home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Ingin Sukses Turun Berat Badan? Jahe Bisa Jadi Kuncinya!

Ingin Sukses Turun Berat Badan? Jahe Bisa Jadi Kuncinya!

Jahe merupakan salah satu rempah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Pasalnya khasiat jahe sudah tidak perlu diragukan lagi. Tumbuhan satu ini memiliki sejarah penggunaan yang panjang sebagai obat herbal untuk membantu mengobati berbagai macam penyakit karena kandungan fitokimia dan antioksidannya. Di samping ampuh untuk mengobati penyakit, ternyata jahe juga dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Penasaran? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Khasiat jahe untuk menurunkan berat badan

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Institute for Human Nutrition di Columbia University menemukan bahwa mengonsumsi jahe panas untuk diet bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Akibatnya, Anda pun cenderung tidak makan lebih banyak nantinya.

Tidak hanya itu, studi ini juga menemukan bahwa jahe dapat membantu menekan nafsu makan Anda. Hal ini terjadi karena jahe dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh dan kalori yang dibakar.

Penelitian lain juga menemukan hal serupa

Sementara sebuah kajian baru yang diterbitkan dalam Annals of New York Academy of Sciences, meneliti lebih dari dari 60 temuan penelitian terdahulu yang dilakukan pada kultur sel, hewan percobaan, dan manusia. Secara keseluruhan penelitian menyebutkan bahwa jahe dan berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya memberikan efek menguntungkan terhadap obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Tidak hanya itu, jahe pun telah terbukti mampu menghambat stres oksidatif (bentuk penuaan seluler), memiliki sifat anti-inflamasi, menurunkan kadar kolesterol serta tekanan darah. Bahkan, jahe bisa mengurangi aterosklerosis, yaitu penumpukkan lemak berbahaya di pembuluh darah arteri.

Dalam penelitian tersebut, dijelaskan bagaimana rempah jahe berperan dalam pembakaran lemak, pencernaan karbohidrat, dan produksi insulin. Saat diumpankan ke tikus, jahe telah terbukti mengurangi berat badan dan peradangan sistemik secara signifikan, menurunkan kolesterol dan gula darah serta melindungi hati dari efek berbahaya penyakit perlemakan hati non-alkohol.

Meski begitu, sampai saat ini para peneliti masih belum paham tentang formulasi dan dosis yang tepat guna mendapatkan manfaat klinis dari jahe untuk menurunkan berat badan.

Menambahkan jahe ke dalam menu diet Anda

Anda tertarik untuk menambahkan jahe ke dalam makanan sehat untuk diet Anda? Berikut ini ada berbagai cara yang bisa Anda coba di rumah.

  • Minum teh jahe dua sampai tiga kali sehari untuk membantu memperlancar sistem pencernaan Anda.
  • Kunyah irisan jahe beberapa menit sebelum makan. Jika Anda tidak suka mengunyah mentah-mentah jahe, sebagai alternatif Anda bisa mencampurkan sedikit jahe parut dengan sari lemon dan garam. Kemudian, makanlah sejumput campuran tersebut sebelum makan. Selain memperlancar sistem pencernaan, makan sejumput kecil campuran jahe sebelum makan juga bisa menurunkan nafsu makan Anda sehingga tidak membuat Anda makan terlalu banyak.
  • Minum dua sampai tiga kali sehari perasan jahe yang sudah dicampur madu secukupnya.
  • Tambahkan makanan Anda dengan rempah satu ini sesering mungkin.

Khasiat jahe untuk meningkatkan metabolisme memang dapat membantu menurunkan berat badan, termasuk lemak di tubuh Anda. Akan tetapi, rutin olahraga dan memperhatikan asupan makanan sehat merupakan cara terbaik untuk membakar lemak guna menurunkan berat badan.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Does Ginger Burn Fat – https://www.livestrong.com/article/440604-does-ginger-burn-fat/ diakses pada 5 Januari 2018

Beneficial Effects Of Ginger Zingiber Officinale Roscoe On Obesity And Metabolic Syndrome: A Review – http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/nyas.13375/abstract diakses pada 5 Januari 2018

Ginger Consumption Enhances The Thermic Effect Of Food And Promotes Feelings Of Satiety Without Affecting Metabolic And Hormonal Parameters In Overweight Men: A Pilot Study. – https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22538118 diakses pada 5 Januari 2018

How Ginger Fight Body Fat – http://www.health.com/syndication/ginger-body-fat-obesity diakses pada 5 Januari 2018


Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 21/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri