/id-ID/view

Wanders, A., van den Borne, J., de Graaf, C., Hulshof, T., Jonathan, M., & Kristensen, M. et al. (2011). Effects of dietary fibre on subjective appetite, energy intake and body weight: a systematic review of randomized controlled trials. Obesity Reviews, no-no. doi: 10.1111/j.1467-789x.2011.00895.x

Benincasa hispida (wax gourd) . (2021). Retrieved 10 February 2021, from https://www.cabi.org/isc/datasheet/9423

Benincasa hispida Wax Gourd PFAF Plant Database . (2021). Retrieved 10 February 2021, from https://pfaf.org/user/Plant.aspx?LatinName=Benincasa+hispida

How to add more fiber to your diet. (2021). Retrieved 10 February 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983

Publishing, H. (2021). The importance of potassium – Harvard Health. Retrieved 10 February 2021, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/the-importance-of-potassium

Encyclopedia, M., & diet, P. (2021). Phosphorus in diet: MedlinePlus Medical Encyclopedia. Retrieved 10 February 2021, from https://medlineplus.gov/ency/article/002424.htm#

Office of Dietary Supplements – Riboflavin. (2021). Retrieved 10 February 2021, from https://ods.od.nih.gov/factsheets/Riboflavin-HealthProfessional/

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui 19/03/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x