home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Demam Bikin Tidak Nafsu Makan? Coba 5 Kiat Ini Agar Makan Kembali Lahap

Demam Bikin Tidak Nafsu Makan? Coba 5 Kiat Ini Agar Makan Kembali Lahap

Demam adalah tanda bahwa tubuh tengah melawan penyakit. Meskipun berguna, proses ini juga bisa menimbulkan efek yang tidak nyaman. Salah satunya adalah menurunnya nafsu makan karena semua yang masuk ke perut justru membuat Anda mual. Lantas, adakah cara untuk menambah nafsu makan saat demam?

Tips meningkatkan nafsu makan saat demam

Nafsu makan yang terus menurun dapat membuat Anda kekurangan energi dan nutrisi. Padahal, tubuh membutuhkan asupan energi dan nutrisi untuk memperkuat daya tahan tubuh sehingga mampu melawan penyakit.

berkeringat saat demam

Agar kebutuhan keduanya tetap terpenuhi, berikut adalah sederet cara yang dapat Anda lakukan guna menambah nafsu makan selama demam:

1. Makan makanan kesukaan Anda

Demam dapat mengurangi kemampuan indra pengecap sehingga makanan tak lagi terasa lezat. Dengan menyediakan beragam makanan kesukaan, makan akan terasa lebih mudah dan menyenangkan walaupun rasanya mungkin tak selezat biasanya.

Sejumlah penelitian dalam jurnal Appetite juga menemukan bahwa makanan kesukaan bisa membuat Anda makan lebih banyak.

Namun perlu diingat, jika makanan kesukaan Anda adalah junk food, Anda tetap tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan.

2. Makan dalam porsi kecil tapi sering

porsi makan

Makan dalam porsi banyak akan terasa lebih sulit ketika Anda demam. Pasalnya, Anda lebih cepat mual dan makanan mungkin terasa lebih hambar.

Untuk menambah nafsu makan saat demam, Anda dapat mencoba makan dalam porsi kecil tapi sering.

Bagilah 3 porsi makan besar menjadi 5-6 porsi makan yang lebih kecil. Di antara waktu makan, selingi dengan makanan atau minuman yang dapat membantu pemulihan demam. Misalnya sup ayam, teh jahe, madu, atau buah-buahan.

3. Menambahkan bumbu dan rempah yang memicu nafsu makan

manfaat lada hitam

Beberapa jenis bumbu dan rempah diyakini bisa menambah nafsu makan secara alami. Bahan-bahan ini bekerja dengan memicu produksi empedu dan enzim pencernaan penyebab rasa lapar, serta mempercepat laju metabolisme.

Bumbu dan rempah yang dimaksud antara lain bawang putih, asam jawa, lada hitam, ketumbar, jahe, mint, kayu manis, adas, dan cengkeh. Anda bisa mengonsumsi bumbu dan rempah tersebut dengan mencampurkannya sebagai bumbu masakan.

4. Menghindari makanan yang lama dicerna

tinggi serat

Makanan yang sulit dicerna akan bertahan lebih lama di dalam lambung. Bagi orang yang sedang menurunkan berat badan, hal ini tentu bermanfaat karena dapat menekan nafsu makan. Namun, tidak bagi Anda yang sedang mengalami demam.

Untuk menambah nafsu makan saat demam, Anda justru perlu menghindari makanan yang lama dicerna. Batasi konsumsi buah dan sayur tinggi serat, makanan fermentasi, daging merah, serta dan produk dari gandum dan bulir biji utuh.

5. Biasakan untuk tidak minum di sela waktu makan

minum es setelah makan

Anda memang disarankan untuk minum lebih banyak ketika demam. Sayangnya, minum air sebelum atau di sela waktu makan dapat membuat Anda merasa lebih cepat kenyang.

Akibatnya, Anda pun tak bisa makan dalam jumlah banyak.

Beberapa studi bahkan menemukan bahwa kebiasaan minum selagi makan dapat mengurangi asupan kalori. Jadi, cobalah untuk tidak minum 30 menit menjelang waktu makan. Setelah selesai makan, barulah Anda dapat minum kembali seperti biasa.

Kiat menambah nafsu makan saat demam sebenarnya serupa dengan cara menambah nafsu makan dalam kondisi sehat. Bedanya, Anda perlu cermat dalam memilih makanan yang dikonsumsi.

Pilihlah makanan yang lebih ‘bersahabat’ dengan perut, mengingat sistem pencernaan biasanya lebih sensitif ketika Anda sakit. Batasi pula makanan yang dapat merangsang kerja sistem pencernaan, terutama makanan pedas dan asam.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Parizel, O., Labouré, H., Marsset-Baglieri, A., Fromentin, G. and Sulmont-Rossé, C. (2017). Providing choice and/or variety during a meal: Impact on vegetable liking and intake. Appetite, 108, pp.391-398.

How To Increase Appetite Naturally. https://www.stylecraze.com/articles/simple-home-remedies-to-improve-appetite/#CaromSeeds Diakses pada 2 Oktober 2019.

The 15 Best Foods to Eat When You’re Sick. https://www.healthline.com/nutrition/15-best-foods-when-sick Diakses pada 2 Oktober 2019.

16 Ways to Increase Your Appetite. https://www.healthline.com/nutrition/16-ways-to-increase-appetite Diakses pada 2 Oktober 2019.

9 Ways to Increase Your Appetite. https://www.verywellfit.com/how-to-increase-your-appetite-2507765 Diakses pada 2 Oktober 2019.

What To Eat When You’re Sick. https://www.huffpost.com/entry/what-to-eat-when-sick_n_4774900 Diakses pada 2 Oktober 2019.

What Foods Are Easy to Digest? https://www.healthline.com/health/easy-to-digest-foods Diakses pada 2 Oktober 2019.

Foto Penulis
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari pada 3 minggu lalu
x