4 Kebiasaan Pengganggu Metabolisme yang Bikin Diet Gagal

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29 November 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Metabolisme adalah faktor yang menentukan keberhasilan menurunkan berat badan. Anda harus menjaga metabolisme tubuh tetap stabil agar kalori yang masuk lebih sedikit daripada yang keluar. Jika tidak, inilah yang menjadi penyebab diet gagal.

Kebiasaan yang menjadi penyebab diet gagal

Salah satu penyebab diet gagal adalah terganggunya laju atau proses metabolisme. Metabolisme adalah proses kimiawi untuk mengubah makanan dan minuman dalam tubuh menjadi energi.

Tubuh kemudian menggunakan energi ini untuk menjalankan beragam fungsi seperti bernapas, memompa darah, memperbaiki sel, dan masih banyak lagi.

Saat seseorang membakar kalori, maka proses yang dimaksud adalah metabolisme. Proses ini terus berlangsung selama Anda hidup, bahkan saat Anda sedang tidur atau tidak melakukan aktivitas apa pun.

Semakin cepat laju metabolisme Anda, semakin banyak kalori yang dibakar. Dengan kata lain, semakin mudah pula bagi Anda untuk menurunkan berat badan.

Namun, laju metabolisme dapat terganggu oleh berbagai kebiasaan berikut sehingga menyebabkan diet yang Anda lakukan gagal.

1. Salah memilih jenis olahraga

Salah satu penyebab diet gagal adalah salah memilih jenis olahraga. Setiap olahraga memiliki kegunaan yang berbeda. Sekalipun dapat membakar kalori, rutinitas olahraga yang salah tentu tidak akan membawa hasil yang optimal.

Anda bisa mengatasi hal ini dengan menerapkan high intensity interval training (HIIT). Caranya, lakukan olahraga kardio, seperti berlari dan lompat tali dalam waktu singkat, yakni sekitar 10 detik hingga 5 menit sesuai jenis olahraga.

Lakukan olahraga tersebut sekuat yang Anda bisa, lalu selingi dengan istirahat. Durasi istirahat tergantung pada durasi olahraga yang Anda lakukan. Jika sebelumnya Anda berlari sprint selama 20 detik, selingi dengan istirahat selama 10 detik.

2. Tidak mencukupi asupan makanan

Mengurangi asupan makanan secara drastis justru akan memperlambat laju metabolisme tubuh. Akibatnya, jumlah kalori yang dibakar pun menjadi sedikit. Inilah yang menjadi salah satu penyebab diet gagal tapi Anda tidak menyadarinya.

Meski sedang berupaya menurunkan berat badan, usahakan untuk tetap makan. Yang harus diperhatikan justru pilihan makanannya. Pilihlah makanan alami dengan gizi seimbang seperti ikan, telur, sayur dan buah, daging rendah lemak, alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Mengonsumsi camilan tinggi karbohidrat olahan

Cermatlah dalam memilih camilan, jus detoks, atau produk rendah kalori yang diperuntukkan bagi orang-orang yang sedang menjalani diet. Produk-produk ini biasanya tinggi akan karbohidrat olahan dan menjadi penyebab utama diet Anda gagal.

Karbohidrat olahan dapat meningkatkan gula darah dan menurunkannya kembali dengan cepat. Kondisi ini membuat Anda mudah merasa lapar. Akibatnya, Anda cenderung makan lebih banyak sehingga mengacaukan laju metabolisme yang berlangsung.

4. Kurang tidur

Waktu tidur yang kurang juga bisa menjadi penyebab gagal diet. Selama tidur, tubuh Anda memproduksi hormon yang disebut melatonin. Hormon ini meningkatkan laju metabolisme serta lemak tertentu yang berperan dalam pembakaran energi.

Melatonin tidak bisa berfungsi secara optimal jika waktu tidur Anda kurang. Laju metabolisme akhirnya menurun drastis, begitu pula dengan jumlah kalori yang dibakar. Dampaknya, sulit bagi Anda untuk menurunkan berat badan.

Setelah mengetahui berbagai penyebab yang tanpa disadari membuat diet Anda gagal, tentu kini Anda akan lebih cermat dalam menjalankannya.

Tidak ada cara mudah ataupun praktis untuk menurunkan berat badan. Anda perlu melakukannya secara perlahan, diawali dengan memahami kebiasaan apa saja yang dapat mengganggu laju metabolisme dan menghindarinya.

Seimbangkan jumlah kalori yang masuk ke tubuh Anda dengan yang keluar. Setiap makanan yang masuk perlu diimbangi dengan olahraga yang membakar kalori. Lengkapi hari Anda dengan tidur yang cukup agar diet tak hanya sukses, tapi juga menyehatkan.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Katanya, Metabolisme Cepat Bikin Berat Badan Gampang Turun, Apa Hubungannya, Ya?

Banyak yang mengatakan bahwa kecepatan proses metabolisme tubuh berhubungan dengan berat badan cepat turun. Benarkah demikian?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 1 Januari 2019 . Waktu baca 3 menit

Protein Dapat Meningkatkan Metabolisme, Tapi Bisakah Bikin Langsing?

Makanan tinggi protein disebut-sebut mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Faktanya, metabolisme yang cepat bisa membantu menurunkan berat badan.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Fakta Gizi, Nutrisi, Hidup Sehat 20 Desember 2018 . Waktu baca 5 menit

Memahami Cara Kerja Katabolisme Tubuh

Katabolisme adalah cara tubuh memecah nutrisi untuk dijadikan energi. Apa lagi yang harus diketahui tentang proses katabolisme?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 23 November 2018 . Waktu baca 6 menit

Bagaimana Proses Pembentukan Urine dalam Sistem Perkemihan Manusia?

Urine adalah hasil sisa metabolisme tubuh yang harus dikeluarkan dari tubuh. Tapi seperti apa proses pembentukan urine dan pembuangannya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Urologi 18 April 2018 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

proses metabolisme tubuh

Metabolisme pada Tubuh Manusia

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Tamara Alessia
Dipublikasikan tanggal: 6 Desember 2020 . Waktu baca 10 menit
cepat turun berat badan pagi hari

7 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bikin Cepat Turun Berat Badan

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
minum minuman beralkohol

Minum Minuman Beralkohol Bikin Kurus, Mitos atau Fakta?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 22 Maret 2019 . Waktu baca 4 menit
laju metabolisme

Berat Badan Naik Lagi Setelah Diet? Hindari Dengan Cara Ini!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 17 Februari 2019 . Waktu baca 3 menit