home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sebenarnya Perlu Tidak, Sih, Makan Dessert Setelah Makan Berat?

Sebenarnya Perlu Tidak, Sih, Makan Dessert Setelah Makan Berat?

Makan dessert setelah makan makanan utama memang khas kebiasaan orang-orang Barat. Makanan pencuci mulut yang biasanya disantap adalah sepiring buah potong dingin, agar puding atau jelly, es krim, hingga cake dan pastry manis. Mungkin tanpa sadar Anda juga pernah melakukannya, entah setelah makan siang atau makan malam. Sebenarnya, perlu tidak sih kita makan dessert?

Makan dessert (makanan pencuci mulut), benarkah ada manfaatnya?

Tujuan makan dessert adalah untuk membantu mencerna makanan dan menyegarkan mulut setelah makan yang agak berat. Makan dessert kesukaan juga bisa membuat Anda merasa lebih bahagia. Namun, manfaat ini tentu akan tergantung dari makanan yang Anda pilih.

Buah adalah salah satu pilihan makanan pencuci mulut yang sehat dan segar. Buah adalah sumber vitamin, mineral, kalium, asam folat, serat dan antioksidan antikanker yang baik. Orang yang menjadikan makan buah sebagai rutinitas harian pada umumnya memiliki risiko penyakit kronis yang lebih rendah.

Satu batang cokelat hitam (dark chocolate) yang Anda camil setelah makan pun juga bermanfaat. Ngemil dark chocolate bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian Harvard tahun 2011 menemukan bahwa mengonsumsi empat kotak kecil dari satu batang dark coklat setiap hari bisa menurunkan tekanan darah berkat kandungan antioksidan flavonoid yang menangkal peradangan dalam tubuh akibat radikal bebas.

Lain ceritanya jika makanan pencuci mulut yang Anda pilih adalah cake cokelat, pastry, biskuit, atau es krim yang tinggi gulanya. Makanan-makanan ini memang bisa membantu meningkatkan mood, tapi dapat meningkatkan asupan kalori Anda jika dimakan berlebihan yang pada akhirnya malah jadi timbunan lemak dalam tubuh. Kadar lemak, kalori, dan gula tinggi dalam tubuh bisa memicu berbagai gangguan kesehatan seperti diabetes, obesitas, penyakit hati, hingga kolesterol tinggi.

Aturan aman kalau mau makan dessert setelah makan nasi

Makan dessert bukanlah suatu kewajiban. Kalau Anda sudah benar-benar kenyang, maka tidak perlu memaksakan makan lagi. Perut kenyang menandakan Anda sudah mendapatkan cukup nutrisi.

Jika memang ingin makan dessert, beri jeda terlebih dahulu kira-kira satu-dua jam setelah makan berat. Ingat, buah-buahan pun tetap mengandung kalori dan gula. Maka Anda juga harus tetap bijak mengatur porsi dessert Anda, terlepas dari apapun jenis makanan yang Anda pilih. Ini supaya asupan kalori dan gula yang dikonsumsi tidak berlebihan sehingga malah menimbun jadi lemak.

Makanan pencuci mulut pun sebenarnya masih bisa Anda kudap ketika Anda sedang diet. Dengan catatan tambahan, Anda harus memilih jenis makanan penutup yang memberikan nutrisi ekstra dengan jumlah kalori yang minimal.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

5 Reasons To Eat Something Sweet https://www.mensfitness.com/nutrition/what-to-eat/5-reasons-to-eat-something-sweet diakses 17 Februari 2018.

8 Legitimate Reasons You Should Eat Dessert Every Day https://www.rd.com/health/healthy-eating/reasons-eat-dessert/ diakses 17 Februari 2018.

Can You Eat Dessert? https://www.livestrong.com/article/556421-can-you-eat-desserts-lose-weight/ diakses 17 Februari 2018.

You Asked: Is Eating Dessert Really That Bad For Me? http://time.com/3556608/healthy-desserts/ diakses 17 Februari 2018.

5 Surprising Health Benefits Of Desserts http://www.lifehack.org/articles/lifestyle/5-surprising-health-benefits-desserts.html diakses 17 Februari 2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Tanggal diperbarui 07/03/2018
x