Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

3 Jenis Zat Gizi yang Bisa Jadi Andalan untuk Menambah Nafsu Makan

    3 Jenis Zat Gizi yang Bisa Jadi Andalan untuk Menambah Nafsu Makan

    Jika Anda berencana untuk menaikkan berat badan, penting bagi Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang dapat menambah nafsu makan dan strategi meningkatkannya. Tak hanya sampai di situ, sebaiknya ketahui juga jenis nutrisi yang baik untuk menambah nafsu makan Anda. Setelah mengetahui semua hal ini, dijamin secara perlahan pola makan Anda akan membaik diiringi dengan tercapainya berat badan impian.

    Nutrisi penting untuk menambah nafsu makan, agar timbangan naik

    Dilansir dari laman Healthline, beberapa nutrisi yang mampu menambah selera makan Anda yaitu:

    1. Zinc

    Salah satu gejala yang ditimbulkan akibat kekurangan zinc dalam tubuh yakni hilangnya nafsu makan. Maka dari itu, kandungan zinc pada sumber makanan dipercaya bisa memberikan efek peningkatan nafsu makan. Banyak orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu akan kehilangan selera makannya sehingga malas makan yang pada akhirnya kebutuhan nutrisi dalam tubuh tidak tercukupi dengan baik.

    Sebuah studi Dialysis and Transplantation menyebutkan bahwa orang-orang yang menjalani cuci darah akibat gangguan gagal ginjal dan diberi suplemen zinc selama 60 hari mengalami peningkatan nafsu makan dibanding mereka yang tidak diberi suplemen zinc setiap harinya.

    Makanan sumber zinc

    Laki-laki usia 19 sampai 29 tahun membutuhkan setidaknya 13 miligram (mg) zinc per harinya, sementara perempuan usia 19 sampai 21 tahun membutuhkan sekitar 10 mg per hari untuk menghindari tubuh dari kekurangan zinc. Jika kadar zinc dalam tubuh tidak mencukupi, maka akan timbul berbagai gejala seperti kehilangan nafsu makan, sistem kekebalan tubuh memburuk, diare, lesu, dan penurunan berat badan tanpa sebab.

    Tenang saja, Anda bisa mendapatkan sumber zinc dengan mengonsumsi makanan-makanan seperti brokoli, tiram, kentang, jagung, gandum, daging sapi, dan sebagainya.

    2. Vitamin B1

    Bila Anda merasa kehilangan selera makan belakangan ini, mungkin salah satu penyebabnya yaitu Anda kekurangan vitamin B1. Vitamin B1 atau yang sering disebut tiamin ini merupakan satu dari beberapa vitamin yang disinyalir mampu membangkitkan kembali nafsu makan Anda.

    Dilansir dari Calories Secret, kekurangan vitamin B1 dalam tubuh dapat mengakibatkan Anda kekurangan selera makan. Tak hanya itu, penurunan berat badan dan peningkatan pengeluaran energi juga merupakan dampak dari kekurangan vitamin ini.

    Makanan sumber vitamin B1

    Jika ingin memperkaya kecukupan vitamin B1 dalam tubuh, Anda bisa konsumsi makanan seperti sereal, biji-bijian, telur, susu, sayuran hijau, dan sebagainya. Namun, meski vitamin ini bermanfaat dalam menambah nafsu makan, kebanyakan konsumsi vitamin B1 juga bisa mengganggu nafsu makan Anda.

    Pada akhirnya mengakibatkan gejala seperti diare, kehilangan nafsu makan, serta mual dan muntah. Maka, penting untuk menjaga kadar vitamin B1 normal dalam tubuh yang bagi laki-laki usia 19 sampai 29 tahun sekitar 1,4 miligram dan 1,1 mg bagi perempuan di usia yang sama.

    3. Omega-3

    Sumber omega-3 yang tinggi banyak terkandung dalam suplemen minyak ikan. Omega-3 merupakan asam lemak esensial yang perlu Anda dapatkan dari sumber makanan karena tubuh Anda tidak dapat memproduksinya sendiri. Omega-3 ini disebut-sebut juga bermanfaat bagi peningkatan nafsu makan seseorang.

    Dikutip dari Healthy Eating, pasien kanker yang mengonsumsi omega-3 secara rutin dalam bentuk suplemen minyak ikan setiap harinya menunjukkan kenaikan berat badan yang lebih cepat.

    Namun, rata-rata suplemen minyak ikan mengandung sekitar 40 kalori per sendok teh. Oleh sebab itu, jangan mengonsumsi minyak ikan dalam dosis yang terlalu banyak karena bisa berpotensi terhadap peningkatan asupan kalori total. Jangan sampai hal ini justru menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.

    Makanan sumber omega-3

    Tak hanya dari minyak ikan saja, sumber omega-3 lainnya juga Anda peroleh dengan mengonsumsi ikan, makanan laut seperti udang, telur, biji-bijian, kacang-kacangan, tiram, serta sayuran hijau gelap seperti bayam, kangkung, dan bok choy.

    health-tool-icon

    Kalkulator BMI (IMT)

    Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Zinc for Appetite Control. https://www.livestrong.com/article/288978-zinc-for-appetite-control/ Diakses pada 7 Maret 2018.

    Do Vitamin Increase Appetite? https://www.caloriesecrets.net/do-vitamins-increase-appetite/ Diakses pada 7 Maret 2018.

    Vitamin B Complex and Weight Gain. https://www.livestrong.com/article/488651-vitamin-b-complex-and-weight-gain/ Diakses pada 7 Maret 2018.

    Vitamins to Increase The Appetite. https://www.livestrong.com/article/494005-vitamins-that-can-give-a-toddler-a-good-appetite/ Diakses pada 7 Maret 2018.

    16 Ways to Increase Your Appetite. https://www.healthline.com/nutrition/16-ways-to-increase-appetite Diakses pada 7 Maret 2018.

    Does Fish Oil Omega 3 Make You Gain Weight? http://healthyeating.sfgate.com/fish-oil-omega-3-make-gain-weight-3645.html Diakses pada 7 Maret 2018.

    Foto Penulis
    Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri Diperbarui Mar 05, 2021
    Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus
    Next article: