Berapa Banyak Tubuh Membakar Kalori Saat Tidur?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Tahukah Anda jika tubuh juga membakar kalori saat tidur? Ya, kabar baik untuk Anda, tubuh membakar kalori tidak hanya ketika Anda melakukan olahraga atau melakukan aktivitas di luar ruangan saja, tidur juga termasuk aktivitas yang membutuhkan tenaga atau kalori. Lalu seberapa banyak kalori yang dibakar saat Anda tertidur? Apakah cukup membakar kalori hanya dengan tidur? Berikut jawabannya.

Tubuh membakar kalori saat tidur, tapi berapa banyak yang dibakar?

Durasi tidur di malam hari yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah sekitar 8-9 jam per malam. Anjuran ini harus dipatuhi karena tubuh Anda juga butuh waktu untuk beristirahat, mengembalikan fungsi tubuh kembali ke normal, dan melakukan perbaikan di semua bagian. Tentu saja semua kegiatan yang dilakukan tubuh memerlukan energi, sehingga akan ada kalori yang terbakar selama Anda tertidur pulas.

Tapi jangan berharap terlalu banyak dengan kalori yang terbakar saat tidur. Jumlah pembakaran kalori saat tidur akan sangat rendah, hal ini juga bergantung dengan berat badan masing-masing individu. Apabila berat Anda sekitar 72 kg, maka total kalori yang terbakar berkisar 69 kalori per jam. Sehingga dalam 8 jam Anda tidur, Anda dapat membakar kalori sebesar 552 kalori. Sedangkan bagi orang yang memiliki berat badan kira-kira 54 kg, pembakaran kalori saat tidur bisa mencapai 51 kalori per jam tidur, atau setara dengan 408 kalori selama 8 jam.

Bagaimana cara meningkatkan pembakaran kalori saat tidur?

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam sebuah jurnal yang bernama Annals of Internal Medicine, meneliti jam tidur pada kelompok orang yang cukup waktu tidurnya dengan kelompok orang yang kekurangan waktu untuk tidur. Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa menambah waktu tidur sekitar 3 jam per malam – jadi sekitar 11 jam – dapat membuat kalori yang terbakar lebih banyak yaitu sekitar 400 kalori.

Ketika Anda kurang tidur, sekitar 60% massa otot akan berkurang. Pengurangan massa otot akan membuat Anda susah untuk membakar kalori, karena hanya di otot-otot saja semua kalori tubuh Anda bisa dibakar.

Tetapi, jangan berharap Anda bisa tidur seharian untuk membakar kalori yang lebih banyak

Walaupun memang tubuh membakar kalori saat tidur, bukan berarti Anda bisa menghabiskan seluruh waktu Anda untuk tidur dan berharap Anda tidak akan kelebihan kalori di dalam tubuh. Sebenarnya saat Anda tidur, metabolisme tubuh akan sangat lambat, itu sebabnya Anda tidak dapat mengandalkan tidur sebagai kegiatan untuk membakar kalori.

Tetap saja, yang tubuh Anda butuhkan adalah kegiatan fisik seperti olahraga. Sebab, makanan dengan porsi kecil saja mengandung cukup banyak kalori dan pasti Anda tidak menyadarinya. Sementara itu, menghabiskan kalori yang Anda dapat dari makanan dengan porsi kecil tersebut, tidak cukup hanya dengan tidur selama seharian. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan olahraga rutin.

 

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sehatkah Kalau Makan Makanan yang Sama Terus Setiap Hari?

Adakah dampak kesehatan tertentu jika kita makan makanan yang sama tiap harinya? Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebiasaan tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Tips Makan Sehat, Nutrisi 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Mengenal Diet CICO, yang Penting Kalori Masuk dan Keluar Sama

Diet CICO adalah salah satu diet yang sedang populer. Katanya diet ini cocok untuk menurunkan berat badan tanpa harus memilih makanan, tapi apa benar?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Diet, Nutrisi 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Setiap rumah pasti ada semutnya. Apalagi rumah yang kotor. Jangan panik dulu, air lemon ternyata bisa jadi cara mengusir semut di rumah yang terjamin ampuh.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Saat Anda sakit, makan dan minum apapun jadi tak selera. Hal ini karena mulut dan lidah terasa pahit. Nah, ini dia alasan dan cara ampuh mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gula darah turun

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
ciri dan gejala infeksi parasit

Mengenal Jenis-Jenis Parasit dan Penyakit Infeksi yang Disebabkannya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit
badan sakit setelah olahraga

Badan Sakit Setelah Olahraga, Apakah Artinya Olahraga Anda Ampuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
tidak enak badan

6 Cara Mengurangi Rasa Tidak Enak Badan saat Demam

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit