home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Cara Tepat Menurunkan Berat Badan 5 Kilogram Saat Puasa

Cara Tepat Menurunkan Berat Badan 5 Kilogram Saat Puasa

Bulan puasa bisa jadi momen yang tepat bila Anda ingin menurunkan berat badan. Apalagi kalau Anda punya target turun berat badan khusus yang ingin dicapai. Pasalnya, saat puasa Anda tentu jadi lebih mudah mengendalikan pola makan. Untuk itu, Anda bisa mencoba turun 5 kg saat puasa dengan metode yang ampuh tapi tetap aman berikut ini.

Mungkinkah turun 5 kg saat puasa?

Anda mungkin sudah sering dengar, bulan Ramadan justru bisa membuat badan lebih gemuk. Hal ini ada benarnya, terutama kalau Anda tak bisa menjaga pola makan dan gaya hidup dengan baik sepanjang bulan puasa. Namun, kalau Anda bisa disiplin dalam menjalani pola diet yang tepat, Anda sangat bisa turun 5 kg saat puasa.

Ketika puasa, Anda tidak mendapatkan glukosa dari makanan dan minuman apapun selama berjam-jam. Maka tubuh pun akan mencari sumber energi selain glukosa. Sumber energi pengganti glukosa yaitu cadangan lemak Anda.

Supaya teori tersebut berhasil dan berefek bagi tubuh Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin turun 5 kg saat puasa. Yang pertama, Anda tetap wajib memerhatikan kadar kalori yang dikonsumsi dalam sehari. Kedua, Anda juga masih harus berolahraga supaya pembakaran lemak terjadi.

Menghitung dan membatasi jumlah kalori saat sahur dan buka puasa

Bila Anda punya target khusus yaitu turun 5 kg, sebaiknya Anda membatasi asupan kalori jadi 1.300 hingga 1.500 kkal (kilo kalori) dalam sehari. Ini tergantung pada berat badan dan kondisi kesehatan Anda saat ini.

Total kalori yang dibutuhkan per hari sebaiknya dipecah-pecah menjadi tiga porsi makan. Yang pertama adalah sahur, kemudian saat buka puasa, dan yang terakhir setelah salat Tarawih (atau sebelum tidur). Namun ingat, jangan melewatkan sahur!

Anda bisa menyantap sahur dengan total 600 kkal. Kemudian saat tiba waktu berbuka, Anda bisa mengonsumsi camilan atau makanan dengan total 400-500 kkal. Setelah salat Tarawih, Anda bisa makan dengan total 500-600 kkal.

olahraga saat puasa

Olahraga untuk turun 5 kg saat puasa

Dengan asupan 1.300 sampai 1.500 kkal sehari, Anda tetap harus berolahraga untuk membakar kalori tersebut. Namun, karena saat puasa Anda tidak bisa langsung minum atau makan untuk menggantikan energi yang hilang, sebaiknya Anda berolahraga sekali sehari saja.

Waktu terbaik untuk berolahraga saat puasa yaitu menjelang berbuka puasa. Dengan begitu, setelah berolahraga Anda bisa langsung mengisi tenaga dengan kalori dari hidangan berbuka. Jenis olahraga yang dianjurkan adalah olahraga interval dengan intensitas tinggi selama 30 menit per hari. Olahraga ini tidak memakan banyak waktu, tapi karena intensitasnya bervariasi, pembakaran kalori jadi lebih maksimal.

Untuk melakukan olahraga ini, mulailah dengan olahraga intensitas sedang seperti jogging selama empat menit. Lalu lanjutkan dengan lari cepat dengan medan yang cukup menantang seperti tanjakan selama satu menit. Dua variasi tersebut memakan waktu total lima menit. Ulangi lagi variasi tersebut sebanyak enam kali sehingga total waktu Anda berolahraga yaitu 30 menit setiap hari.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Intermittent Fasting Beats Traditional Diets and Even Chronic Calorie Restriction for Weight Loss and Other Health Benefits. http://fitness.mercola.com/sites/fitness/archive/2013/12/20/intermittent-fasting-weight-loss.aspx Diakses pada 22 Mei 2017.

How to Lose 12 Pounds in a Month. http://www.health.com/health/gallery/0,,20516496,00.html Diakses pada 22 Mei 2017.

The Best Way to Lose Weight in One Month. http://www.livestrong.com/article/28383-way-lose-weight-one-month/ Diakses pada 22 Mei 2017.

Quick Ways to Lose 10 Pounds in a Month. http://www.livestrong.com/article/109109-quick-lose-pounds-month/ Diakses pada 22 Mei 2017.


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Irene Anindyaputri
Tanggal diperbarui 31/05/2017
x