home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Minuman yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

5 Minuman yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan hanya memantau konsumsi makanan, tanpa memerhatikan apa yang diminum. Padahal, minuman juga berperan penting dalam mengontrol berat badan. Beberapa jenis minuman bahkan dianggap sebagai penurun berat badan karena manfaat yang dimilikinya.

Ragam minuman penurun berat badan yang menyehatkan

Jenis minuman tertentu dapat meningkatkan laju metabolisme, mencegah rasa lapar, dan membuat Anda kenyang lebih lama. Berikut adalah berbagai minuman yang memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan.

1. Air putih

Minum air putih membantu Anda mengurangi asupan minuman yang tinggi kalori, mengontrol nafsu makan, meningkatkan pembakaran lemak dan kalori, serta melancarkan pencernaan.

Air putih juga terbukti dapat meningkatkan laju metabolisme hingga 24-30% selama 1-1,5 jam.

Orang yang rutin minum 500 ml air putih setengah jam sebelum makan, bahkan mengalami penurunan berat badan hingga sebesar 44% dibandingkan mereka yang tidak melakukannya.

Inilah sebabnya air putih merupakan salah satu minuman penurun berat badan yang amat disarankan untuk diet.

2. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan bernama katekin yang dapat meningkatkan pembakaran lemak sekaligus meningkatkan metabolisme.

Kandungan katekin bahkan lebih tinggi pada teh hijau berbentuk bubuk yang dikenal sebagai matcha.

Selain menjadi minuman andalan penurun berat badan, teh hijau juga memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. Mengonsumsi teh hijau secara rutin bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, hipertensi, diabetes, serta obesitas.

perbedaan teh hijau dan teh hitam

3. Teh hitam

Teh hitam telah melewati rangkaian proses oksidasi yang lebih banyak sehingga warnanya menjadi lebih gelap dan rasanya menjadi lebih kuat. Minuman ini kaya akan antioksidan bernama flavonoid yang disinyalir membantu menurunkan berat badan.

Polifenol dalam teh hitam dapat merangsang penguraian lemak, meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan, dan mengurangi asupan kalori.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 menemukan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi sumber flavonoid memiliki lemak tubuh yang lebih sedikit.

4. Smoothie buah

Berbeda dengan jus buah, smoothie adalah minuman penurun berat badan dengan kandungan serat yang jauh lebih tinggi.

Smoothie dibuat dengan cara mencampurkan buah-buahan dengan susu skim, susu almond, atau yoghurt. Bahan-bahan tersebut dihaluskan hingga tercapai tekstur yang diinginkan.

Pilihlah buah-buahan kaya serat seperti, pisang, blueberry, atau stroberi. Buah yang digunakan bisa dalam keadaan segar atau beku, sesuai selera.

Bila Anda menginginkan smoothie yang lebih sehat lagi, Anda bisa menambahkan sayur-sayuran kaya serat.

5. Kopi hitam

kopi decaf

Kopi mengandung kafein yang bersifat sebagai stimulan pada tubuh. Kandungan kafein pada kopi membantu menurunkan berat badan dengan cara mengurangi asupan kalori, meningkatkan laju metabolisme, serta merangsang pembakaran lemak dengan lebih efektif.

Kopi hitam sebenarnya rendah kalori sehingga dapat dikonsumsi sebagai minuman penurun berat badan untuk diet. Kalorinya justru menjadi tinggi jika Anda mengonsumsi kopi yang telah ditambahkan sirup, whipped cream, susu tinggi lemak, atau pemanis buatan.

Tanpa disadari, minuman dapat menyumbangkan kalori yang cukup besar. Minuman tinggi kalori biasanya mengandung pemanis buatan tanpa diimbangi nutrisi yang dibutuhkan. Akibatnya, Anda tidak kunjung berhasil menurunkan berat badan Anda.

Kini, Anda dapat menyiasatinya dengan mengonsumsi beragam minuman penurun berat badan di atas. Lengkapi rutinitas diet Anda dengan aktivitas fisik yang cukup agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga meski berat badan menurun.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The 8 Best Weight Loss Drinks. https://www.healthline.com/nutrition/weight-loss-drinks Diakses pada 25 April 2019.

Skinny Sipping: Best and Worst Drinks for Weight. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-skinny-sipping Diakses pada 25 April 2019.

Can water help you lose weight? https://www.medicalnewstoday.com/articles/322296.php Diakses pada 25 April 2019.

26 Weight Loss Tips That Are Actually Evidence-Based. https://www.healthline.com/nutrition/26-evidence-based-weight-loss-tips#section26 Diakses pada 25 April 2019.

Dennis, E., Dengo, A., Comber, D., Flack, K., Savla, J., Davy, K. and Davy, B. (2009). Water Consumption Increases Weight Loss During a Hypocaloric Diet Intervention in Middle-aged and Older Adults. Obesity, 18(2), pp.300-307.

Jennings, A., MacGregor, A., Spector, T., Cassidy, A. (2017). Higher dietary flavonoid intakes are associated with lower objectively measured body composition in women: evidence from discordant monozygotic twins. Am J Clin Nutr., 105(3), pp.626–634.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari
Tanggal diperbarui 02/05/2019
x