10 Khasiat Menakjubkan Ini Bikin Anda Ingin Lebih Sering Minum Teh Oolong

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ada banyak jenis teh yang masing-masingnya punya manfaat tersendiri bagi kesehatan. Salah satu jenis teh yang populer diseruput para penikmat teh saat bersantai sore adalah teh oolong. Teh oolong adalah teh yang dibuat dari tumbuhan Camellia sinensis. Lantas, apa saja manfaat teh oolong untuk kesehatan?

Manfaat teh oolong untuk kesehatan tubuh

Teh oolong memiliki banyak nutrisi dan juga komponen bioaktif, seperti fluoride, antioksidan, dan flavonoid. Berikut sejumlah manfaat teh asal tradisional Cina, yang sayang untuk Anda lewatkan.

1. Menajamkan otak

Teh oolong dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan kognitif otak. Pasalnya, teh oolong mengandung kafein yang bekerja merangsang sistem saraf pusat otak.

Konsumsi kafein juga dihubungkan dengan menurunnya risiko terkena penyakit Alzheimer dan Parkinson. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kafein dalam jangka panjang memiliki efek perlindungan terhadap risiko mengidap Alzheimer dan Parkinson. Penelitian lain juga mengungkapkan konsumsi kafein dapat memperlambat proses penurunan fungsi otak yang diakibatkan oleh usia lanjut.

2. Meningkatkan memori

Sebuah studi yang diadakan pada 2004 menunjukkan bahwa selain fungsi kognitif, konsumsi teh oolong secara teratur dapat meningkatkan memori jangka panjang. Teh oolong dapat menghambat aktivitas asetilkolinesterase, sebuah enzim yang memecah neurotransmiter otak yang melemah pada kondisi penyakit Alzheimer.

3. Menjaga kesehatan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat teh oolong dapat membantu mencegah serangan jantung dan penyakit jantung koroner. Studi oleh Peters (2001) menunjukkan bahwa risiko serangan jantung pada partisipan penelitian menurun hingga 11 persen setelah rutin minum teh oolong tiga cangkir setiap hari.

Teh oolong juga dilaporkan bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL.

4. Mencegah gigi berlubang

Secangkir teh tradisional ini mengandung fluorida dan antioksidan yang dapat memelihara kesehatan gigi. Selain itu, teh oolong juga mengandung antibakteri yang dapat membantu mencegah gigi berlubang dan mengurangi keasaman ludah, yang dapat menjaga kekuatan email (lapisan luar) gigi.

5. Menjaga kesehatan kulit

Rajin minum teh ini dapat meringankan gejala dermatitis, seperti yang dilaporkan oleh penelitian milik Uehara tahun 2001. Studi ini menemukan bahwa teh oolong dan juga teh hijau dapat meringankan reaksi dermatitis alergi sesudah mengonsumsinya selama seminggu, satu gelas sehari. Tak hanya itu, teh oolong juga bisa menurunkan risiko kanker kulit.

6. Menurunkan berat badan

Seperti halnya teh hijau, teh oolong mengandung katekin, zat yang berfungsi menurunkan kadar lemak dan meningkatkan metabolisme. Teh oolong lebih aman dikonsumsi dibandingkan pil penurun berat badan.

7. Mencegah kanker

Teh oolong memiliki antioksidan yang tinggi, yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. Polifenol dalam teh ini juga dapat membantu menurunkan laju pertumbuhan sel kanker. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat teh oolong terutama berperan mencegah risiko kanker ovarium, namun tidak menutup juga dapat mencegah kanker lainnya.

8. Mengurangi risiko rematik

Antioksidan yang ada pada teh ini dapat mencegah rematik. Menurut Khan (2004), risiko rematik pada orang-orang yang minum teh tiga gelas sehari jauh lebih rendah dibandingkan yang tidak pernah mengonsumsi teh ini.

9. Menjaga kadar gula darah

Teh oolong dapat membantu menstabilkan gula darah pada orang-orang yang memiliki diabetes. Oleh karena itu, teh ini dapat Anda jadikan terapi alternatif di samping obat-obatan diabetes yang diresepkan dokter.

10. Melawan bakteri

Teh oolong memiliki efek antiseptik dan antibakteri, yang dapat membantu tubuh melawan bakteri. Teh oolong memiliki efek protektif terhadap infeksi Salmonella, E. coli, Pseudomonas, dan lainnya. Teh ini juga mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kelainan Jantung Ada di Sebelah Kanan (Dekstrokardia), Apa Bahayanya?

Dekstrokardia adalah kelainan jantung langka yang menyebabkan letak jantung bergeser ke sebelah kanan. Apa saja bahayanya?

Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Kesehatan Jantung, Penyakit Jantung Lainnya 23 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Usia Berapa Gigi Lansia Akan Mulai Ompong?

Orang tua lebih rentan mengalami gigi ompong. Lantas, pada usia berapa gigi lansia akan mulai ompong dan bagaimana cara mencegah kondisi ini?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Perawatan Oral, Gigi dan Mulut 22 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Benarkah Rutin Makan Ikan Turunkan Risiko Stroke dan Gagal Jantung?

Ikan sering jadi lauk makan nasi sehari-hari orang Indonesia. Psstt... Makan ikan dua kali seminggu ternyata bantu turunkan risiko penyakit jantung, lho!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Jantung 22 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Panduan Menjalankan Diet Kelapa untuk Menurunkan Berat Badan

Sedang berusaha menurunkan berat badan dan menjalani pola hidup sehat? Anda bisa merasakan manfaat kelapa untuk diet, yang bisa Anda ikuti di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Diet, Nutrisi 19 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

minum teh saat hamil

3 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Jika Suka Minum Teh Saat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
penyebab septikemia

Waspada Septikemia, Keracunan pada Darah Akibat Bakteri

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
jenis tambal gigi

4 Jenis Tambalan Gigi dan Prosedur Pemasangannya di Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
minuman yang baik saat haid

Ingin Menstruasi Sehat dan Normal? Cobalah 5 Jenis Minuman Ini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit